Keluarga Dibaca 711 kali

24 Ide Kencan Romantis Setelah Punya Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Dwi

Terakhir diperbaharui 26 September, 2019 15:09

24 Ide Kencan Romantis Setelah Punya Anak

Tak dapat dimungkiri, kehadiran si kecil pasti akan menyita banyak waktu Ayah maupun Ibu. Segala kerepotan menyusui, mengganti popok, dan bergadang menenangkan si kecil di malam hari pasti akan membuat Ayah dan Ibu diserang rasa jengah dan penat. Waktu untuk berdua saja pun jadi berkurang. Seperti dilansir Motherly menurut dr. Jenny Skyler, direktur The Intimacy Institue, banyak pasangan yang mengorbankan hubungan pernikahan karena terlalu fokus pada anak meskipun ini adalah kewajiban sebagai orangtua. Padahal, menghabiskan waktu berduaan dengan pasangan dapat membantu mengurangi stress, terutama sebagai orangtua baru. Namun, tentu tidak mudah meluangkan waktu untuk kencan romantis ini. Kekhawatiran apabila menitipkan si kecil kepada orang lain maupun orangtua sendiri pasti membuat Ibu berpikir dua kali untuk melakukan kencan romantis.

Akan tetapi, bukan berarti kencan romantis ini adalah hal yang mustahil. Dengan syarat, Ibu dan Ayah harus memastikan si kecil tetap ditangani dengan baik. Ayah dan Ibu bisa memilih kegiatan-kegiatan kencan romantis berdua yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah atau dalam waktu yang tidak terlalu lama. Apabila ingin menitipkan si kecil pada keluarga terdekat, pastikan Ibu telah menyiapkan segala kebutuhan si kecil agar tidak berujung cemas saat meninggalkannya. Kalau pun perlu keluar rumah bersama, jarak yang ditempuh juga tidak begitu jauh.
Yuk, simak beberapa ide kencan romantis berikut yang bisa Ibu dan Ayah coba di sela tugas mulia mengasuh si kecil:

1. Makan Malam Bersama dengan ‘Benar’

Biasanya, Ibu yang baru memiliki bayi akan kurang memperhatikan pola makannya sendiri. Fokus Ibu akan tercurah pada bayi dan seringkali makan dengan tidak teratur. Ibu dengan bayi yang mulai makan pun tidak ketinggalan kehilangan pola makan teratur. Tak jarang Ibu cenderung menghabiskan sisa makanan bayi yang sedang diserang GTM dan biasanya sudah merasa cukup kenyang. 

Sementara Ayah yang pulang bekerja jadi ikut melewatkan jam makannya karena biasanya Ibu sudah kerepotan dengan si kecil. Makan malam bersama dengan menu lengkap dan benar dapat menjadi salah satu ide kencan romantis bagi Ayah dan Ibu karena selain pada akhirnya orangtua dapat makan dengan benar, hubungan Ayah dan Ibu juga jadi makin dekat. Perut mendapat kepuasan, hati pun menjadi senang.

2. Piknik Singkat di Halaman atau Taman Belakang

Bagi Ayah dan Ibu yang memiliki halaman depan atau belakang rumah, kencan romantis dapat dilakukan dengan cara piknik bersama. Ayah dan Ibu bisa menggelar tikar piknik, lalu menyiapkan beberapa cemilan dan mengobrol di bawah langit malam. Sungguh kencan romantis yang sederhana tapi berkesan bukan?

3. Melukis

Tidak perlu menerapkan standar terlalu tinggi untuk kegiatan satu ini. Melukislah sebebas Ayah dan Ibu berekspresi. Gunakan pensil warna, crayon, atau cat air untuk melukis sesuatu bersama. Sambil melukis, Ayah dan Ibu bisa sambil membicarakan banyak hal. Komunikasi yang terjaga akan membantu hubungan menjadi lebih baik. Ini juga dapat menjadi sarana pencurahan hati yang baik lho! Ibu bisa melakukannya di akhir pekan bersama ayah saat si kecil sedang tidur.

4. Main Puzzle

Siapa bilang puzzle hanya untuk anak-anak?  Puzzle juga menarik untuk dikerjakan oleh orang dewasa. Sudah banyak yang menjual puzzle khusus orang dewasa dengan jumlah potongan yang lebih banyak dan gambar-gambar yang lebih rumit. Siapkan dana untuk membeli puzzle dewasa dan bekerjasamalah untuk menyelesaikannya bersama. Selain baik untuk merangsang otak agar aktif, puzzle juga bagus untuk melatih kesabaran dan konsentrasi. Karena Ayah dan Ibu mengerjakannya berdua, maka kalian bisa melatih kerjasama tim juga.

5. Nonton Film atau Streaming Serial Youtube 

Menonton film di rumah merupakan hal yang paling banyak diminati Ayah dan Ibu setelah si kecil tidur. Kencan romantis yang satu ini bisa jadi alternatif dan memang paling mudah dilakukan. Menonton film favorit bersama menjadi semakin seru dengan cemilan atau popcorn yang sudah disiapkan sebelumnya. Selain film yang disewa atau diunduh dari internet, Ayah dan Ibu juga bisa memilih streaming serial youtube bersama. Entah itu menonton youtuber favorit kalian, atau menonton serial TV komedi-romantis.

6. Nonton Bioskop Midnight

Setelah memiliki anak, Ayah dan Ibu mungkin tidak sempat menonton film terbaru di bioskop.  Hal ini tentu karena Ayah dan Ibu tidak bisa membawa si kecil ke bioskop karena adanya risiko kesehatan indera pendengaran si kecil yang akan terganggu dengan kerasnya suara dari bioskop. Namun, Ayah dan Ibu bisa menyiapkan tiket nonton midnight untuk berdua dan menidurkan si kecil lebih awal. Setelah itu si kecil bisa dititipkan pada pengasuh atau kakek-neneknya sementara waktu. Ayah dan Ibu pun bisa pergi kencan romantis dengan menonton film-film terbaru.

7. Mainkan Permainan untuk 2 Orang

Memilih kencan romantis di dalam rumah boleh-boleh saja kok. Pilih saja permainan yang bisa dimainkan 2 orang. Ayah dan Ibu bisa memainkan permainan kartu, UNO, atau karambol. Bahkan bermain gunting batu kertas dan saling mengejar jempol tangan masing-masing pun cukup seru lho! Agar lebih seru, Ayah dan Ibu dapat menambahkan hukuman unik dan lucu untuk pihak yang kalah. Mencoretkan bedak di wajah, misalnya. 

8. Jalan-Jalan ke Pusat Perbelanjaan Modern

Pergi jalan-jalan sebentar dan menitipkan si kecil tidak ada salahnya lho. Ayah dan Ibu bisa sedikit cuci mata dan bergandengan tangan dengan pergi ke mall atau hardware store untuk sekedar melihat-lihat. Siapa tahu ada yang menarik dan bisa dibeli. Jangan lupa tidurkan si kecil lebih awal ya. Tidak semua hardware store buka hingga larut malam. Meski hanya melihat-lihat untuk 1-2 jam, paling tidak Ayah dan Ibu sudah mendapatkan kesempatan untuk kencan romantis.

9. Ngobrol

Ya, jangan terkejut. Ngobrol saja bisa jadi salah satu ide kencan romantis paling sederhana. Berkurangnya intensitas bertemu dengan pasangan atau kesibukan mengurus si kecil membuat Ayah dan Ibu jadi jarang mengobrol tanpa distraksi kan? Maka pilihlah ide kencan romantis satu ini jika sedang tidak ingin melakukan hal-hal lain. Letakkan gawai masing-masing dan mulailah ngobrol tentang apa pun. Ayah dan Ibu dapat saling menanyakan tentang keadaan masing-masing, apakah pekerjaan hari ini lancar, apakah ada hal baru yang si kecil lakukan hari ini, atau ada berita terbaru apa tentang dunia.

10. Berpelukan di Tempat Tidur

Selain memberikan efek nyaman, berpelukan merupakan hal yang dapat membangun emosi dan rasa cinta pada pasangan. Tidak memerlukan usaha yang rumit, berpelukan di tempat tidur sambil bersenda gurau bisa menjadi ide kencan romantis Ayah dan Ibu. Selain dapat saling menyalurkan rasa cinta, berpelukan juga dapat mengatasi rasa ‘rindu’ berduaan.

11. Mandi Bersama

Mandi bersama juga dapat menjadi salah satu ide kencan romantis yang hot nih. Ayah dan Ibu bisa saling menggosok punggung masing-masing sambil saling memijat lembut. Dijamin ini merupakan relaksasi yang murah, mudah, dan membangkitkan gairah.

12. Berhubungan Intim

Melakukan hubungan seksual dapat membantu Ayah dan Ibu sama-sama menyalurkan stres karena kesibukan. Lakukan variasi-variasi foreplay yang tidak biasa dan cobalah hal-hal baru. Kehamilan dan kelahiran si kecil yang mungkin saja terjadi belum lama setelah pernikahan akan membuat masa bereksplorasi di ranjang menjadi berkurang. Maka gunakan momen berdua ini sebagai salah satu ide kencan romantis. Eits, tapi pastikan dulu Ibu telah selesai menjalani masa nifas ya.

13. Masak Bersama

Memasak bersama menciptakan menu baru dapat membuat Ayah dan Ibu memiliki kegiatan berarti saat si kecil sudah tidur. Ayah dapat belajar memasak dari Ibu, dan Ibu juga dapat mencoba resep baru. Carilah referensi resep yang belum pernah dimasak sebelumnya, dan cobalah untuk membuat kreasi kalian sendiri. Bila berhasil, Ayah dan Ibu dapat menjadikan ini sebagai peluang membuka bisnis baru lho.

14. Jalan Kaki di Sekitar Lingkungan Rumah

Jalan kaki di sekitaran lingkungan rumah? Kenapa tidak? Ayah dan Ibu dapat memilih kencan romantis dan sederhana ini karena sekadar jalan kaki di sekitaran lingkungan rumah tidak terlalu jauh. Si kecil bisa dititipkan sebentar dan diawasi melalui cctv yang terhubung ke ponsel. Jalan-jalan dengan bergandengan tangan akan menambah kemesraan. Seperti saat masih pacaran dulu. Jalan-jalan seperti ini juga dapat membuat Ayah dan Ibu lebih mengenal lingkungan sekitar. Jogging bersama di pagi hari saat akhir pekan juga tidak kalah asyik sekaligus menyehatkan!

15. Ngopi Bersama

Kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat kekinian. Terbukti dengan makin maraknya kedai kopi modern yang menawarkan berbagai macam racikan kopi khas dari brand masing-masing. Ngopi bersama bisa Ayah dan Ibu lakukan supaya terasa seperti anak zaman now. Bila memungkinkan untuk menitipkan si kecil, maka pergilah bersama ke kafe atau kedai kopi baru di kota Ayah dan Ibu. Bila tidak bisa meninggalkan si kecil, Ayah dan Ibu bisa memesan kopi lewat aplikasi online dan ngopi bareng di rumah. Jangan lupa siapkan cemilan dan segudang obrolan ya. Kencan romantis nggak harus ribet!

16. Berenang Bersama

Bagi Ayah dan Ibu yang memiliki kolam renang pribadi di rumah, ide kencan romantis ini bisa dilakukan. Berenang malam-malam setelah si kecil tidur? Why not? Ibu bisa mengenakan baju renang seksi untuk berenang bersama Ayah. Jadikan momen ini sebagai momen intim berdua. Sudah pasti kencan romantis ini sangat menggairahkan ya.

17. Pergi ke Pasar Malam

Ide kencan romantis satu ini bagai menarik Ayah dan Ibu ke masa kanak-kanak. Pasar malam yang biasanya masih buka sampai malam dapat kalian pilih untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu bersama. Cobalah beragam permainan di pasar malam. Hanya sekadar untuk seru-seruan. Belilah juga gula kapas untuk menambah suasana meriah mengenang masa kecil.

18. Karaoke

Bernyanyi dapat menghilangkan stress juga lho! Ayah dan Ibu bisa memilih karaoke untuk kencan romantis sambil mencurahkan isi hati lewat lagu. Pilihlah lagu-lagu kenangan saat pacaran dan lagu-lagu yang masih kalian sukai bersama. Karaoke bisa dilakukan di tempat khusus karaoke atau dilakukan di rumah. Jika Ayah dan Ibu akan berkaraoke di rumah, pastikan suaranya tidak akan mengganggu si kecil yang sudah tidur ya.

19. Keliling Dengan Sepeda Motor

Berkendara keliling kota saat malam bukan ide yang buruk untuk dilakukan. Ayah dan Ibu bisa naik sepeda motor untuk menikmati gemerlap kota saat malam. Selain menikmati suasana malam yang tidak sehingar-bingar di siang hari, kencan romantis satu ini bisa jadi cara untuk menemukan sesuatu yang unik dari kota tempat tinggal kalian saat malam. Karena pemandangan dan suasananya sudah tentu berbeda. Pastikan ada yang menggantikan menjaga si kecil untuk sementara waktu ya. Jangan lupa kenakan jaket untuk menghalau dingin. Wah, sudah terasa seperti Dilan dan Milea belum? 

20. Nonton Pertandingan Bersama

Bagi Ayah, menonton pertandingan olahraga apa saja di TV rasanya seperti sudah cukup untuk menghabiskan malam. Bagaimana jika kali ini, Ibu ikut menemani? Ibu tidak begitu suka nonton pertandingan? Tidak apa. Temani saja Ayah menonton. Lagipula, tidak ada salahnya mulai menyukai apa yang pasangan kita sukai. Selain sebagai bentuk support akan hobinya, hal ini juga akan membuat pasangan merasa dihargai. Ini bisa menjadi kencan romantis sederhana karena Ibu dan Ayah menikmati waktu berdua. Sediakan cemilan dan selamat menonton pertandingan.

21. Belanja Bersama

Belanja bersama dapat Ayah dan Ibu pilih untuk kencan romantis berdua. Kebutuhan rumah tentu tidak bisa dilupakan ya, mengingat kebutuhan tersebut digunakan untuk aktivitas harian. Ayah dan Ibu bisa berbelanja bersama ke pasar tradisional atau supermarket yang masih buka sampai tengah malam. Sehingga tak perlu terlalu khawatir menitipkan si kecil yang sedang tidur kepada kerabat. Untuk pasar tradisional, ada pilihan pasar grosir yang justru baru buka saat malam. Ayah dan Ibu bisa pergi bersama ke sana sambil memenuhi kebutuhan harian.

22. Massage dan Spa

Couple Spa bisa menjadi kencan romantis yang membuat rileks. Bila Ayah dan Ibu memilih ide satu ini, kalian dapat menikmati massage dengan aromaterapi yang menenangkan. Dijamin tidak hanya romantis yang didapat, tapi juga kenyamanan dan ketenangan pikiran usai dipijat. Saat ini sudah banyak jasa spa yang bisa dipanggil ke rumah. Jadi Ayah dan Ibu tidak perlu meninggalkan rumah untuk melakukan couple spa ini.

23. Hunting Buku Bersama

Bagi penyuka buku, kencan romantis dengan aktivitas ini akan sangat menarik untuk dilakukan. Ayah dan Ibu dapat mendatangi toko buku atau perpustakaan untuk mencari buku-buku bagus atau novel terbaru best seller. Ayah dan Ibu juga bisa sama-sama mencari buku referensi parenting baru untuk pola pengasuhan si kecil.

24. Nostalgia Melihat Album Pernikahan

Salah satu hal sederhana lain yang bisa Ayah dan Ibu lakukan untuk menghabiskan waktu dalam kencan romantis adalah bernostalgia dengan album pernikahan. Bukalah kembali album kenangan foto-foto dan video pernikahan dan bersiaplah untuk merasakan sensasi senang, lucu, dan haru yang bercampur jadi satu. Melihat foto dan video ini dapat membuat Ayah dan Ibu melupakan sejenak kepenatan mengurus rumah tangga dan berbahagia kembali mengingat kenangan sakral di momen pernikahan.

Wah, ternyata banyak juga ya ide kencan romantis yang bisa Ayah dan Ibu lakukan bersama saat si kecil sudah tidur. Ide-ide ini penting loh untuk dilakukan meski sesekali. Karena menjaga kewarasan sebagai orang tua dapat mengurangi tingkat stres dan pertengkaran. Jadi, sudah siap mencoba yang mana nih?

(Dwi Ratih/Freepik.com)