Keluarga

8 Rekomendasi Drakor Slice Of Life Dengan Alur Cerita Ringan

8 Rekomendasi Drakor Slice Of Life Dengan Alur Cerita Ringan

Banyak orang mulai menyukai berbagai genre drama Korea mulai dari romantis, komedi, horor, thriller hingga slice of life. Salah satu genre yang nggak pernah bikin penonton bosan adalah drama Korea genre slice of life.

Drakor slice of life sendiri adalah drama dengan potongan kehidupan yang alur ceritanya menggambarkan kehidupan nyata atau keseharian para tokoh dalam sebuah karya, seperti film dan novel. 

Secara umum, drakor slice of life punya alur cerita dan konflik ringan, berfokus pada kehidupan para tokoh yang digambarkan senyata mungkin hingga terasa nyata seperti yang dialami penontonnya.

Rekomendasi drakor slice of life mirip kisah nyata

Nah, kalau kamu sedang bosan dengan drama Korea dengan kisah serius dan menegangkan, yuk simak rekomendasi drakor slice of life berikut ini:

1. Reply series (1988, 1994, 1997)


Photo source: IDN Times

Drama Korea Reply series merupakan salah satu drakor slice of life dengan konflik ringan dan relate banget dengan kehidupan nyata. Series ini sudah memiliki total 3 musim dan menjadi salah satu pionir genre drakor slice of life dalam drama Korea paling digemari penonton.

Suksesnya serial Reply 1997, Reply 1994, dan Reply 1988 membuat semakin banyak pegiat hiburan di Negeri Gingseng tersebut merilis drama dengan genre serupa. 

Meski terdapat konflik-konflik ringan di dalam drama ini tapi nyatanya pertemanan antar tetangga tidak pernah menimbulkan konflik yang berarti. Rasanya ‘adem’ kalau tinggal di lingkungan mereka ya Bu.

2. Prison Playbook


Photo source: CNN Indonesia

Prison Playbook merupakan salah satu drama Korea yang dibuat oleh sutradara yang sama seperti Reply series dan Hospital Playlist. Prison Playbook merupakan jenis drakor slice of life yang menjadi salah satu drama Korea terbaik pada masanya.

Prison Playbook menceritakan tentang kehidupan para narapidana dari berbagai kalangan di sebuah penjara. 

Meski terdapat konflik di dalamnya, namun konflik ini hadir dengan cara yang ringan dan cenderung kocak dan bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penontonnya.

3. Hospital Playlist


Photo source: Kompas.com

Bisa dikatakan, drakor slice of life yang satu ini tidak memiliki konflik sama sekali. Pokoknya kalau nonton Hospital Playlist vibesnya terasa positif terus deh Bu!

Sebab, drakor yang satu ini hanya menyajikan kisah tentang keseharian para dokter di rumah sakit Yulje. Konflik yang datang kemungkinan pun sangat ringan dan kebanyakan terdapat pada pasien yang datang pada keempat dokter tersebut saja. 

Sehingga Hospital Playlist layak menjadi salah satu drakor slice of life favorit bagi para penggemarnya.

4. My Mister

Photo source: Medium

My Mister adalah rekomendasi drakor slice of life lainnya yang wajib kamu tonton! Dibintangi oleh idola K-Pop ternama, IU, serial My Mister juga termasuk ke dalam drama Korea dengan genre slice of life terbaik lho.

Drama ini mengisahkan tentang seorang laki-laki berusia 40 tahun bernama Dong Hun (Lee Sun Kyun) yang tengah ditimpa banyak masalah kehidupan. Ia pun bertemu dengan Ji-An (IU) perempuan berusia 20-an yang juga tengah mengalami hal serupa.

Keduanya pun akhirnya memutuskan saling membantu satu sama lain setelah terlibat dalam suatu masalah. 

Meski sama-sama memiliki masalah namun konflik yang ada dalam drama ini cenderung sangat ringan dan nggak bikin penonton jadi memutar otak untuk mengerti masalah apa yang tengah mereka hadapi.

5. My Unfamiliar Family


Photo source: Viki

My Unfamiliar Family merupakan drakor slice of life selanjutnya yang wajib banget untuk ditonton. Drakor yang satu ini bercerita tentang hubungan keluarga yang seperti orang asing, dan orang asing yang malah seperti keluarga. Nah, bingung kan Bu?

Drama ini diperankan oleh Kim Eun Hee (Han Ye-Ri) yang merupakan anak tengah di keluarganya. Semakin usianya bertambah, ia merasa semakin asing dan tak memiliki ikatan kuat dengan orangtua, kakak, dan adiknya. 

Namun, perjalanan hidup membawanya kepada orang asing yang justru lebih memahami emosi dan rahasia terdalam mereka melebihi keluarga sendiri. Beberapa penonton merasa drakor slice of life yang satu ini sangat relatable dengan kehidupan pribadi mereka.

6. Record of Youth


Photo source: Wolipop Detik

Dibintangi oleh Park Bo Gum, Record of Youth merupakan rekomendasi drakor slice of life selanjutnya yang menceritakan tentang kisah anak muda untuk meraih cita-cita. Sa Hye Jun pun rela bekerja serabutan untuk bisa memenuhi impiannya.

Sayangnya hal tersebut tak didukung oleh orang tuanya. Namun pertentangan dari orang tua semakin membuatnya gigih dalam menggapai cita-cita. Di tengah kesibukannya tersebut, ia pun bertemu dengan Ahn Jeong Ha (Park So Dam) sebagai salah satu semangatnya. 

Meski menceritakan tentang anak muda, tetapi drama ini tetap bisa dinikmati oleh penonton segala usia ya Bu.

7. Hometown Cha-Cha-Cha


Photo source: Minews

Masih hangat diperbincangkan, Hometown Cha-Cha-Cha ternyata termasuk drakor slice of life bergenre romantis yang menjadi trending di Netflix sejak rilis tahun lalu. Dibintangi oleh Kim Seon Ho dan Shin Min Ah, drama ini bercerita tentang kisah cinta dokter cantik Yoo Hye Jin dan buruh serabutan tampan bernama Hong Du Shik.

Selain kisah percintaan yang ringan, konflik yang terdapat di dalamnya juga terbilang relateable dengan kehidupan di Indonesia. Apalagi jika sudah masuk ke scene warga Gongjin dan Nenek Gam-Ri yang super ramah. Pokoknya drakor slice of life yang satu ini wajib ditonton ya Bu!

8. It’s Okay That’s Love

Photo source: The Cinemaholic

Rekomendasi drakor slice of life yang terakhir berjudul It’s Okay That’s Love. Drama ini mengangkat isu mengenai kesehatan mental dengan konflik yang cukup ringan. Bercerita tentang seorang penulis novel bernama Jang Jae Yeol (Jo In Sung) yang memiliki penyakit skizofrenia.

Karena suatu hal, ia pun bertemu dan terlibat hubungan asmara dengan psikiater bernama Ji Hae Soo (Kang Hyo Jin). 

Hingga akhirnya keduanya pun saling jatuh cinta, walau masalah dalam drakor ini tampak serius namun drakor ini tetap dibalut dengan komedi dari Sung Dong Il dan Lee Kwang Soo yang sangat menggelitik perut.

Editor: Dwi Ratih