Rekomendasi

30 Drama Korea Romantis Terpopuler Buat Ditonton Saat Weekend

30 Drama Korea Romantis Terpopuler Buat Ditonton Saat Weekend

Drama Korea romantis termasuk salah satu genre drakor yang banyak sekali peminatnya di Indonesia. Sebenarnya tak hanya Ibu-ibu atau cewek-cewek aja yang menyukai drama Korea romantis, tapi tak sedikit juga cowok-cowok yang mengikuti setiap episodenya karena drakor memang dikenal memiliki alur cerita yang unik, menghibur, bahkan penuh nilai-nilai moral. Dari drakor, kita juga seringkali belajar sesuatu yang baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Saat ini sudah banyak sekali judul drama Korea romantis yang mendulang popularitas. Tak hanya di Indonesia, bahkan drakor-drakor ini juga banyak dikenal di negara-negara lain. Ceritanya juga beragam, ada yang murni dari imajinasi para penulis skenario, ada yang merupakan adaptasi dari webtoon, ada juga yang terinspirasi dari kisah nyata.  

Nah, bicara soal keberadaan drakor, sebenarnya jika dilacak jauh ke tahun-tahun sebelumnya, drama Korea romantis sudah ada sejak tahun 2000-an, lo. Namun karena dulu belum ada platform nonton berbayar seperti Netflix atau Viu, aksesnya pun juga terbatas, sehingga belum semua orang mengetahui. Sebut saja Winter Sonata atau Full House, yang tayang saat Ibu dan Ayah mungkin masih sekolah, ya. Meski sudah lawas, tapi cerita drama Korea romantis tersebut tetap tak tergantikan.

Berikut ini sederet rekomendasi drama Korea romantis sepanjang masa yang bisa Ibu dan Ayah tonton saat weekend tiba! Tapi ingat ya, nontonnya saat anak sudah tidur aja, karena kebanyakan drama Korea romantis ini mengandung adegan-adegan yang tidak seharusnya ditonton anak kecil. Apa saja ya daftarnya? Yuk, simak di bawah ini!

Drama Korea Romantis Terpopuler

1. Winter Sonata (2002)


Bicara daftar drakor romantis, tidak sah rasanya kalau tidak menyebut Winter Sonata. Drama Korea romantis sepanjang masa ini menceritakan upaya Jeong Yoo Jin (Choi Ji-woo) merajut kembali ingatan kekasih lamanya Kang Joon Sang (Bae Yoong Joon) yang hilang ingatan 10 tahun lalu akibat kecelakaan. Drakor ini dipenuhi adegan “banjir air mata” yang pasti bikin betah nonton sampai akhir. 

2. Full House (2004)

Selain Winter Sonata, ada juga drama Korea romantis jadul, Full House. Drakor ini menceritakan dua tokoh yang terlibat perjanjian kontrak dan tinggal di sebuah rumah dekat laut yang disebut “Full House”. Meski awalnya banyak bertengkar dan saling usil, namun lama-lama keduanya jatuh hati, tapi tidak ada yang mau mengaku duluan.

3. Sassy Girl Chun Hyang (2005)

Drama Korea romantis ini mengambil latar kehidupan anak sekolahan. Menceritakan putra kepala polisi, Lee Mong Ryong (Jae Hee) yang bandel dan suka menjahili putri dari kalangan biasa, Chun Hyang (Han Chae Young). Semua mendadak berubah ketika keduanya terjebak pada kondisi yang membuat mereka dipaksa menikah muda. Dari awalnya saling tidak menyukai, sampai akhirnya benar-benar saling mencintai 

4. Coffee Prince (2007)

Drama Korea romantis terpopuler lainnya adalah Coffee Prince. Drakor ini menceritakan tentang seorang cewek tomboy yang menyamar jadi laki-laki dan bekerja sebagai barista di cafe milik pewaris keluarga konglomerat. Cerita dimulai ketika si owner menyukai cowok jadi-jadian tersebut, ada keraguan dalam benak si cewek, apakah dia menyukai laki-laki, atau dia tahu bahwa ia bukan cowok beneran.

5. Boys Over Flowers (2009)

Drama Korea romantis ini diadaptasi dari manga Jepang yang berjudul “Boys Before Flower”. Drakor ini mencerita seorang cewek biasa yang jatuh cinta dengan salah satu anggota geng cowok-cowok kaya di sekolah (diperankan Lee Min Ho). Dari yang awalnya saling benci, jadi saling jatuh cinta.

6. Personal Taste (2010)

Drama lain yang diperankan Lee Min ho adalah Personal Taste. Drama Korea romantis ini bercerita tentang seorang cewek yang mencari teman sekamar cowok namun penyuka sesama jenis. Awalnya si cewek mengira teman sekamarnya itu memang gay, namun lama kelamaan mereka terjebak perasaan saling menyukai.

7. Secret Garden (2010)

Kalau kamu menyukai drama Korea romantis yang ada unsur jenakanya, coba deh nonton drakor lawas Secret Garden ini. Drakor ini berkisah tentang pertemuan seorang lelaki yang merupakan CEO sebuah department store dengan perempuan yang tangkas dan pemberani. Tingkah keduanya bikin gemas siapapun yang nonton.

8. The Heirs (2013)

Drama Korea romantis dengan tema sekolah memang tak pernah membosankan. The Heirs menceritakan kehidupan elit sekolah di Korea Selatan. Tak hanya berfokus pada tokoh-tokoh utama saja, tapi drakor ini juga menceritakan kisah cinta lain dari pemeran-pemeran pendukung.

9. My Love From The Star (2013)

Sedikit berbeda dengan drakor kebanyakan, drama Korea romantis satu ini sedikit dibumbui dengan kisah fiktif, karena mengisahkan alien yang jatuh cinta dengan manusia di bumi. Alien yang menjelma jadi sosok lelaki tampan itu menyukai perempuan yang berkepribadian humoris. Drakor ini selain romantis juga sangat kocak.

10. Healer (2014)

Healer merupakan drama Korea romantis yang dibalut aksi-aksi layaknya film action. Ji Chang Wook yang merupakan agen misterius dengan kode nama Healer, beradu akting dengan Park Min Young dan memunculkan chemistry yang begitu kuat di antara keduanya. Saat nonton ini, dijamin kamu bakal gemas dan iri dengan hubungan keduanya!

11. It’s Okay That’s Love (2014)

Seorang novelis dan DJ yang punya gangguan mental bertemu dengan psikiater yang sebenarnya trauma menjalin hubungan. Keduanya awalnya pesimis menjalin hubungan karena banyaknya kekurangan mereka. Namun, akhirnya mereka sadar kalau keduanya sebetulnya saling melengkapi satu sama lain dan bisa saling menyembuhkan.

12. Goblin (2016)

Goblin termasuk drama Korea romantis rating tertinggi kelima dalam sejarah televisi kabel Korea. Mengusung genre fantasi romantis, Goblin bercerita tentang seorang jenderal militer pada Dinasti Goryeo yang dikutuk dewa menjadi goblin dan bisa hidup abadi. Cara ia bisa kembali ke alam baka adalah dengan menemukan cinta sejati.

13. Descendants of The Sun (2016)

Drama Korea romantis di Viu yang sekaligus jadi drakor terbaik dan fenomenal sepanjang masa adalah Descendants of The Sun. Drakor yang membuat istilah “Song-Song Couple” dikenal luas ini bercerita soal kisah cinta antara tentara Korea dan dokter muda yang hidup di wilayah perang. Saking populernya, drakor ini memenangkan grand prize Drama Korea Terbaik dari Baeksang Arts Awards 2016.

14. Love in The Moonlight (2016)

Kalau kamu suka drakor berlatar kerajaan, Love in The Moonlight bisa jadi pilihan. Drama Korea romantis ini mengisahkan cinta terlarang antara putra kerajaan dengan pelayan istana. Serial kolosal yang juga dikenal dengan judul Moonlight Drawn by Clouds ini diadaptasi dari web novel karya Yoon Yi-soo.

15. Go Back Couple (2017)

Drama Korea romantis terpopuler lainnya adalah Go Back Couple. Drakor ini cocok buat kamu yang tidak terlalu suka serial berpuluh-puluh episode. Hanya dengan 12 episode, drakor ini mampu menyajikan kisah unik antara suami istri yang hubungannya memburuk, yang kemudian kembali ke masa-masa mereka remaja dan jatuh cinta.

16. What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

Drama romantis berlatar lokasi dunia kerja cukup banyak diminati, salah satunya What’s Wrong with Secretary Kim. Drakor yang dibintangi dua aktor papan atas Park Seo Joon dan Park Min Young ini berhasil menarik hati banyak penonton karena tingkah seorang bos dan sekretaris pribadinya yang menggemaskan, terlebih saat tiba-tiba si sekretaris resign mendadak.

17. My ID is Gangnam Beauty (2018)

Serial yang satu ini cukup unik dan banyak dikomentari karena mengusung isu standar kecantikan Korea Selatan, dan bagaimana seseorang seharusnya mencintai tanpa memandang fisik. Seperti yang kita ketahui, Korsel sangat kental dengan standar kecantikan yang diperoleh dari operasi plastik. Drakor ini juga diadaptasi dari webtoon berjudul sama, lo.

18. Crash Landing On You (2019)

Rekomendasi drama Korea romantis lainnya adalah Crash Landing On You. Cerita bermula dari kecelakaan yang menimpa Se Ri saat paralayang, ia pun terdampar di Korea Utara dan diselamatkan oleh seorang kapten. Seiring berjalannya waktu, mereka berdua jatuh hati, namun cinta itu terhalang konflik negara dan tidak mendapat persetujuan keluarga, hubungan mereka pun bisa dibilang cukup rumit.

19. Love Alarm (2019)

Love Alarm merupakan drama Korea romantis yang mengisahkan bagaimana sebuah aplikasi dapat mendeteksi perasaan orang lain pada penggunanya. Dibintangi oleh Song Kang, Kim Soo Hyun, dan Jung Ga Ram, drakor ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin cerita cinta fresh dan dekat dengan teknologi.

20. Extraordinary You (2019)

 

Drama Korea romantis lain yang tidak kalah populer adalah Extraordinary You. Serial ini menceritakan tentang seorang siswi yang perlahan menyadari bahwa semua orang di sekolahnya merupakan karakter dalam sebuah komik. Ia pun berusaha menentang alur cerita demi menemukan cinta sejatinya.

21. Hotel Del Luna (2019)

Hotel del Luna merupakan drama Korea romantis di Viu yang menceritakan kehidupan di sebuah hotel hantu. Ya, hotel yang merupakan tempat persinggahan arwah sebelum ke alam baka itu memang dihuni oleh para hantu, kecuali 2 manusia yaitu pemilik hotel dan manajernya. Karena manajernya akan pensiun, direkrut lah manusia lain yang ternyata terlibat kisah cinta dengan pemilik hotel.

22. Angel’s Last Mission: Love (2019)

Drama Korea romantis terpopuler lainnya adalah Angel’s Last Mission: Love. Serial fantasi ini menceritakan kisah malaikat bernama Dan (Kim Myung-Soon) yang turun ke bumi demi menyelesaikan misi mencarikan cinta untuk balerina bernama Yeon-Seo (Shin Hye-sun) yang tidak percaya cinta. Namun, seiring berjalannya waktu keduanya justru terjebak perasaan saling suka.

23. The King: Eternal Monarch (2020)


Jika kamu tertarik dengan cerita-cerita tentang dunia paralel, coba deh tonton serial satu ini. The King: Eternal Monarch mengambil dua dimensi waktu berbeda, yaitu masa kini dan masa kekaisaran zaman dulu. Cerita bermula ketika seorang Kaisar bernama Lee Gon (Lee Min Ho), memasuki portal untuk menjelajah dunia sekarang karena ingin memecahkan sebuah misteri. Di Republik Korea, ia pun bertemu dengan Jung Tae Eul. Keduanya menjalani berbagai polemik kisah cinta tak terduga.

24. True Beauty (2020)

Rekomendasi drama Korea romantis selanjutnya adalah True Beauty. Serial ini mengisahkan seorang siswi SMA berparas buruk yang sering mengalami perundungan. Akhirnya ia memutuskan menyembunyikan parasnya tersebut dengan menggunakan makeup dan pindah ke sekolah baru. Di sana ia bertemu lelaki yang menyukainya, tapi sebenarnya lelaki itu tahu paras aslinya. 

25. It’s Okay To Not Be Okay (2020)

Serial ini termasuk drama Korea romantis rating tertinggi yang banyak disukai penonton. Berkisah tentang seorang laki-laki yang berprofesi sebagai perawat di bangsal psikiater, ia adalah pemuda yang sangat sibuk sehingga tidak ada waktu mengenal cinta. Namun, semua berubah ketika ia bertemu wanita penulis buku anak yang berkepribadian anti sosial dan tidak mengenal cinta.

26. The Tale of Gumiho (2020)

The Tale of Gumiho atau Tale of The Nine-Tailed merupakan drakor yang mengisahkan kumiho (makhluk legenda rakyat Korea berupa rubah yang hidup ribuan tahun). Gumiho bernama Lee Yeon di drakor ini diperankan oleh Lee Dong Wook. Lee Yeon diketahui bisa berubah wujud menjadi manusia dan ditugaskan untuk membersihkan arwah-arwah manusia di bumi. Di bumi, ia pun bertemu dengan wanita bernama Nam Ji A (Jo Bo Ah), yang merupakan produser TV program yang mengulas mitos-mitos urban.

27. Find Me in Your Memory (2020)

Drama Korea romantis selanjutnya adalah Find Me in Your Memory. Berkisah tentang dua manusia yang memiliki “luka” yang sama. Karena memiliki takdir yang saling mengikat satu sama lain, akhirnya mereka memutuskan saling mencintai. Namun, konflik muncul ketika salah satunya ternyata memiliki kondisi hyperthymesia, atau kemampuan mengingat setiap detail pengalaman hidupnya. Sebaliknya, yang satu lagi mengidap kondisi langka yang membuatnya sulit mengingat momen terpenting dalam hidupnya.

28. When My Love Blooms (2020)

Selanjutnya ada When My Love Blooms. Berkisah tentang pengusaha sukses berusia 40 tahunan, yang dipertemukan kembali dengan cinta pertamanya sewaktu masih muda. Sayangnya, wanita itu ternyata sudah menjadi Ibu. Kalau penasaran kelanjutan kisah mereka, tonton aja sendiri, ya!

29. Start Up (2020)

Start Up termasuk drakor yang banyak sekali jadi perbincangan tahun lalu. Serial ini menceritakan bagaimana sekelompok anak muda merintis perusahaan, yang dibumbui dengan percintaan segitiga. Start Up juga banyak dibahas karena dinilai mampu memberikan berbagai pelajaran penting.

30. Hospital Playlist (2020)

Selain Start Up, ada juga drakor Hospital Playlist, yang saat ini masih tayang di season 2. Jika kamu menyukai latar rumah sakit, serial ini merupakan pilihan yang tepat. Hospital Playlist menceritakan persahabatan antara 5 orang dokter yang bekerja di rumah sakit yang sama. Problematika di dalamnya tak jauh-jauh dari masalah seputar pasien dan tentunya juga percintaan.

Itulah sederet rekomendasi drama Korea romantis terpopuler yang bisa kamu masukkan ke daftar tontonan saat weekend. Selamat menonton, ya!

Editor: Dwi Ratih