Keluarga

8 Rekomendasi Film Disney Untuk Anak Dengan Pesan Moral

8 Rekomendasi Film Disney Untuk Anak Dengan Pesan Moral

Si kecil kesayangan Ibu lagi suka banget nonton film Disney? Nggak heran ya Bu, sebab selain punya kualitas gambar yang bagus dan menarik ternyata alur ceritanya juga syarat akan makna lho.

Apalagi melansir Psychology Today seorang psikolog bernama Sarah Greenberg mengatakan film Disney jaman sekarang sudah mulai menunjukkan perkembangan. Misalnya saja dalam film Disney berjudul Cinderella, menurut Sarah film tersebut punya pesan yang tidak terlalu baik untuk ukuran film anak kecil.

Akan tetapi, dalam film Frozen Sarah mengagumi pola baru karakter wanita Disney yang memiliki kekuatan psikologis dan syarat akan makna positif bagi tumbuh kembang anak. Ini merupakan tanda bahwa Disney semakin paham secara psikologis akan dampak yang terdapat dalam alur filmnya untuk memberikan teladan yang jauh lebih baik kepada dunia terutama anak-anak.

8 rekomendasi film Disney untuk anak

Nah, buat si kecil yang gemar nonton film Disney berikut adalah rekomendasi film Disney untuk anak yang bisa ditonton di rumah. Ada baiknya Ibu atau Ayah juga bisa dampingi si kecil agar ia lebih paham maksud dari alur filmnya ya.

1. Inside Out


Photo source: Berkeluarga.id

Siapa yang sudah pernah nonton film Inside Out? Film dengan animasi super keren ini kabarnya memang sengaja memanfaatkan ahli-ahli psikolog untuk memastikan pandangan akurat tentang dunia emosional internal manusia lho!

Menurut Sarah, film kartun yang satu ini merupakan salah satu cerita Pixar yang paling berkesan bagi sebagian penggemar film Disney lho. Film ini mengisahkan tentang peran dari aneka perasaan seorang gadis kecil, seperti Disgust, Joy, dan Sadness, dan menemaninya dalam perjalanan yang sulit dari Midwest ke West Coast.

Film ini juga mengajarkan kita bagaimana cara mengontrol emosi yang baik agar tidak melukai perasaan orang lain. Kalau nonton film ini harus siap sedia tisu ya Bu, sebab ada beberapa adegan sedih yang bikin kita nggak tahan untuk meneteskan air mata.

2. Moana 


Photo source: Ghumi.id

Cerita dalam film ini mewakili keragaman yang sangat dibutuhkan oleh seluruh manusia di dunia. Berbeda dengan tipikal film Disney princess lainnya, Moana digambarkan sebagai putri pemberani, unik dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpi

Melansir Time Out meskipun Moana masih muda namun ia sering dihadapkan pada tugas yang cukup besar yakni menyelamatkan pulau dari kutukan yang mengerikan. Kisah Moana yang ambisius ini juga syarat akan makna positif dan menjadi rekomendasi film Disney yang layak ditonton si kecil.

3. Frozen 


Photo source: Lifestyle Bisnis.com

Film Disney yang satu ini sangat populer di kalangan para gadis kecil di dunia. Film ini bercerita tentang Anna dan Elsa yang memiliki kekuatan super yang menjadi pemimpin sebuah kerajaan selepas mendiang orang tuanya meninggal. 

Anna dan Elsa mendapatkan kekuatan dari ikatan batin antar saudara kandung dan kasih sayang tulus dari orang lain yang mereka sayangi. Hubungan kuat Anna dan Elsa membuat mereka semakin sukses dalam memimpin kerajaan.

Meskipun pada awalnya Elsa sempat menolak kekuatan yang ada dalam dirinya. Tapi ia kemudian kembali bangkit dan sadar bahwa ada Anna sang adik yang sudah sangat rindu bermain bersamanya. Film ini mengajarkan anak agar selalu akur dan saling menyayangi antar kakak dan adik.

4. Alice in Wonderland


Photo source: Youtube.com

Alice digambarkan sebagai seorang gadis yang punya mimpi besar namun gemar melamun. Tapi ia sangat sopan, bersuara lembut, senang berpetualang dan ingin tahu tentang segala hal.

Sifatnya tersebut kemudian membuat Alice bisa pergi ke negeri ajaib yang ia impikan. Pesan moral yang bisa di dapat adalah agar selalu percaya pada mimpi sebab di dunia ini tidak ada satu hal pun yang tidak bisa terwujud, asalkan harus bekerja keras untuk mewujudkannya.

5. The Lion King


Photo source: Lifestyle Sindo

Berkisah tentang keluarga singa, film ini menyorot pelajaran hidup yang sangat berharga. Mulai dari, tidak semua orang akan hidup di dunia selamanya lalu, mengenai betapa pentingnya menerima kehilangan yang terjadi dalam kehidupan. Rekomendasi film Disney yang satu juga mengajarkan anak untuk selalu optimis dan bahagia agar dapat menjalani kehidupan lebih baik. 

6. Finding Nemo dan Finding Dory


Photo source: BBC

Menceritakan tentang ikan yang antusiasmenya tinggi untuk menjelajahi dunia yang membuat Ayahnya rela berenang jauh untuk mencarinya. Sayang, Dory harus menderita hilang ingatan saat bertarung dengan ikan yang lebih besar di tengah perjalanan.

Namun Dory menyadari bahwa ia memiliki orang tua dan bertekad untuk menemukannya. Lewat film Finding Dory kita bisa memetik pelajaran bahwa meskipun dengan keterbatasan, kita tetap mampu menginspirasi dan membawa dampak bagi orang lain.

Dory juga mengajarkan untuk selalu percaya diri dan tak kehilangan semangat untuk berusaha. Dua tokoh lainnya, yaitu Nemo dan ayahnya juga mengajarkan kita arti penting tentang setia kawan. 

7. Mulan


Photo source: Mariviu

Mulan adalah seorang perempuan tangguh yang senantiasa berjuang dan berkemauan keras. Ia juga pemberani dan memiliki jiwa kuat nan sejati.

Film Disney yang satu ini bisa menjadi referensi bagi orang tua yang ingin mengajarkan anak lebih jauh tentang stereotip gender. Sebab, perempuan juga bisa menjadi kuat dan tangguh seperti Mulan tanpa dianggap punya keterbatasan.

8. Monster University


Photo source: Tribunnews

Rekomendasi film Disney yang satu ini menceritakan tentang perjuangan Mike Wazowski dan James Sullivan yang menjadi sahabat padahal sebelumnya bermusuhan. Mike mengajarkan kita semangat untuk selalu berusaha meskipun orang lain mencaci dan merendahkan kita dan punya keberanian untuk mempertahankan mimpi.

Sedangkan Sullivan mengajarkan kita untuk tidak sombong dan memiliki semangat untuk belajar dan meraih cita-cita. Wah, pastinya rekomendasi film Disney yang satu ini cocok banget buat mengisi waktu liburan si kecil nanti ya Bu.

Nah itu tadi 8 rekomendasi film Disney yang sarat akan makna buat si kecil. Dijamin ia bakalan senang sekali kalau diajak nonton film-film tersebut ya Bu. Enjoy the movie!

Editor: Dwi Ratih