Keluarga

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Bandung Kekinian, Wajib Dibeli Saat Liburan!

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Bandung Kekinian, Wajib Dibeli Saat Liburan!

Bandung adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang selalu menarik untuk di kunjungi. Masyarakat kota Bandung dianggap selalu memiliki beragam kreativitas yang kerap dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis mereka, terutama dalam hal oleh-oleh Bandung kekinian.

Yup! Berkunjung ke kota kembang, Bandung tak lengkap rasanya kalau pulang belum membawa aneka oleh-oleh makanan ya Bu. Selain dikenal dengan kudapan pedas, asin nan gurih, masyarakat kota Bandung juga pandai dalam mengolah makanan manis.

Contohnya seperti brownies, kue balok, bolus susu dan lain sebagainya. Soal rasa, kebanyakan memang sangat lezat sehingga membuat kita terkadang sulit untuk memilih oleh-oleh apa yang hendak di bawa pulang.

Nggak heran ada banyak sekali orang yang rela membuka jasa titip atau jastip khusus untuk oleh-oleh Bandung kekinian tersebut. Nah, buat kamu yang dalam waktu dekat berencana pergi ke kota Bandung, yuk simak aneka oleh-oleh Bandung kekinian yang bisa jadi pilihan.

Aneka oleh-oleh Bandung kekinian

1. Bolu Bakar Tunggal

Photo source: PergiKuliner

Bolu Bakar Tunggal adalah salah satu oleh-oleh Bandung viral yang cukup berbeda dari yang lainnya. Sebab, Bolu Bakar Tunggal memiliki ciri khas sendiri yaitu berbentuk persegi panjang dengan olesan room butter yang creamy dan manis.

Ada juga varian isian tertentu yang bisa menjadi pilihan yakni keju, kacang, durian, cokelat, room butter original, abon, tuna, strawberry, kelapa dan nanas. Rasanya yang manis dan gurih, membuat Bolu Bakar Tunggal banyak digemari oleh para wisatawan yang berkunjung dan kerap dijadikan salah satu pilihan oleh-oleh Bandung kekinian yang bisa di bawa pulang.

Bolu Bakar Tunggal

  • Lokasi: Jl. Bengawan No.60, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
  • Harga: Mulai dari Rp 35.000-Rp 55.000
  • Jam buka: 10:00 – 22:00 WIB

2. Kue Balok Mahkota


Photo source: Merdeka

Rekomendasi oleh oleh Bandung viral selanjutnya adalah Kue Balok Mahkota. Kue balok sendiri memiliki rasa dan tekstur kue yang mirip dengan perpaduan antara brownies dan kue bolu.

Kue balok memiliki rasa manis dengan dominan coklat serta rasa gurih seperti lava cake. Jika di makan, kue balok memiliki sensasi meleleh di mulut sehingga kue ini memang seringkali jadi favorit bagi anak-anak.

Kue Balok Mahkota ini juga bisa jadi pilihan oleh-oleh Bandung kekinian lho! Bahkan kue ini bisa bertahan 4-5 hari di dalam kulkas, artinya kamu juga bisa menyantap kue ini dengan cara di dinginkan atau di tambah dengan topping ice cream.

Kue Balok Mahkota

  • Lokasi: Jl. Sabang No.27, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Harga: Rp 25.000 isi 10 pcs
  • Jam buka: 08:00 – 19:00 WIB

3. Bolu Susu Lembang


Photo source: Omiyago

Jalan-jalan ke Lembang, kita pasti mulai disuguhkan dengan berbagai penjual kue bolu susu yang berjajar di sepanjang jalan. Yup! Bolu susu Lembang adalah salah satu oleh-oleh Bandung kekinian yang wajib di bawa pulang nih Bu!

Bolu susu Lembang memiliki rasa manis dengan tekstur bolu yang lembut seperti kapas. Saking lembutnya membuat, bolu susu Lembang tidak seret saat di telan. Nggak heran, Bolu susu Lembang selalu jadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung. Bolu susu Lembang juga memiliki varian rasa misalnya saja varian colenak, cokelat kacang, susu vanilla, original dan susu cokelat.

Bolu Susu Lembang

  • Lokasi: Jl. Stasiun Barat No.3, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
  • Harga: Rp 38.000
  • Jam buka: 07:00 – 21:00 WIB

4. Batagor Kingsley

Photo source: FoodReview

Bandung juga dikenal memiliki aneka jajanan batagor yang enak. Makanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka, tahu, dan ikan tenggiri ini memang selalu menjadi makanan favorit semua orang.

Namun, tak semua penjual bisa menjual batagor yang enak dan lezat layaknya Batagor Kingsley. Rasa gurih dari adonan batagor dipadukan dengan siraman bumbu kacang yang pedas lengkap dengan perasan jeruk di dalamnya membuat Batagor Kingsley berbeda dengan batagor lainnya.

Apalagi Batagor Kingsley terbuat dari 100% ikan tenggiri asli lho! Jadi bahan pembuatannya nggak hanya tepung saja ya Bu, nggak heran batagor ini selalu jadi pilihan oleh-oleh Bandung kekinian yang wajib di bawa pulang. Terlebih Batagor Kingsley juga menyediakan pilihan batagor frozen.

  • Lokasi: Jalan Veteran No.25, Kebon Pisang, Sumur Bandung
  • Harga: Mulai dari Rp 90.000-Rp 180.000

5. Tahu Susu Lembang

Photo source: PergiKuliner

Oleh-oleh Bandung kekinian selanjutnya adalah Tahu Susu Lembang atau Takus. Tahu susu yang satu ini terkenal dengan kelembutan dari tekstur tahu setelah di goreng.

Selain itu, tahu ini memiliki rasa gurih dan asin yang makin lezat jika di santap selagi hangat. Kita bisa menikmati Takus dengan cara digoreng dan dimakan menggunakan sambal kecap atau hanya dengan cabe rawit.

Tahu Susu Lembang juga tergolong menjadi salah satu oleh-oleh Bandung kekinian yang harganya cukup terjangkau lho! Apalagi semua kalangan pasti bisa menikmati tahu susu yang satu ini mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia.

Kamu bisa memilih tahu susu yang sudah di goreng maupun satu kotak tahu mentah yang bisa di goreng sendiri di rumah. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menikmati olahan kedelai lainnya seperti susu kedelai yang cocok di nikmati di cuaca Lembang yang sejuk.

Tahu Susu Lembang 

  • Lokasi: Jalan Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Bandung
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000-Rp 45.000

6. Pisang Bolen & Brownies Kartika Sari


Photo source: BatalKurus

Kartika Sari adalah salah satu toko kue di Bandung yang cukup legendaris. Selain terkenal dengan aneka brownies panggangnya, Kartika Sari juga terkenal dengan pisang bollennya yang manis dsn lezat.

Ada beberapa varian rasa pisang bollen Kartika Sari yang bisa jadi pilihan yakni, coklat, keju ataupun mix. Selain itu, di toko kue Kartika Sari juga terdapat aneka oleh-oleh khas lainnya seperti sale pisang, bagelen hingga camilan renyah seperti keripik kuping gajah dan masih banyak lagi. Pokoknya kalau berkunjung ke kota Bandung jangan lupa mampir ke sini ya Bu!

Pisang Bolen & Brownies Kartika Sari

  • Lokasi: Salah satu oultelnya terletak di Jl. A. H. Nasution No. 133 B.
  • Harga: Rp 37.000-Rp 75.000

7. Cuanki Serayu

Photo source: PinHome

Satu lagi oleh-oleh Bandung viral yang nggak boleh dilewatkan adalah Cuanki Serayu. Sesuai namanya, Cuanki Serayu menjual bakso cuanki dan batagor khas dari kota Bandung.

Cuanki Serayu sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan namanya sendiri diambil dari lokasi tempat makan tersebut berada, yakni Jalan Serayu. menu berbeda, yaitu cuanki atau batagor. Bakso Cuanki Serayu ini dikenal memiliki rasa gurih yang berbeda dengan bakso cuanki lainnya.

Sebab, bakso cuanki menggunakan kuah kaldu ikan dengan aneka isian menarik seperti bakso, bakso goreng, tahu bakso, siomay rebus dan pangsit goreng. Selain bisa dinikmati di tempat, Cuanki Serayu juga tersedia dalam kemasan frozen yang bisa dijadikan oleh-oleh Bandung kekinian.

Cuanki Serayu

  • Lokasi: Jl. Serayu No. 2 Bandung
  • Telepon: 082115336111, 081221636600
  • Harga: Rp 16.000-Rp 20.000
  • Jam buka: 11:00-19:00

8. Lemper Ibu Ratna

Photo source: @save.our.tummy

Rekomendasi oleh-oleh Bandung kekinian selanjutnya yang wajib dicoba adalah Lemper Ibu Ratna. Berbeda dengan aneka lemper lainnya, lemper yang satu ini perlu diracik dahulu sebelum di santap.

Lemper Ibu Ratna dikemas dalam mika plastik dengan isian meliputi nasi ketan, ayam suwir, sambal matah, bumbu kelapa dan kerupuk kriuk. Rasanya yang gurih dan lezat membuat Lemper Ibu Ratna selalu jadi pilihan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah. Namun, untuk menikmati lemper ini, kamu perlu memesan lewat DM Instagram @lemper_iburatna atau melalui WhatsApp dengan nomor 0877 8761 1812

Lemper Ibu Ratna

Lemper original

Isi : ketan, ayam, serundeng dan sambal

Harga Rp 11.000

Lemper Kriuk

Isi : ketan (lebih banyak dari ori), ayam, serundeng, sambal & kriuk pedas)

Harga 14.000

Lemper Roasted Salted Egg

Isi : ketan (lebih banyak dari ori), ayam, serundeng, sambal, kriuk, dan setengah butir roasted salted egg

Harga 18.500


Editor: Atalya