Keluarga

8 Step Skincare Untuk Cuaca Panas, Bikin Cantik Paripurna!

8 Step Skincare Untuk Cuaca Panas, Bikin Cantik Paripurna!

Memakai skincare untuk cuaca panas adalah wajib. Ini dikarenakan suhu udara yang panas bisa membuat kulit tampak kusam. Hasil riset yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology bahkan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan bintik hitam lebih mudah muncul akibat paparan sinar matahari.

Terlebih di Indonesia, cuaca panas bisa lebih buruk saat musim kemarau tiba. Suhu udara bahkan bisa berada di atas 30 derajat celcius. Kondisi ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kulit wajah. Pemakaian skincare untuk cuaca panas tidak lagi bisa ditawar.

Nah, untuk memastikan kulit tetap cantik paripurna, ada sejumlah step skincare untuk cuaca panas yang bisa kamu lakukan. Bagaimana caranya? Simak panduan selengkapnya di sini!


1. Gunakan pembersih wajah berbasis gel dan minyak

Step skincare untuk cuaca panas yang pertama, yaitu gunakan produk pembersih wajah berbasis gel dan minyak. Kedua jenis pembersih wajah ini ampuh mengangkat kotoran, debu, dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori kulit wajah. Menariknya, jenis produk pembersih wajah yang berbasis gel dan minyak juga tidak membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya. Jadi, rangkaian produk skincare yang akan diaplikasikan berikutnya bisa lebih optimal.


2. Aplikasikan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit

Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan toner wajah, sehingga keseimbangan pH kulit wajah kembali seimbang. Toner wajah efektif menjaga kulit tetap lembab. Pasalnya, kulit berisiko mengalami dehidrasi dan kemerahan di tengah cuaca panas. Di samping itu, penggunaan toner secara rutin bisa membuat pori-pori kulit tampak mengecil dan wajah pun lebih halus. Kamu bisa mengaplikasikan toner langsung dengan tangan atau tuangkan 2-3 tetes di atas kapas kecantikan. Aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk, sehingga cepat meresap.


3. Pakai essence agar wajah terhidrasi secara maksimal

Skincare untuk cuaca panas berfungsi memberikan perlindungan pada kulit wajah secara maksimal. Kamu bisa memakai essence agar wajah bisa terhidrasi dengan baik. Essence ini bisa dipakai setelah toner terserap di wajah, sebelum pemakaian serum. Produk skincare untuk cuaca panas yang satu ini ampuh mempersiapkan kulit sebelum memasuki tahap skincare lainnya. Essence juga memberi lapisan perlindungan lebih baik untuk kulit wajah di tengah cuaca panas.


4. Jangan lupa, pakai serum vitamin C!

Nah, step skincare untuk cuaca panas bisa dilanjutkan dengan memakai serum vitamin C. Dikutip dari Healthline, serum vitamin C dapat membantu mencegah pigmentasi dan menghaluskan permukaan kulit. Pemakaian serum vitamin C secara rutin menjadikan kulit cerah. Tenang saja, serum vitamin C ini relatif cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Hanya sebagian kecil, terutama orang-orang dengan kulit hipersensitif, yang mengalami sedikit iritasi kulit jika memakai serum vitamin C ini.


5. Pilih pelembab berbahan aloe vera

Setelah serum sudah menyerap dengan sempurna, kamu bisa melanjutkan step skincare untuk cuaca panas dengan memakai pelembab. Sebaiknya, pilih pelembab wajah yang berbahan aloe vera. Produk yang menggunakan aloe vera memberikan efek dingin dan menenangkan pada kulit. Dengan begitu, cocok digunakan sebagai pilihan skincare untuk musim panas. Kulit wajah tidak lagi berisiko kemerahan akibat terbakar sinar matahari.


6. Selalu gunakan sunscreen di dalam atau di luar ruangan

Sunscreen atau tabir surya wajib digunakan untuk menghadapi cuaca panas. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30. Kadar SPF dapat menentukan seberapa rendah risiko terkena kerusakan kulit. Sunscreen dengan SPF 30, berarti mampu memberi perlindungan kulit dari 97% paparan sinar UVB. Ingat, meski beraktivitas di dalam ruangan kamu tetap harus menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan matahari yang masuk melalui jendela.


7. Cegah bibir kering dengan lip balm

Lip balm termasuk dalam rangkaian produk skincare untuk cuaca panas. Pasalnya, kulit bibir cukup sensitif dengan cuaca panas sehingga mudah kering dan pecah-pecah. Kamu bisa memakai lip balm sebelum beraktivitas. Lip balm mampu melembabkan bibir secara maksimal. Selain itu, lip balm juga akan membuat tampilan lebih segar. Pilih lip balm tanpa kandungan pewangi dan perasa tambahan, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kulit bibir.


8. Pakai body lotion untuk kulit tubuh

Last but not least, body lotion. Produk skin care untuk cuaca panas ini efektif melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari. Body lotion berperan penting dalam mengunci kelembaban kulit, sehingga membuat kulit halus dan cerah. Pilih body lotion dengan tekstur ringan dan tidak lengket. Ini penting agar kamu tetap nyaman beraktivitas setelah pemakaian lotion tersebut.


Wah, cukup panjang juga ya step skincare untuk cuaca panas? Tapi, ini tentu bukan masalah serius jika kamu menginginkan kulit sehat dan terawat dengan baik. Pemakaian skincare untuk cuaca panas secara tepat, bisa membuatmu cantik paripurna dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Jadi, tidak lagi ada alasan tampak kusam karena cuaca panas. Kamu sudah tahu bagaimana cara menyiasati kondisi cuaca tersebut. Semoga step skincare untuk cuaca panas tadi bisa membantu kamu, ya!