Keluarga

8 Tips Aman Naik Taksi Online, Hanya Berdua Dengan Si Kecil

8 Tips Aman Naik Taksi Online, Hanya Berdua Dengan Si Kecil

Ketika Ayah berhalangan untuk mengantar dan menjemput Ibu saat hendak pergi bersama anak, salah satu ‘jalan ninja’ yang kerap Ibu pilih adalah dengan naik taksi online. Terutama jika barang yang di bawa cenderung lebih banyak dan nggak mungkin naik kendaraan umum.

Tapi, membawa anak naik taksi online ternyata nggak semudah yang dibayangkan ya Bu. Ada saja tingkah lakunya yang kadang bikin Ibu jadi senewen di dalam mobil.

Mulai dari menangis, teriak hingga rewel ingin turun karena merasa asing dengan mobil yang ia tumpangi. Akan tetapi, naik taksi online sebenarnya menjadi kendaraan yang aman dan mudah buat Ibu.

Untuk itu, supaya si kecil nggak ‘reog’ di dalam mobil, mengetahui tips aman naik taksi online perlu diperhatikan oleh orang tua. Yuk, cari tahu tips aman naik taksi online bersama si kecil dalam ulasan berikut ini.

Tips aman naik taksi online berdua si kecil


Salah satu hal yang bikin Ibu was-was saat naik taksi online bersama si kecil adalah, ketakutan tentang adanya tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi di dalam mobil. Baik itu berupa tindakan perampokan hingga penculikan yang bisa membuat nyawa melayang.

Tenang, buang pikiran ini jauh-jauh ya Bu. Sebenarnya taksi online cenderung merupakan kendaraan yang aman dan nyaman, terutama bagi Ibu yang membawa anak.

Ikuti tips aman naik taksi online berikut ini agar bepergian bersama si kecil jadi menyenangkan:

1. Cek rute perjalanan

Tips aman naik taksi online bersama si kecil yang pertama ini nggak boleh diabaikan. Sebab, kebanyakan kasus yang terjadi, para penumpang cenderung buta arah dan tidak mengetahui rute perjalanan yang dilalui.

Sehingga apesnya, jika mendapatkan driver taksi online yang juga buta arah, malah bikin Ibu terpaksa harus melalui perjalanan lebih jauh. Akibatnya si kecil menjadi rewel karena sudah tidak betah berada di dalam mobil terlalu lama.

Menurut pengalaman Ibumin, ada baiknya sebelum pergi Ibu wajib cek rute perjalanan yang nantinya hendak di lalui pada Google Maps. Nah, kalau drivernya nanti memberikan saran untuk melewati rute lain dan Ibu tidak yakin dengan rute tersebut, maka Ibu bisa menolaknya dengan halus.

Biar lebih aman, Ibu juga bisa sekaligus screenshot atau share rute perjalanan Ibu ke suami atau orang terdekat lain. Supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan Ibu bisa segera minta bantuan.

2. Wajib cek plat nomor & identitas driver

Kalau hal yang satu ini nggak holeh ketinggalan untuk di cek ya Bu! Tiap kali harus naik taksi online baik bersama si kecil maupun sendirian, Ibu wajib cek plat nomor dan identitas driver. Apakah sudah sesuai dengan yang di aplikasi atau tidak.

Karena, jika dua hal ini nggak sesuai maka berarti si pengemudi sudah melakukan pelanggaran. Which is, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi Ibu sedang membawa anak, ada baiknya dibatalkan saja ya Bu.

3. Pastikan pintu dan jendela benar-benar terkunci

Dikutip dari Better Health tips aman naik taksi online bersama si kecil yang satu ini, nggak kalah wajib untuk diperhatikan. Apalagi anak-anak lebih sering penasaran dengan suatu hal.

Sehingga ketika mobil sudah jalan, dan driver lupa mengunci pintu, jelas sangat berbahaya bagi anak. Terutama bila si kecil duduk di pinggir dekat pintu dan jendela, untuk melihat pemandangan di luar.

Pastikan safety door lock juga benar-benar berfungsi ya Bu. Jadi, kalau si kecil bermain dengan handle pintu, maka pintu mobil nggak langsung terbuka. Beri si kecil pengertian untuk tidak memainkan handle pintu maupun door lock demi keamanan bersama.

4. Duduk di baris kedua

Tips aman naik taksi online bersama anak selanjutnya yang nggak kalah penting adalah, disarankan untuk duduk di baris kedua. Jadi, jangan duduk di depan dekat supir ya Bu.

Takutnya malah jadi ganggu konsentrasi sang driver. Apalagi kalau si kecil cenderung aktif di dalam mobil, kalau konsentrasi mengemudi sang driver jadi terpecah, khawatir malah bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang juga berdampak pada Ibu dan si kecil.

Pastikan juga jangan duduk tepat di kursi tengah sambil memangku si kecil ya Bu. Sebab, apabila driver melakukan rem mendadak bisa membuat si kecil terpelanting ke kursi depan dan rentan mengalami cedera. Ada baiknya duduk di kursi belakang driver dan jangan lupa kenakan sabuk pengaman ya!

5. Gunakan car seat pribadi

Melansir Raising Children kebanyakan taksi online di Australia memang selalu menyediakan car seat untuk anak. Sayangnya, hal ini masih belum diterapkan di negara kita.

Sehingga, jika memang rute perjalanan dirasa cukup jauh dan berisiko membuat si kecil nggak nyaman, ada baiknya gunakan car seat pribadi. Tapi kalau hal ini dirasa tidak memungkinkan, pastikan usia si kecil sudah berusia lebih dari 2 tahun agar bisa duduk di kursi sendiri dan bisa Ibu kenakan sabuk pengaman.

6. Sediakan kantong plastik

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, tips aman naik taksi online selanjutnya adalah selalu sediakan plastik untuk berjaga-jaga jika anak muntah atau mabuk perjalanan. Sebab terkadang, ada driver taksi yang cara menyetir mobilnya bikin si kecil jadi nggak nyaman.

7. Usahakan jangan tertidur selama perjalanan

Jika dikutip dari Kompas guna menghindari kemungkinan adanya kejahatan, sebaiknya tips aman naik taksi online yang satu ini jangan sampai diabaikan ya Bu! Usahakan untuk jangan tertidur selama perjalanan.

Walaupun rasanya sangat sulit menahan kantuk, namun ada baiknya lakukan hal lain yang bisa mengalihkan rasa kantuk tersebut. Kalau kebetulan dapat driver yang ramah, nggak ada salahnya kok mengajak driver untuk mengobrol atau bisa juga Ibu mengajak si kecil bermain sambil melihat pemandangan sepanjang jalan.

8. Usahakan Ibu naik langsung bersama si kecil

Tips aman naik taksi online yang satu ini bertujuan untuk menghindari semisal terjadi tindak kejahatan atau driver tiba-tiba tancap gas. Sehingga, jika Ibu naik langsung bersama si kecil ia juga aman berada di dekapan Ibu.

Usahakan juga jangan terlalu membawa banyak barang. Demi memudahkan Ibu untuk naik dan turun dari mobil. Apabila harus terpaksa membawa banyak barang, pastikan cek kembali barang bawaan Ibu saat hendak turun, terutama jika diletakkan di dalam bagasi mobil.

Secara keseluruhan, sebenarnya beberapa aplikasi taksi online sudah banyak yang menyediakan fitur Safety Center. Fitur ini bahkan sudah terhubung dengan tim Satgas yang dapat melacak perjalanan untuk menghindari penumpang mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Jadi, Ibu nggak perlu khawatir lagi jika hendak bepergian naik taksi bareng si kecil ya. Asal, pastikan tips aman naik taksi online yang sudah disebutkan di atas dilakukan dengan baik.