Keluarga

9 Aktivitas Seru Merayakan Tahun Baru Walau Di Rumah Saja!

9 Aktivitas Seru Merayakan Tahun Baru Walau Di Rumah Saja!

Merayakan tahun baru bisa dilakukan dengan merancang banyak aktivitas seru dan menyenangkan bersama seluruh anggota keluarga. Jika tak memungkinkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, merayakan tahun baru di rumah tetap asyik kok Bu!

Momen menyambut tahun baru biasanya digunakan sebagai ajang berkumpul dengan orang terkasih. Ada banyak cara dilakukan seperti nonton festival musik, makan bersama di restoran, hingga mendatangi spot wisata tahun baru yang menyelenggarakan banyak acara seru untuk merayakan tahun baru 2023.

Tahun baru kali ini tampak lebih bersemangat, karena dua tahun kebelakang menjadi sebuah momen yang cukup menyita banyak waktu dan perhatian sebagian besar orang. Hal ini akibat pandemi yang datang tiba-tiba. 

Tak heran bila acara merayakan tahun baru 2023 kali ini tampak berbeda di setiap sudut wilayah, karena kebanyakan orang sudah mulai berkumpul bersama dalam jumlah yang besar. Kira-kira ide merayakan tahun baru 2023 kali ini dihabiskan dengan acara seperti apa ya?

Rekomendasi ide merayakan tahun baru di rumah saja


Sebagai orang tua mungkin masih ada rasa khawatir berkumpul di kerumunan masa, apalagi sempat ada kejadian yang tak menyenangkan yang terjadi di beberapa tempat dan menyebabkan hilangnya nyawa. Jika tak berencana pergi ke tempat-tempat dengan kerumunan besar, maka Ibu bisa melakukan hal-hal seru lainnya di rumah seperti berikut ini:

1. Acara kumpul keluarga besar di kampung halaman

Merayakan tahun baru di rumah tetap seru lho, apalagi bila dilakukan di rumah masa kecil alias kampung halaman. Melansir dari laman Pop Sugar, merayakan tahun baru 2023 kali ini Ibu bisa coba untuk membuat beragam kudapan lezat untuk seluruh keluarga.

Tahun baru belum lengkap tanpa makanan enak di meja makan besar bersama keluarga tercinta. Ibu bisa coba untuk menyediakan satu loyang brownies manis, beberapa cupcakes untuk anak-anak, hingga makanan berat untuk makan malam nanti ya.

2. Main board games bersama anggota keluarga


Bermain board games bersama anggota keluarga di rumah termasuk bersama si kecil tak cuma menjadi salah satu acara merayakan tahun baru di rumah yang menyenangkan, namun juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dengan anak. Pilihan board games yang bisa dilakukan adalah permainan monopoli, ular tangga, catur, scrabble (permainan susun kata), UNO Stacko, bermain kartu, dan masih banyak lagi.

Buat permainan makin seru dengan menggunakan sistem hukuman bagi yang kalah main, misalnya mengoleskan tepung atau bedak pada wajah pemain yang kalah, minum air putih yang disediakan, atau mencoba makan sayuran yang biasanya dihindari anak-anak.

3. Bermain letuskan balon setiap jam tertentu

Melansir dari laman Mommy Poppins, merayakan tahun baru 2023 di rumah kali ini bisa mencoba permainan seru seperti meletuskan balon setiap jam tertentu. Ibu bisa tuliskan pada balon tersebut kapan waktunya harus diletuskan dan meminta anak-anak untuk bersama-sama melakukannya.

4. Karaoke bersama di ruang keluarga


Semakin malam acara tahun baru biasanya akan semakin terasa meriah dan ramai, apalagi jika seluruh keluarga besar hadir merayakan tahun baru 2023 kali ini di rumah Ibu. Supaya tidak bosan, Ibu bisa mengadakan karaoke dadakan nih di rumah, sediakan mikrofon beberapa buah supaya semua orang bisa bernyanyi bersama ya!

5. Melakukan barbekyu bersama di halaman rumah

Nah ini juga menjadi pilihan acara merayakan tahun baru di rumah yang tak kalah seru, barbekyu di halaman rumah. Ibu bisa menyiapkan sosis, daging, ikan, jagung atau bahkan marshmallow untuk barbekyu bersama si kecil dan orang dewasa lainnya.

Pastikan keamanan si kecil karena akan bermain dengan api nantinya. Izinkan dia membakar makanannya namun tetap dengan pendampingan penuh dari orang tua.

6. Dekorasi kue kering bersama anak-anak


Tahun baru kali ini nampaknya tidak bisa dihabiskan bersama keluarga besar karena Ayah tidak bisa cuti? Wah pasti si kecil akan merasa sangat sedih ya Bu?

Namun tenang saja, ide merayakan tahun baru di rumah tetap bisa dijalankan, lho! Melansir dari laman Brit Mums, salah satu hal yang akan membuat si kecil tetap sibuk dengan aktivitas menyenangkan adalah mendekorasi kue kering sesuai yang ia inginkan.

Proses membuat kue kering ini bisa melibatkan penuh si kecil dari mulai menyiapkan bahan-bahannya, membuat adonan kue, hingga menentukan dekorasi yang lucu dan cantik.

7. Membuat kotak impian 2023

Semua orang bebas bermimpi dan merancang resolusi, ide merayakan tahun baru di rumah kali ini bisa dilakukan dengan cara membuat kotak impian 2023. Sediakan kotak khusus yang dibungkus kertas kado lucu, kemudian potongan kertas warna-warni, dan alat tulis untuk menuliskan impian anak-anak.

Sebelum tahun baru 2023 datang, ajak si kecil dan anggota keluarga lainnya untuk menuliskan impian dan resolusi 2023, apa yang diharapkan, lalu masukkan satu persatu pada kotak cantik yang sudah di sediakan. Bila sudah, ajak semuanya untuk berdoa bersama supaya tahun baru 2023 dapat menjadi tahun keberuntungan untuk semua orang.

8. Bermain kembang api bersama


Kembang api biasanya juga menjadi satu hal yang tidak pernah absen dalam merayakan tahun baru. Ibu bisa membeli berbagai macam jenis kembang api yang dijual bebas di pasaran.

Saat bermain kembang api bersama anak-anak, pastikan si kecil aman dari percikan api dan pilihlah kembang api yang juga aman untuknya ya.

9. Nonton film di rumah saja

Movie date bersama pasangan bisa menjadi acara seru tahun baru kali ini, Ibu dan Ayah bisa lebih intim menonton berdua saja sambil menikmati kudapan lezat. Tak hanya itu, pilihan nonton film di rumah saja akan menjadi malam merayakan tahun baru istimewa bagi anak-anak juga.

Editor: Aprilia