Keluarga

Cek Di sini! Arti Mimpi Suami Selingkuh, Akankah Jadi Nyata?

Cek Di sini! Arti Mimpi Suami Selingkuh, Akankah Jadi Nyata?

Tiba-tiba terbangun lalu segera menelusuri internet untuk mencari arti mimpi suami selingkuh dan mendarat di artikel ini? Selamat! Kamu memilih laman yang tepat. Tenang saja, Ibupedia tidak berubah menjadi cenayang, kok. Ibupedia akan membantu kamu menafsirkan mimpi dari sisi psikologi, sisi agama Islam, dan primbon Jawa. 

Lalu bagaimana arti mimpi suami selingkuh? Dilansir dari Women’s Health, sebuah penelitian di tahun 2018 mengemukakan fakta, sekitar 60% wanita pernah memimpikan suaminya selingkuh, meski rumah tangga mereka baik-baik saja. Hal ini karena mimpi suami selingkuh bisa berarti apa saja yang berhubungan dengan pikiran kamu dan terbawa saat tidur.

Arti Mimpi Suami Selingkuh dari 3 Sudut Pandang

Meskipun cuma mimpi, tapi bayangan suami selingkuh pasti bikin istri khawatir dan parno. Kira-kira apa artinya ya?

1. Psikologi Mimpi


Dari sisi Psikologi, laman Healthline menyebutkan bahwa arti mimpi suami selingkuh dapat ditelusuri dari rasa ketidakpuasan secara emosional, ketidakpuasan secara seksual, dan rasa trauma akan perselingkuhan yang sebelumnya pernah terjadi.

Secara emosional dapat dijabarkan bahwa kamu mungkin memiliki rasa yang kamu pendam dalam diri. Entah itu rasa bersalah, marah, khawatir, cemburu atau perasaan tidak berdaya. 

Lebih detail, laman Dream Moods menjabarkan perasaan seperti ini muncul karena pasangan mulai berkurang perhatiannya. Sehingga kamu mulai berpikir macam-macam. Kamu juga memendam rasa takut dicampakkan sehingga terbawa sampai ke alam bawah sadar.rasa tidak percaya diri atau minder dan kurangnya kepercayaan terhadap pasangan membuat kamu memiliki mimpi seperti ini.

Ketidakpuasan secara seksual juga menggiring pikiranmu untuk mendapatkan mimpi seperti ini. Kamu jadi semakin khawatir suami memiliki hubungan dengan orang lain karena baik dirinya atau dirimu tampak tidak puas di ranjang. Kuncinya ada pada buruknya komunikasi tentang kebutuhan seksual.

Sedangkan rasa trauma akan kejadian yang telah lalu juga dapat membuat kami mimpi suami selingkuh lagi. Perasaanmu masih belum sepenuhnya tuntas, karena tentu meski kamu telah memaafkan, perasaanmu padanya mungkin sudah tidak utuh lagi. Apalagi ada kemungkinan orang yang berselingkuh akan mengulangi lagi perselingkuhannya.

2. Mimpi dalam Agama Islam


Dilansir dari laman NU Online, tafsir mimpi dalam agama Islam sudah banyak dipelajari sejak jaman kenabian. Hal ini karena mimpi adalah cara Allah menyampaikan wahyu pada para Nabi. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa mimpinya orang Islam dapat berartyi 3 hal, yaitu kabar gembira dari Allah (petunjuk kebaikan), bawaan saat seseorang terjaga, dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. 

Bila menilik kembali dari sisi psikologinya, kemungkinan terbesar arti mimpi suami selingkuh menurut Islam adalah bawaan saat seseorang terjaga, karena otaknya masih mengolah informasi yang disugestikan dirinya sendiri sampai saat tertidur.

3. Mimpi dalam Primbon Jawa


Dalam primbon Jawa, mimpi diartikan sebagai petunjuk atau isyarat. Tetapi, tidak semua tafsir mimpi dalam primbon berarti hal yang sama buruknya terjadi di dunia nyata. Kebanyakan malah berkebalikan dari situasi di dunia nyata. Misalnya, arti mimpi dipatok ular. Ini berarti orang tersebut akan segera menemukan jodohnya. Sedangkan arti mimpi suami selingkuh menurut primbon adalah rumah tanggamu akan mendapatkan keberkahan berupa langgeng, kesehatan, atau rejeki besar.

Arti mimpi suami selingkuh menurut primbon jawa pun bisa berbeda-beda. Misalnya, jika mimpi suami selingkuh sampai memiliki anak, dapat berarti baik atau buruk. Menurut primbon, jika anak yang didapatkan laki-laki, maka artinya berkah, Sedangkan jika anaknya perempuan maka berarti malapetaka. Malapetaka disini bisa dalam bentuk apa saja, tidak selalu berarti suami benar-benar selingkuh di dunia nyata.

Arti Mimpi Suami Selingkuh dari Beberapa Skenario


Secara psikologi, ada penjelasan yang menjadi dasar beberapa skenario berbeda tentang arti mimpi suami selingkuh. Ini dia macamnya:

  • Arti mimpi suami selingkuh dengan orang yang tidak kamu kenal. Mimpi ini terjadi saat pasanganmu mulai jarang punya waktu untukmu. Biasanya saat ia disibukkan dengan hal lain seperti hobi baru atau pekerjaan yang menyita waktunya. Bisa juga karena suamimu baru-baru ini menyukai olahraga baru, jenis musik baru, atau tertarik pada otomotif.
  • Arti mimpi suami selingkuh dengan mantan pacarnya. Mimpi ini dapat terjadi pada seseorang yang bahkan yakin suaminya sangat mencintainya. Tapi mengapa bisa masih mendapatkan mimpi seperti ini? Minder. Ketidakpercayaan dirimulah yang membawamu pada perbandingan. Kamu membandingkan dirimu dengan mantan pacar suamimu. Kamu merasa ia memiliki kelebihan yang tidak kamu miliki, misalnya tubuh yang ramping, rambut yang lebih bagus, pekerjaan yang lebih bagus, atau hal-hal lainnya.
  • Arti mimpi suami selingkuh dengan orang terdekatmu. Orang terdekat ini bisa sahabat atau bahkan saudaramu. Mimpi ini adalah cerminan pengharapanmu. Orang terdekatmu mungkin memiliki apa yang selama ini kamu inginkan. Bisa jadi anak, pekerjaan bagus, fisik yang lebih baik, atau personaliti yang kamu ingin bisa lakukan tapi tidak bisa kamu terapkan.
  • Arti mimpi suami selingkuh dengan orang yang kamu kenal meski tidak dekat. Mimpi ini bisa saja muncul setelah kamu mendengar kabar seorang teman lama kini sukses dalam karier, punya banyak waktu untuk memanjakan dirinya, serta memiliki apa yang tidak kamu miliki. Atau bisa juga saat kamu melihat laman media sosialnya yang rapi, cantik, dan penuh gaya. Pikiranmu mulai membandingkan dirimu dengannya. Apalagi jika ada bumbu gosip dari sesame teman tentang dia yang belum menikah sehingga berpotensi menggoda suami orang lain.
  • Arti mimpi suami selingkuh di depan mata. Hal ini berarti kamu merindukan kasih sayang suamimu. Kamu mengharapkan suamimu memiliki waktu dna perhatian lebih untukmu. Jika kamu tidak mengungkapkan keinginanmu, ini akan menghantuimu terus dalam mimpi.

Dari semua arti mimpi suami selingkuh, pada dasarnya bukan berarti suami benar-benar berselingkuh. Ini semata hanya karena pikiranmu sendiri yang menuntun pada mimpi-mimpi tersebut. Kurangnya komunikasi dan kepercayaan terhadap pasangan membuat kamu akhirnya menelan mentah-mentah asumsi sepihak di kepalamu. Inilah mengapa komunikasi penting dilakukan untuk membangun kepercayaan dan rumah tangga yang lebih harmonis.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editro: Dwi Ratih