Keluarga

Auto Level Up! Begini Cara Bikin Bento Agar Si Kecil Lahap Makan Di Sekolah

Auto Level Up! Begini Cara Bikin Bento Agar Si Kecil Lahap Makan Di Sekolah

Ibumin pernah mengalami masa ketika, sudah capek-capek bangun lebih pagi untuk siapkan bekal anak, tapi nyatanya tiap kali ia pulang sekolah bekalnya nggak pernah habis. Padahal semua bekal ini sudah Ibu buat berdasarkan request si kecil.

Artinya, ini merupakan menu favoritnya. Hayo, siapa yang pernah juga mengalami hal yang sama seperti Ibumin? Jangan putus asa, karena masih banyak jalan menuju Roma.

Salah satu solusinya adalah, dengan membuat bekal semenarik mungkin. Dibuat aneka bentuk bento misalnya. Setelah Ibumin cari tahu, cara bikin bento ternyata nggak sesulit itu kok, Bu.

Bahkan cara bikin bento hanya memerlukan bahan-bahan dan alat buat bento yang sederhana, serta mudah ditemukan. Yuk, coba trik ala expert perbekalan @raniaraniamumtaz berikut ini, agar bekal si kecil lebih menarik dan bikin ia jadi lahap makan!

Apa itu bento? 


Mengutip dari Just One Cook Book dalam bahasa Jepang bento (obento) lebih mengacu pada makanan yang kaya akan gizi seimbang. Bento juga berarti menarik secara visual dalam kotak. Kotak bento disebut kotak bento-bako.

Bento, biasa dibuat oleh para orang tua di Jepang sebagai bekal untuk anak-anak mereka saat di sekolah. Membuat bento untuk bekal anak memiliki manfaat:

  • Lebih sehat: Sebab, bento dibuat secara homemade, dan porsi karbohidrat, protein, sayuran, serta buah-buahan lebih higienis.
  • Lebih hemat: Membawa bekal makanan, lebih hemat dibandingkan menghabiskan uang untuk jajan di kantin sekolah
  • Ramah lingkungan: Kotak bekal dapat digunakan kembali sehingga dapat pemakaian wadah plastik.

Tips cara bikin bento auto level up!


Menurut Debby Prazna Okky, atau yang biasa disapa Okky, cara bikin bento anak sebenarnya cukup mudah dilakukan. Terdapat 3 alat buat bento untuk pemula yang wajib punya, demi bikin bento anak jadi auto level up nih, Bu. Diantaranya adalah:

  • Food pick (tusukan bento) dengan karakter menarik
  • Nori atau rumput laut lembaran, ini berguna untuk membentuk menampilkan karakter yang lebih menarik dan lebih ‘hidup’ saat membuat bento untuk anak
  • Puncher (sejenis alat pembolong kertas, khusus untuk membentuk mata, bibir maupun round wajah karakter yang hendak dibuat).

Intip cara bikin bento yang effortless 


1. Persiapkan lebih awal

Jika mengutip dari The Organised House Wife cara bikin bento agar lebih sat-set dan nggak buru-buru di pagi hari adalah dengan mempersiapkannya lebih awal. Misalnya, Ibu bisa memotong bentuk sayuran di malam hari.

Ibu juga bisa menyiapkan telur rebus, yang bisa disimpan di kulkas agar bisa dibentuk esok paginya. Kemudian untuk salad atau sayuran bisa dibentuk saat malam, dan direbus besok pagi.

Lalu bagaimana dengan karbohidrat? Jika nasi adalah pilihan utama, masaklah nasi lebih pagi. Kalau sedang terburu-buru, Ibu juga bisa ganti sumber karbohidrat lain seperti kentang yang lebih mudah dimasak.

2. Pilih kotak bento yang sesuai

Cara bikin bento selanjutnya adalah memilih kotak bento yang sesuai. Sebab, terkadang semakin banyak sekat, maka jadi semakin bikin Ibu bingung mengisi bekal anak yang tepat.

Sekat pada kotak bekal, memang memudahkan untuk memisahkan aneka menu di dalam satu wadah. Supaya masing-masing makanan tidak berubah rasanya.

Usahakan supaya setidaknya kotak bekal si kecil sudah memiliki 2 sekat. Agar lebih mudah memisahkan nasi dengan lauknya.

Selain itu, penting juga memilih kotak bakal yang kemasannya cukup rapat. Kalau Ibumin biasanya memilih kotak bekal dengan silicone seal, untuk mencegah makanan tidak mudah tumpah.

3. Kemas dengan bentuk menarik

Setelah mengetahui 3 alat buat bento yang dijelaskan oleh Okky, ini saatnya untuk Ibu lebih kreatif untuk membuat aneka bentuk menarik. Misalnya, buat bentuk onigiri yang sudah diisi dengan daging cincang, dan hias dengan mata, alis dan hidung yang dibuat menggunakan nori lembaran. Dijamin si kecil bisa lebih lahap makan bekalnya dan bekalnya jadi auto level up!

4. Cara bikin bento, tetap harus perhatikan nilai gizinya

Mengutip dari Live Japan saking asyiknya Ibu melakukan cara bikin bento, terkadang malah lupa bahwa membuat bekal anak yang menarik tetap perlu memerhatikan nilai gizinya. Selain wajib memerhatikan nilai gizi, Ibu juga tetap perlu memerhatikan porsinya.

Jadi, nggak hanya dua atau tiga potongan buah, ataupun seiris kubis rebus. Ibu wajib memerhatikan kebutuhan dan porsi yang biasa di kecil makan setiap hari, supaya bekal yang ia gemari tetap bermanfaat bagi tubuhnya.

Selain itu, supaya si kecil tidak bosan, cobalah untuk mengganti beberapa menu bento setiap hati. Namun, biarkan beberapa menu lainnya tetap yang jadi kegemaran si kecil.

5. Kreatif dalam permainan warna 

Nggak punya 3 alat buat bento yang disebutkan di atas? Nggak perlu khawatir, kamu juga tetap bisa melakukan cara bikin bento yang menarik dengan memperhatikan teknik dalam menatanya.

Apalagi, dalam bento, biasanya makanan disusun dan ditata dengan rapi agar terlihat menarik. Sehingga menurut Ibumin, kreativitas dan permainan warna dalam menyusun makanan perlu diperhatikan dengan seksama.

Memang membutuhkan waktu dan jam terbang dalam membuat bento yang semenarik mungkin. Jadi, kalau di awal bentuk bentomu nggak sesuai harapan, jangan berkecil hati ya, Bu.

Anak-anak biasanya akan tertarik dengan makanan yang memiliki beragam jenis warna. Sehingga, sebaiknya usahakan agar isi bento punya komposisi warna yang cantik, supaya si kecil lebih tertarik untuk menyantapnya.

Kalau Ibumin, biasanya akan memadukan warna hijau dari sayuran seperti mentimun dan selada, kuning dan putih telur, serta tomat. Supaya bento terlihat lebih berwarna dan menarik.

Cara bikin bento sejatinya cukup mudah, bukan? Memang butuh waktu untuk menyiapkan, namun selama hal tersebut makin memotivasi si kecil untuk menghabiskan bekalnya, nggak ada salahnya dilakukan kok Bu. Selamat mencoba!