Keluarga

Bahaya Cicak, Hewan Kecil Yang Sebabkan Masalah Kesehatan Serius

Bahaya Cicak, Hewan Kecil Yang Sebabkan Masalah Kesehatan Serius

Keberadaan hewan-hewan kecil di dalam rumah memang terkadang agak sulit kita hindari ya, Bu. Padahal sebenarnya hewan-hewan seperti tikus, semut, kecoa dan bahkan cicak bisa saja menyebabkan masalah kesehatan bagi kita.

Nah, belakangan ini banyak orang membahas tentang bahaya cicak di dalam rumah. Nggak hanua bahaya cicak pada makanan, nyatanya meski hanya sekadar nemplok di dinding rumah juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Sebab, hewan yang termasuk golongan reptil ini bisa membawa berbagai macam bakteri layaknya bakteri salmonella yang kerap kita temui pada ayam dan ikan mentah. Bahkan, ketika kita tidak sengaja mencium kotoran cicak bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru yang cukup serius.

Sehingga bahaya cicak di rumah nggak boleh dianggap sepele. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai bahaya cicak lainnya pada ulasan berikut ini.

Bahaya cicak di dalam rumah


Dikutip dari Pest Clinic SG cicak termasuk dalam golongan hama di dalam rumah sama seperti tikus, semut, kecoa dan lalat. Walau cicak mungkin punya manfaat dalam mengusir hewan kecil seperti nyamuk, namun cicak tetap punya risiko bahaya bagi kesehatan manusia.

Seekor cicak bisa membawa berbagai macam bakteri yang berbahaya bagi manusia layaknya Salmonella dan E. Colli. Kedua bakteri ini terkenal dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada manusia, dari derajat ringan hingga sedang.

Bakteri-bakteri ini umumnya terdapat pada usus, mulut dan kotoran cicak. Mengingat cicak makan berbagai macam serangga, yang juga berpotensi membawa bakteri-bakteri tersebut ke dalam tubuh cicak.

Nah, nantinya bakteri tersebut akan dikeluarkan cicak melalui kotorannya yang menyebar di berbagai sudut rumah kita. Jelas, hal ini punya pengaruh besar dalam memengaruhi kebersihan rumah.

Apalagi kalau sampai kita tidak sengaja menyentuh kotoran cicak saat sedang membersihkan rumah, bukan tidak mungkin kotoran tersebut bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit tertentu seperti flu. Bahkan, nggak hanya itu, jika mengutip Kompas kotoran dan air liur cicak yang tidak sengaja kita hirup bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru manusia. Duh, ngeri banget ya, Bu!

Bahaya cicak bisa sebabkan gangguan pencernaan


Sebenarnya secara keseluruhan, cicak bukanlah tipe hewan yang gemar menggigit manusia. Berbeda dengan tokek, cicak tergolong lebih takut dengan kehadiran manusia di sekitarnya.

Namun, karena masyarakat awam banyak yang menganggap cicak merupakan hewan yang cukup aman, mereka cenderung mengabaikan bahwa bahaya cicak bukan hanya pada gigitannya saja. Istilah lainnya, malah jadi gagal fokus, ya Bu.

Nah, berdasarkan sebuah penelitian tahun 2011 berjudul Food Poisoning and House Gecko: Myth or Reality? Cicak diketahui memang membawa berbagai bakteri patogen yang apabila tercemar atau terkontaminasi di dalam makanan, bisa menyebabkan masalah pencernaan di tubuh manusia. Memang, gigitannya nggak berbahaya, tapi kita tahu bahwa kotoran dan liur cicak membawa bakteri yang salah satunya adalah E. Colli.

Bakteri ini juga jadi salah satu bakteri berbahaya yang menyumbang berbagai macam masalah pencernaan pada manusia. Misalnya seperti diare, sakit perut, mual, hingga demam.

Bahkan bahaya cicak pada air liurnya saja, apabila nggak sengaja terkontaminasi makanan kita, atau sekadar terhirup bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang cukup serius, lho! Karenanya, kalau kamu curiga centong nasi di rumah sering dijilat oleh makhluk kecil ini, ada baiknya segera cuci dan ganti yang baru ya!

Bahaya cicak pada makanan ini nggak boleh dianggap sepele. Mengingat cicak merupakan hewan liar yang hidup dan makan serangga yang juga berpotensi membawa berbagai macam virus dan penyakit.

Cara mengusir cicak di rumah


Bahaya cicak di rumah memang nggak boleh kita abaikan lagi nih, Bu! Sehingga sebisa mungkin kita wajib melakukan berbagai cara guna mengusir cicak di rumah.

Dikutip dari India Today berikut adalah cara mengusir cicak di rumah, agar kita bisa terhindar dari bahaya cicak yang mengancam kesehatan keluarga:

1. Meletakkan potongan bawang di sudut ruangan. Terutama pada sudut yang jadi tempat favorit cicak untuk muncul. Bawang punya aroma kuat yang nggak disukai oleh hewan yang satu ini

2. Gunakan kapur barus. Namun, peletakkan kapur barus ini harus benar-benar tepat dan jauh dari anak-anak

3. Periksa lemari di bawah bak cuci piring secara teratur. Cicak merupakan hewan yang gemar dengan udara lembap seperti halnya di bawah sink. Karenanya Ibu perlu rutin memeriksa kabinet di bawah sink, terutama apabila ada kayu-kayu yang lapuk. Kayu lapuk tersebut bisa jadi sarang bagi cicak untuk bertelur

4. Tutup makanan dengan tudung saji. Ibu juga bisa memasukan sisa makanan ke dalam tempat makan dengan wadah tertutup, guna menghindari makanan dijilat oleh cicak

5. Gunakan air semprotan merica. Semprotan merica ini jadi salah satu ramuan disinfektan alami yang sering Ibumin gunakan dalam membasmi bahaya cicak di rumah

6. Jaga kebersihan rumah. Yup! Salah satu hal penting untuk menghindari bahaya cicak adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah. Hindari membiarkan sampah di dalam rumah terlalu menumpuk, dan usahakan selalu buang sisa makanan. Tak lupa pastikan makanan di rumah selalu tertutup rapat.

Nah, setelah mengetahui bahaya cicak di dalam rumah, saat ini nggak ada alasan untuk mengabaikan keberadaan makhluk kecil ini ya. Supaya keluarga kita di rumah tetap sehat dan terhindar dari bahaya cicak yang menimbulkan masalah kesehatan serius pada tubuh manusia.