Keluarga

9 Koleksi Baju Lebaran Ibu Hamil dari Casual Hingga Mewah!

9 Koleksi Baju Lebaran Ibu Hamil dari Casual Hingga Mewah!

Baju lebaran ibu hamil saat ini didesain lebih menarik, lebih cantik, dan lebih mengikuti trend yang sedang berlangsung, jadi nggak sekadar model daster saja. Ibu hamil jadi punya banyak pilihan untuk tetap tampil keren dengan pilihan gayanya masing-masing. Trend mode yang berkembang untuk baju hamil juga sudah berkembang tak hanya membuat Ibu hamil nyaman, namun tetap stylish. Hal ini terbukti dengan munculnya beragam kebutuhan yang mendukung penuh Ibu hamil mulai dari legging hamil dan celana hamil yang didesain memiliki kantung nyaman yang dapat menyesuaikan perut Ibu hingga besar. Selain tampilan luar, sudah banyak juga celana dalam bahkan bra hamil yang dirancang khusus untuk kenyamanan extra para Ibu hamil.

Tips Memilih Pakaian Hamil Masa Kini

Meski model baju hamil saat ini lumayan banyak, namun jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal dalam memilih baju hamil. Berikut ini tim Ibupedia punya tips jitu dalam memilih baju hamil beserta kelengkapan lainnya, silakan disimak yah Bu!

  • Pilih Bahan yang Super Nyaman!


    Bagi ibu hamil, kenyamanan adalah yang utama terutama saat memilih baju. Kondisi ibu hamil yang mudah berkeringat tak akan cocok dengan beberapa bahan baju karena meski terlihat modis namun akan membuat ibu merasa lebih gerah dan tidak nyaman seharian. Pilih bahan katun atau bahan apa saja yang adem saat digunakan, menyerap keringat, dan breathable atau kain yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Usahakan bahan baju yang digunakan juga tidak berat supaya memudahkan ibu hamil dalam bergerak setiap harinya.

  • Perhatikan Model Legging dan Jeans Ibu Hamil


    Saat ini Ibu hamil juga sudah bisa lho menggunakan legging dan jeans yang tetap memberikan kenyamanan untuk Ibu dan tidak menekan perut. Legging dan jeans khusus ibu hamil ini biasanya dirancang khusus. Berikut ini ciri-ciri legging dan jeans hamil yang super recomended digunakan ibu hamil:

    1. Memiliki model low waist pada bagian pinggang dengan potongan model U yang letaknya ada di bawah perut sehingga tidak menekan perut Ibu yang akan semakin besar.
    2. Memiliki model high waist dimana model ini punya bahan tambahan khusus yang super melar atau kain penyangga perut untuk melindungi perut Ibu secara keseluruhan, ini bisa juga digunakan sampai Ibu hamil besar.
    3. Usahakan memilih bahan legging atau jeans yang melar mengikuti ukuran Ibu dan bisa digunakan hingga nanti.
    4. Jangan sembarangan memilih celana hamil karena bila tidak nyaman justru akan menekan perut bayi atau bila terlalu ketat akan menimbulkan masalah lainnya.

  • Pilih Cutting Baju Model A Line


    Bumil, untuk lebih nyaman bila dipakai setiap saat, ada baiknya memilih cutting baju model A line atau semakin ke bawah semakin lebar karena model baju seperti ini bisa dipakai dari mulai hamil muda hingga ukuran perut Ibu yang sudah mulai besar nantinya. Cutting A Line juga banyak diminati oleh para wanita karena terkesan slim, rapi, dan lebih flowy.

  • Motif Apapun Akan Tetap Terlihat Modis!


    No longer worry sama ukuran badan yah Bu! Karena apapun bentuk badan Ibu semuanya mempesona dengan pilihan baju motif apa saja. Pilih motif yang benar-benar Ibu sukai dan membuat Ibu merasa lebih percaya diri saat mengenakannya. Kecantikan sesungguhnya akan terpancar melalui rasa percaya diri yang ada pada kita Bu!

  • Hindari Pakaian Ketat!


    Sebaiknya hindari pakaian ketat supaya Ibu tetap nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Pakaian ketat tak hanya membatasi gerak Ibu saja, namun juga akan membuat si kecil tak nyaman karena bisa jadi perut Ibu tertekan. Pilih baju yang longgar namun tetap terkesan pas di badan juga ada lho Bu.

  • Bijak dan Cermat Saat Memilih Baju


    Ikuti trend mode sih boleh-boleh saja, tapi harus tetap ingat bahwa yang terbaik adalah yang ternyaman, bukan yang termahal. Saat ini sudah banyak model baju hamil atau pakaian hamil lainnya dengan beragam varian harga dari yang murah hingga yang harganya fantastis. Baju hamil bukan satu-satunya keperluan yang harus Ibu pikirkan, jadi lebih bijak dan cermat lagi ya dalam memilih baju hamil yang pas, pilihlah sesuai kebutuhan Ibu.

Beragam Koleksi Baju Lebaran Ibu Hamil

Lebaran sebentar lagi tiba, nggak ada salahnya kan Ibu hamil ikutan tampil cantik dan menawan di hari nan fitri ini. Team Ibupedia sudah mengumpulkan beragam koleksi baju lebaran Ibu hamil yang cantik dan siap digunakan dihari kemenangan nanti, simak berikut ini:

1. Grania For Mom

Koleksi baju lebaran ibu hamil milik Grania For Mom ini juga cocok dijadikan referensi baju lebaran selanjutnya. Premium Maxi Zahirah dibandrol dengan harga Rp 175,000 saja dengan kualitas bahan new peach zara impor premium, tidak mudah kusut, tidak menerawang, dan bisa dipakai saat menyusui karena terdapat bukaan samping. Pilihan dress maxi lengan panjang lainnya ada Premium Ciara Maxi yang bisa banget digunakan sebagai baju lebaran ibu hamil nantinya. Gamis yang satu ini punya lingkar dada yang cukup nyaman yaitu hingga  130 cm. Premium Ciara Maxi terbuat dari bahan katun rayon premium yang breathable saat digunakan. Selain gamis, ada juga midi dress dengan material micropeach atau katun lain yang tetap adem digunakan serta nyaman untuk bumil. Kemudahan pemesanan juga ditawarkan brand ini yaitu dapat langsung melalui whatsapp atau website e-commerce lainnya. Cek langsung koleksi menarik lainnya melalui laman Instagram @graniaformom ya.

2. Chantilly Maternity Wear

Koleksi baju lebaran ibu hamil di Chantilly Maternity Wear punya banyak pilihan. Brand ini menawarkan gamis 2 in 1 yang bisa digunakan saat ibu hamil hingga menyusui karena model baju yang juga didesain dengan akses menyusui yang mudah. Material yang digunakan adalah satin dengan lapisan lace cantik pada gamisnya dan tidak transparan. Tersedia dalam ukuran S dan M saja. Selain gamis, ada juga dress panjang hingga kaftan cantik yang bisa Ibu lihat langsung melalui laman Lebaran Collection atau melalui instagramnya @chantillymaternity. Koleksi baju lebaran ibu hamil di sini dibandrol dari harga Rp 87,500 hingga Rp 899,900.

3. Hellomommy

Baju hamil casual dengan potongan modis dan stylish bisa didapatkan di Hellomommy nih Bu. Banyak long dress, midi dress, tunik, hingga kemeja lengan pendek bagi Ibu yang tidak berhijab, dan ada juga yang lengan panjang bila Ibu berhijab. Bahan baju-bajunya jatuh tapi tidak berat dan cocok untuk berbagai acara, tinggal disesuaikan dengan aksesoris lainnya. Harga baju lebaran ibu hamil di sini beragam dan cenderung terjangkau mulai dari Rp 169,000 hingga Rp 200,000an. Tersedia dengan berbagai pilihan ukuran seperti S, M, L, dan XL. Cek koleksi terlengkapnya melalui laman website Hellomommy dan Instagram @hellomommy_id yuk Bu.

4. Geulis

Pilihan baju lebaran ibu hamil lainnya ada di brand Geulis. Meski bukan khusus memproduksi baju hamil atau menyusui, namun beberapa produk baju brand Geulis ini punya akses menyusui pada bagian samping kanan dan kiri. Seri Idul Fitri kali ini Geulis punya seri Maison yang pas digunakan untuk seluruh keluarga tercinta karena nggak hanya Ibu saja, kakak, adek, bahkan Ayah juga bisa kembaran dengan koleksi seri ini. Geulis Maison Series punya Gyana Tunic dengan potongan A line yang bisa digunakan dengan nyaman sebagai baju lebaran ibu hamil. Terbuat dari bahan Caracas Silk yang memberi kesan mewah dan flowy banget. Ada zipper pada bagian dada sehingga bisa digunakan juga untuk ibu menyusui. Untuk warna ada 3 varian yaitu Olive, Mauve, dan Brown. Harga tunic ini berkisar Rp 385,000 dan sudah mendapatkan masker gratis serta konektornya. 

Selain tunic, terdapat juga atasan cantik yang dibandrol dengan harga Rp 350,000 rupiah dan sudah gratis masker model headloop beserta konektornya. Bagi Ibu yang suka dengan gamis atau maxi dress, Maison Series juga punya lho, yaitu Maharani Dress dengan empat pilihan warna Dusty, Mustard, Brown, dan juga Navy dengan harga Rp 445,000. Masih banyak model baju lain yang bisa Ibu coba untuk referensi baju lebaran ibu hamil selanjutnya, langsung cek laman website Geulis atau Instagram @geulis.id ya.

5. Dianarestu

Dianarestu juga turut memeriahkan Raya Collection ini dengan beragam model dress yang cantik seperti varian Mahara Dress, Kugian Dress, Mega Dress, Alisha Dress, Shakila Dress, maupun Alisha Dress. Varian dress ini cocok digunakan sebagai baju lebaran ibu hamil karena terlihat longgar pada bagian perutnya sehingga aman digunakan saat kehamilan. Tak hanya long dress, ada juga tunik, sweater, dan midi dress yang masih cantik digunakan walau sedang hamil. Harga yang ditawarkan pada baju-bajunya sekitar Rp 200,000 ke atas. Cukup terjangkau dengan bahan yang lembut dan nyaman saat digunakan. Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui laman Dianarestu atau Instagram @dianarestu.

6. Heaven Lights

Ingin tampil formal atau ingin punya baju lebaran Ibu hamil yang bisa juga digunakan untuk acara resmi lainnya? Heaven lights punya koleksi-koleksi baju menarik dengan tampilan yang mewah dan elegant. Roxelina Dress tersedia dengan 4 varian warna dengan ukuran yang juga beragam dari XS – XXL dan dibandrol dengan kisaran harga Rp 425,000 serta punya bukaan depan untuk akses menyusui. Material dress ini adalah silk polycotton yang flowy banget saat digunakan. 

Otoman Dress juga cantik digunakan saat hari raya nanti untuk baju lebaran Ibu hamil dengan potongan dress berbentuk A atau semakin ke bawah semakin lebar. Material yang digunakan adalah HL polysilk yang tetap nyaman untuk ibu hamil. Dress ini diklaim busui friendly karena terdapat zipper pada dada dan juga wudhu friendly. Ukuran yang tersedia juga beragam dari mulai XS hingga XXL dan kisaran harga yang ditawarkan adalah Rp 399,900. Koleksi-koleksi menarik lainnya dapat langsung dicek melalui instagram @heaven_lights dan bisa langsung segera di order.

7. Wearing Klamby

Brand yang sudah punya followers hingga 1,7 juta ini menawarkan produk yang nggak cuma cantik tapi sekaligus mewah saat digunakan. Dalam setiap series biasanya terdapat beberapa macam jenis baju seperti long dress, tunic, dan blouse dengan sentuhan bahan yang ciamik. Brand Wearing Klamby juga menawarkan desain yang bisa kembaran dengan seluruh anggota keluarga tercinta, jadi lebaran nanti bisa tampil kompak nih. Selain itu, semua dress dengan cutting A Line di sini bisa jadi baju lebaran ibu hamil yang enak dipakai.

Sistem pembelian koleksi-koleksi dari Wearing Klamby ini pre-order jadi harus sabar dan atur waktu ya sebelum memiliki koleksi cantik ini. Beberapa pilihan dress ini bisa Ibu pertimbangkan seperti: Alyssa Dress dalam Kupu-Kupu Series dengan jenis bahan armani silk yang ringan juga lembut. Selain jenis bahan yang nyaman, Alyssa Dress juga busui friendly nih Bu. Ada juga Alyssa Dress dengan tambahan Tulle yang menambah kesan mewah yang elegant. Selain dress terdapat juga sepatu-sepatu cantik untuk dipadukan dengan koleksi baju-baju cantik Wearing Klamby. Dress di sini dibandrol dengan harga di atas Rp 400,000 rupiah. Pemesanan bisa dilakukan melalui website Wearing Klamby atau instagramnya @wearingklamby.

8. Nyonya Nursing Wear

Tak hanya baju menyusui saja, Nyonya Nursing Wear juga menyediakan baju lebaran ibu hamil yang nggak kalah menawan. Varian yang ditawarkan seperti Armeca Mini Dress yang bisa dipakai dari mulai hamil hingga menyusui. Meski lengan pendek, namun bisa ditambahkan manset dan juga celana lengan panjang untuk tetap tampil rapi di hari nan fitri nantinya. Armeca dress terbuat dari bahan tulle bordir dan wollycrepe pada setiap sudut dress-nya. Tersedia ukuran S hingga XL dengan harga Rp 600,000. Masih banyak varian yang pas untuk baju lebaran ibu hamil yang bisa Ibu pilih melalui laman Nyonya Nursing Wear atau Instagram @nyonya_nursingwear

9. Mooimom Indonesia

Brand dengan slogan khas “Your One-Stop Shop in Motherhood Journey” ini punya banyak koleksi baju hamil, baju menyusui, hingga keperluan untuk buah hati tercinta. Bra hamil dan menyusui juga bisa didapatkan di sini dengan kualitas yang nggak main-main dan harga yang cukup terjangkau karena ini investasi jangka panjang lho Bu. Tak hanya itu saja, disini juga tersedia varian celana hamil dari mulai legging, jeans, celana pendek, hingga cullote. Model celana hamil di sini ada dua yaitu model low waist dan high waist dengan beragam ukuran dan nyaman walau dipakai seharian. 

Untuk koleksi baju lebaran Ibu hamil di sini tidak ada yang khusus karena hampir semua bajunya casual dan cocok juga dipakai untuk lebaran. Ada beragam dress lengan panjang hingga midi dress yang bisa dipadukan dengan celana hamil plus outer yang cantik. Mau tahu koleksi lainnya? Bisa cek langsung di laman Mooimom Indonesia atau langsung saja ke instagramnya @mooimom.id. Varian harganya juga beragam, mulai dari Rp 200,000an ke atas.

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih