Kehamilan Dibaca 347 kali

13 Perlengkapan Ibu Hamil di Tiap Trimesternya

Share info ini yuk ke teman-teman
Darin
13 Perlengkapan Ibu Hamil di Tiap Trimesternya

Perlengkapan ibu hamil ternyata tak kalah pentingnya dengan perlengkapan untuk calon bayi. Saat sedang mengandung, umumnya para ibu hanya berfokus pada kebutuhan untuk anaknya kelak ketika lahir ke dunia. Sedangkan kebutuhan dirinya sendiri terkadang dinomorduakan. Padahal, selama 9 bulan mengandung, ibu juga perlu memiliki sejumlah barang wajib yang nantinya bisa membuat kehamilan jadi lebih aman dan nyaman. Jika semua kebutuhan ini terpenuhi, kemungkinan si calon bayi terlahir sehat dan selamat juga semakin besar.

Nah, kalau saat ini Ibu sedang merencanakan kehamilan atau baru dinyatakan hamil, catat dulu perlengkapan ibu hamil yang wajib kamu punya ini sebelum membuat daftar perlengkapan bayi. Untuk lebih memudahkan pencatatan, perlengkapan ibu hamil ini dibuat berdasarkan periode trimesternya. Simak bareng, yuk!

  1. TRIMESTER SATU

    Di trimester pertama ini biasanya para ibu baru diselimuti perasaan bahagia dan sukacita karena hasil test pack-nya menunjukkan dua garis yang artinya ia positif hamil. Jika kamu salah satunya, selamat ya! Meskipun usia kehamilan baru seumur jagung, kamu tetap perlu memperhatikan sejumlah hal demi mempersiapkan kondisi fisik dan mental selama menjalani masa kehamilan. Berikut ini daftar perlengkapan ibu hamil di trimester pertamanya.

    • Suplemen asam folat

      Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang sangat penting dikonsumsi ibu terutama di awal-awal kehamilan. Asam folat ini dapat mendukung pembentukan janin secara optimal serta mengurangi risiko bayi terlahir cacat. Ini karena zat-zat pada asam folat dapat membantu tubuh ibu membuat sel-sel baru.

      Pamela Bartens, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di University of Texas Health Science Center mengatakan bahwa ibu hamil perlu mengonsumsi multivitamin dengan kandungan asam folat sebesar 400 mikrogram setiap harinya selama masa kehamilan. Tentunya harus diimbangi juga dengan pola makan yang sehat. 

    • Pereda mual

      Perlengkapan ibu hamil selanjutnya adalah pereda mual. Bagi banyak wanita, mual dan muntah dan morning sickness merupakan gejala yang muncul di awal kehamilan. Jika kondisi ini dirasa sangat mengganggu aktivitas, mungkin ibu perlu menyediakan sesuatu yang dapat meredakan rasa mual ini, misalnya permen mint atau permen jahe. Tentunya, ibu perlu berkonsultasi dulu ke bidan atau dokter mengenai permen apa yang aman dikonsumsi saat hamil. Kalau memang permen atau minyak oles nggak cukup ampuh meredakan rasa mual, biasanya dokter akan meresepkan obat pereda mual yang aman untuk ibu.

    • Krim stretch mark

      Perubahan bentuk tubuh saat hamil biasanya akan memicu munculnya kerutan yang biasa disebut stretch mark. Guratan yang kerap muncul di perut, paha, atau punggung bagian bawah ini akan membekas dan sulit dihilangkan walau ibu sudah melahirkan. Untuk mengurangi risiko munculnya stretch mark, ibu bisa membeli krim penghilang stretch mark yang biasa dijual di toko-toko perlengkapan bayi. Hindari memilih krim yang mengandung retinoid dan pastikan produk yang ibu beli sudah terdaftar di BPOM ya!

  2. TRIMESTER DUA

    Memasuki trimester kedua, biasanya rasa mual yang sering muncul di trimester satu sudah mulai mereda. Hilangnya rasa mual ini membuat Ibu kembali bisa merasakan nikmatnya menyantap makanan, nggak pakai muntah-muntah lagi. Perut kamu pun mulai terlihat lebih jelas baby bump-nya. Kamu jadi semakin nggak sabar bertemu sang calon buah hati!

    Namun umumnya, para bumil juga akan mulai merasakan perubahan pada tubuhnya di trimester dua ini, mulai dari tubuh yang mudah gerah, perut yang cepat membesar, sampai kaki yang mudah pegal. Nah setidaknya, inilah perlengkapan ibu hamil yang perlu kamu miliki di trimester kedua.

    • Bantal ibu hamil

      Perut yang mulai membesar akan membuat tubuh ibu jadi lebih mudah pegal. Perlengkapan ibu hamil yang mungkin perlu dipersiapkan adalah bantal khusus kehamilan. Biasanya bantal ini berbentuk U, S, atau C. Fungsinya untuk menyangga perut sehingga ibu merasa nyaman saat tidur. Bantal ini juga bisa membantu mengurangi kram dan sakit punggung lo!

    • Korset kehamilan

      Selain bantal, perlengkapan ibu hamil lainnya yang berfungsi sebagai penyangga perut adalah korset khusus kehamilan. Korset ini berbentuk seperti sabuk, biasanya ada perekat di bagian belakangnya. Penggunaan korset pada ibu hamil bisa membantu mengurangi pegal-pegal di bagian punggung sekaligus memperbaiki postur tubuh. Tapi para ibu nggak disarankan untuk menggunakannya sepanjang hari karena dikhawatirkan justru bisa mempersulit proses persalinan. Gunakan setidaknya 2-3 jam per hari saja ya!

    • Baju dan celana khusus hamil

      Tubuh yang semakin besar membuat ibu hamil biasanya akan membutuhkan baju yang lebih longgar demi kenyamanan. Selain ukuran yang longgar, ibu juga bisa memilih baju dengan bahan tipis supaya nggak mudah gerah. Jika butuh celana baru, ibu mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli celana khusus hamil yang elastis di bagian perutnya.

    • Bra dan celana dalam ibu hamil

      Nggak hanya pakaian luar saja, beberapa ibu juga membutuhkan pakaian dalam baru karena ukuran payudara saat hamil yang ikut membesar. Sekali lagi, pilih bra dan celana dalam dengan bahan lembut dan nggak ketat. Kalau perlu, cari bra yang bagian cup-nya bisa dibuka dengan mudah supaya memudahkan saat menyusui nanti.

    • Minyak oles atau salep pereda pegal-pegal

      Seiring terus bertambahnya usia kandungan, ibu akan semakin rentan juga mengalami pegal-pegal, terutama nyeri di bagian punggung. Untuk mengatasi masalah satu ini, ibu bisa menyediakan minyak oles atau salep yang bisa meredakan pegal-pegal. Agar nggak membahayakan janin, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan minyak atau salep tersebut ya!

  3. TRIMESTER TIGA

    Pada trimester ketiga, perubahan pada tubuh ibu akan semakin terasa dan terlihat jelas. Perut sudah pasti akan semakin membesar. Beberapa ibu juga mendapati kakinya membengkak sampai-sampai perlu membeli alas kaki baru karena yang lama sudah nggak muat lagi. Kalau di trimester-trimester sebelumnya ibu cuma perlu fokus pada kebutuhan diri sendiri saja, di trimester ketiga mungkin ibu perlu mulai mencicil sedikit demi sedikit perlengkapan untuk calon bayinya.

    Pada dasarnya, semua kebutuhan untuk bayi ini benar-benar disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi masing-masing calon orang tua. Nggak perlu memaksakan harus punya A, B, C, D yang sebenarnya nggak wajib-wajib banget. Meski begitu, ada beberapa perlengkapan menjelang persalinan yang sifatnya wajib lo, Bu. Kalau bisa perlengkapan ini dijadikan satu di tas besar yang siap dibawa kapan pun kontraksi terjadi. Apa saja sih perlengkapan ibu hamil di trimester akhir ini?

    • Pakaian bayi

      Sebelum bayi benar-benar lahir ke dunia, ibu perlu menyiapkan pakaian bayi dan mengemas beberapa di antaranya ke dalam hospital bag untuk dibawa ke rumah sakit. Ini termasuk selimut, bedong, kaus tangan dan kaki, serta topi. Setelah membeli, jangan lupa dicuci dulu ya!

    • Popok

      Perlengkapan lain yang tak kalah penting adalah popok bayi. Ibu bisa memilih antara popok kain atau popok sekali pakai, semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.

    • Alat-alat mandi bayi

      Selanjutnya ada alat-alat mandi bayi. Beberapa yang sifatnya wajib seperti sabun, sampo, lap mandi, handuk, lotion, minyak telon, dan parfum. Jangan lupa dimasukkan juga ke tas emergency ya!

    • Perlengkapan menyusui

      Perlengkapan ibu hamil lainnya adalah perlengkapan menyusui. Ibu bisa membeli pompa ASI yang disesuaikan dengan budget, mengingat ada banyak sekali jenis pompa ASI dengan harga yang sangat variatif. Jika ibu berencana menyimpan ASI perah, ibu juga perlu membeli kantong atau botol yang bisa menampung ASIP.

    • Pembalut bersalin

      Terakhir yang juga penting tapi seringkali terlupa adalah pembalut bersalin. Pembalut ini fungsinya menampung darah nifas yang keluar setelah ibu melahirkan. Karena biasanya darah yang ditampung cukup banyak, ukuran pembalut bersalin ini lebih besar dan panjang dibanding pembalut biasa.

Itulah beberapa perlengkapan ibu hamil yang perlu dipersiapkan selama masa kehamilan. Bikin makin nggak sabar ketemu calon buat hati ya, Bu!

Penulis: Darin Rania
Editor: Dwi Ratih