Keluarga

Basmi Hingga Telur, Ini 7 Cara Menghilangkan Tungau Kasur

Basmi Hingga Telur, Ini 7 Cara Menghilangkan Tungau Kasur

Sering gatal-gatal saat di tempat tidur atau muncul bekas gigitan setelah rebahan di kasur adalah alasan kamu perlu tahu cara menghilangkan tungau kasur. Karena ini semua adalah pertanda kasur kamu sedang dijajah banyak tungau

Tungau kasur sendiri ukurannya sangat kecil, bereproduksi sangat cepat dan suka bersembunyi di area-area tersembunyi dan gelap. Tungau kasur seringkali menyebabkan masalah pada kulit seperti gatal-gatal, hingga menyebabkan ruam merah yang bikin jadi nggak nyaman.

Untuk itu, tungau kasur perlu dibasmi sesegera mungkin. Salah satu caranya adalah dengan rutin memvakum dan menjaga kebersihan kasur. Yuk, simak cara lain membasmi tungau kasur yang bisa Ibu lakukan di rumah!

Tungau kasur, tidak menyebarkan penyakit tapi ahli menggigit


Menurut WebMD, tungau kasur cukup mengganggu. Mereka suka menggigit di malam hari dan menyedot darah sekitar 10 menit sebelum akhirnya pergi.

Manusia yang digigit seringkali tidak merasakan apapun saat digigit. Tapi nantinya akan mulai muncul rasa gatal dan beberapa bekas gigitan di satu area yang berdekatan.

Meski begitu, tungau kasur tidak menyebarkan penyakit. Tanda ada tungau di kasur adalah:

  • Ada bercak darah di sprei, sarung bantal atau kasur
  • Ada noda gelap atau cokelat di kasur, sprei atau bahkan dinding. Ini merupakan kotoran tungau
  • Meski sangat kecil, ada kemungkinan juga ditemukan cangkang telur kecil atau kulit serangga. Tungau kasur sering berganti kulit dan jumlah telurnya sangat banyak
  • Ada aroma seperti apek khas serangga.

Kalau sudah begini dan tidur sering terganggu rasa gatal, kamu perlu tahu cara menghilangkan tungau kasur.

Cara Menghilangkan Tungau Kasur

1. Bersihkan tempat tidur secara rutin


Laman United States Environmental Protection Agency menyarankan untuk secara rutin mencuci sprei, sarung bantal, selimut, atau kain sejenis dengan sabun dan dikeringkan dengan pemanas.

Karena Indonesia memiliki sinar matahari yang cukup terik, kamu bisa memanfaatkan ini untuk menjemur sprei bahkan sekaligus kasurnya untuk membunuh tungau kasur dan telurnya. Tungan dan telurnya tidak tahan akan panas.

2. Bersihkan area tidur dengan vaccum cleaner


Karena tungan kasur tidak hanya ada di kasur, tapi juga di gorden dan karpet, maka kamu bisa memanfaatkan penggunaan vaccum cleaner sebagai penolong. Bahkan sistem wet cleaner atau pembersihan dengan steamer juga bisa jadi pilihan mudah. Bersihkan juga area kepala kasur yang bertipe busa atau beludru, dan cek juga area lemari dan penyimpanan boneka anak bila ada.

3. Kurangi tempat persembunyian tungau kasur


Cara menghilangkan tungau kasur berikutnya adalah memperkecil kemungkinan tungau bersembunyi. Artinya, barang-barang bekas dan tempat-tempat tersembunyi perlu rutin dibersihkan. Buang yang tidak perlu dan simpan dalam plastik untuk yang masih akan digunakan sewaktu-waktu.

Karena tungau kasur juga menyukai tempat yang gelap, sebisa mungkin gunakan dekorasi ruang dan warna sprei yang cerah. Bila tidak memungkinkan, pastikan pencahayaan cukup dan sirkulasi udara juga baik.

4. Gunakan minyak esensial berbahan dasar tumbuhan


Melansir dari Healthline, produk berbahan dasar minyak tumbuhan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan tungau kasur. Minyak esensial yang biasa direkomendasikan adalah tea tree oil, peppermint, dan lavender.

Expert Home Tips menyarankan untuk melarutkan 20 tetes minyak esensial ke dalam 200 ml air dan disemprotkan pada area-area yang bertungau. Nah, minyak esensial ini juga bisa menghalau aroma manusia yang biasanya menarik tungau untuk mendekat.

Jadi selain membunuh tungau juga menutupi aroma yang tungau sukai.

5. Cuka


Cara menghilangkan tungau kasur selanjutnya adalah menggunakan cuka. Cuka putih masak ampuh digunakan untuk menghalau tungau kasur karena aromanya yang kuat.

Tungau jadi enggan kembali dan terganggu dengan aromanya. Cara pemakaiannya adalah dengan membasahi tepi kasur atau area-area yang bertungau dengan cuka. Bila dirasa aroma cuka sudah berkurang, bisa basahi kembali dengan cuka.

6. Baking soda


Baking soda juga dipercaya sebagai home remedy yang murah, mudah didapat dan ampuh dalam membunuh tungau. Menaburkan baking soda menjadi cara menghilangkan tungau kasur karena serbuk ini menghilangkan kadar air di kulit tungau. 

Bahkan ada yang beranggapan bahwa jumlah yang cukup dapat mematahkan tubuh tungau. Sebarkan serbuk baking soda ke area bertungau, lalu diamkan kurang lebih 15-20 menit. Bersihkan dengan vaccum cleaner baking soda dan tungau-tungau yang sudah mati.

7. Larutan garam


Larutan garam juga dianggap sebagai anti bakteri. Selain baik untuk meredakan gigi yang sedang sakit larutan garam juga salah satu cara menghilangkan tungau kasur.

Semprotkan larutan garam ke kasur, sprei, sofa atau area bertungau lainnya. Jemur atau diamkan dahulu, dan lakukan secara berkala.

Bila cara-cara ini sudah dicoba tapi masih belum membuahkan hasil yang maksimal, seperti masih sering gatal-gatal dan tidak nyaman di kulit, cek kembali sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan. Selain itu, bijaklah dalam menangani barang bekas bertungau. Sebisa mungkin basmi dahulu tungau yang ada, baru buang barang yang ingin dikurangi. 

Hindari memberikan barang bertungau ke orang lain atau membuang dengan sembarangan. Benda bertungau memungkinkan tungau untuk menyebar ke rumah-rumah lain, meski tungau ini tidak bisa terbang. 

Mereka bisa berpindah dari barang yang satu ke barang yang lain atau terbawa pada pakaian manusia. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan jasa profesional sebagai cara menghilangkan tungau di kasur secara instan. Jadi, pilih mana dari cara menghilangkan tungau kasur di atas?

Editor: Aprilia