Keluarga

Bisa Dicoba Di Rumah, Ini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Bisa Dicoba Di Rumah, Ini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Tiap orang tentu memiliki jenis rambut yang berbeda, ada yang berambut ikal, keriting, berombak dan juga lurus alami. Namun sejak dahulu, trend rambut lurus dianggap menjadi hal yang aman diidamkan oleh setiap wanita.

Rambut lurus dianggap terlihat lebih rapi dan membuat rambut terlihat lebih sehat. Tapi tak semua orang bisa memiliki rambut yang lurus alami ya Bu.

Nah, salah satu cara yang biasa dilakukan untuk memiliki rambut lurus adalah dengan cara merebonding rambut. Sayangnya, rebonding berisiko merusak rambut karena menggunakan bahan kimia dan suhu tinggi dalam proses pelurusan.

Awalnya rambut memang tampak lurus dan tergerai indah, namun lama kelamaan akan muncul masalah kerontokan, rambut kering, hingga berubahnya tekstur rambut jadi lebih kasar dan bergelombang. Nggak ingin hal ini terjadi pada Ibu, yuk simak aneka cara meluruskan rambut secara alami yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah.

Kenapa orang senang memiliki rambut lurus?


Jika mengutip Quora banyak orang menganggap bahwa rambut lurus identik dengan kerapian. Standar ini berdasarkan pengaruh orang-orang Eropa yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Memiliki rambut yang lurus dianggap membuat wanita terlihat lebih cantik. Selain itu, tak dipungkiri rambut lurus lebih mudah diatur. Tak ada lagi istilah ‘bad hair day’ jika Ibu memiliki rambut lurus alami.

Namun tak berarti memiliki rambut ikal, bergelombang ataupun keriting merupakan suatu hal yang buruk ya Bu. Paling penting adalah memiliki rambut indah dan sehat apapun jenis rambutnya.

7 tips meluruskan rambut secara alami di rumah


Jika Ibu menginginkan rambut lurus yang tertata rapi, ternyata ada banyak cara meluruskan rambut yang bisa dilakukan di rumah secara alami lho. Melansir Treehugger berikut adalah 6 tips meluruskan rambut secara alami di rumah:

1. Menyisir rambut hingga kering

Ibu, cara meluruskan rambut nggak harus menggunakan alat catokan ataupun blow ya. Salah satu cara meluruskan rambut yang nggak banyak orang ketahui adalah dengan sisir.

Yup, untuk melakukannya Ibu cukup menyisir rambut setelah keramas hingga rambut kering.  Tapi setelah kering, tetap sisir rambut setiap 5 menit sekali.

Ibu bisa menarik sedikit rambut tiap kali menyisir. Tips meluruskan rambut secara alami agar lebih cepat kering adalah dengan menyisir di depan kipas atau diangin-anginkan di luar ruangan.

2. Jepit dan lilitkan rambut

Untuk melakukan cara meluruskan rambut yang satu ini, Ibu membutuhkan jepit rambut jenis bobby pins. Caranya saat selesai keramas, sisir rambut dan dibelah bagi dua bagian.

Kemudian lilitkan rambut pada bagian belakang kepala, layaknya menggunakan bandana atau bando. Usahakan pipihkan rambut sebelum melilitkannya di kepala.

Kemudian sematkan jepit rambut dan sisir kembali rambut hingga rapi. Nah, tambahan tips meluruskan rambut secara alami ini bisa menggunakan shower cap atau handuk agar rambut tetap rapi dan cepat kering.

3. Menggunakan roll rambut

Gunakan roll rambut yang besar, roll rambut yang besar dapat membuat rambut lurus dibanding roll rambut dengan ukuran kecil atau sedang. Kemudian bagi beberapa bagian rambut, lalu gulung rambut saat mulai setengah kering. Tapi untuk mengeringkan rambut tetap lakukan cara menyisir rambut seperti yang sudah di bahas sebelumnya ya Bu.

4. Kuncir rambut semalaman

Tanpa disadari cara ini mungkin pernah Ibu lakukan sewaktu kecil ya. Cara meluruskan rambut yang satu ini memang sudah dikenal sejak lama.

Ibu bisa membagi dua bagian rambut, kemudian kuncir menggunakan ikat rambut karet. Kuncir lagi berurutan hingga ujung rambut. Biarkan semalaman dan lihat hasilnya saat besok pagi.

5. Menggunakan masker rambut alami

Ibu bisa melakukan deep-condition pada rambut dengan masker rambut buatan sendiri untuk memberikan tampilan yang lebih berkilau dan lurus. Berbeda dengan creambath untuk melakukan masker rambut sebaiknya tidak memijat kulit kepala, cukup diamkan beberapa menit hingga masker meresap.

Masker rambut yang berfungsi mengembalikan protein pada rambut dapat membuat rambut keriting tampak lebih rileks. Ibu bisa menggunakan masker alami berbahan dasar telur mentah, madu, lidah biaya atau alpukat untuk efek deep-conditioning.

6. Mengoleskan minyak esensial

Menurut penelitian dari The Journal of Cosmetics Science minyak rambut esensial dianggap dapat membuat rambut lebih mudah diatur. Ibu bisa menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak arga atau minyak almond untuk di oleskan pada rambut.

Apalagi penelitian tersebut menunjukan bahwa  perawatan in-vivo dan in-vitro menggunakan minyak esensial dapat mencegah kerusakan saat menyisir rambut. Setelah menggunakan roll rambut, shower cap, blow-dry dingin, atau teknik lain untuk menata rambut, oleskan minyak esensial pilihan.

Lalu hangatkan minyak dengan menggosokkannya di antara kedua telapak tangan. Cara meluruskan rambut yang satu ini dapat dapat mempermudah penyebaran minyak ke rambut Ibu secara merata dan menjadikan rambut lebih berkilau dan mudah diatur.

7. Gunakan kondisioner tiap kali keramas

Selain dapat mencegah kerontokan pada rambut, menggunakan kondisioner tiap kali keramas dapat membuat rambut lebih lurus setelah kering. Nggak hanya itu, rambut juga terasa lebih lembut dan mudah diatur, serta mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

Nah, biar nggak penasaran dengan cara meluruskan rambut yang sudah disebutkan di atas yuk segera dicoba di rumah ya Bu!

Editor: Dwi Ratih