Rekomendasi

Bisa Kurangi Jerawat, 6 Merk Pil KB Untuk Ibu Menyusui Dan Kecantikan

Bisa Kurangi Jerawat, 6 Merk Pil KB Untuk Ibu Menyusui Dan Kecantikan

Anak merupakan anugerah terindah untuk kehidupan tiap orang tua. Ada pasangan yang punya impian untuk memiliki banyak anak, ada yang memilih untuk menunda, ada pula yang memilih untuk cukup punya anak dua atau satu saja.

Semua balik lagi pada keinginan dan komitmen tiap pasangan ya Bu. Nah, kalau Ibu dan pasangan punya komitmen untuk menunda memiliki anak berikutnya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti program keluarga berencana KB untuk wanita.

KB atau kontrasepsi untuk wanita sendiri punya banyak jenis, ada yang berbentuk suntikan, implan, Intrauterine Device (IUD) dan juga pil. Beberapa jenis KB diklaim aman untuk Ibu menyusui, namun tetap memiliki efek samping yang berbeda pada tiap wanita.

Kalau Ibu sedang berencana mencoba menggunakan KB pil dan sedang menyusui ada baiknya simak terlebih dahulu rekomendasi merk pil KB untuk Ibu menyusui yang aman berikut ini ya. Akan tetapi ada baiknya pahami terlebih dahulu yuk mengenai efek samping pil KB untuk Ibu menyusui.

Efek samping pil KB untuk Ibu menyusui


Jika diminum setiap hari sesuai aturan, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan cukup tinggi dan tingkat kegagalannya hanya sekitar 1% saja lho. Meski begitu, pil KB akan bekerja dan memengaruhi kadar hormon seorang wanita, yang menyebabkan berbagai efek samping.

Melansir Medical News Today biasanya efek samping pil KB untuk Ibu menyusui akan hilang dalam 2-3 bulan setelah konsumsi rutin. Di Amerika Serikat sendiri ada sekitar 12,6% wanita berusia 15–49 tahun banyak yang memilih menggunakan pil KB kontrasepsi. Mereka menganggap pil KB aman untuk digunakan terutama bagi Ibu menyusui.

Tapi bukan berarti mereka tidak merasakan efek samping pil KB ya Bu. Nah, berikut adalah efek samping pil KB untuk Ibu menyusui yang umum terjadi:

  • Mual;
  • Sakit kepala;
  • Perubahan mood;
  • Nyeri payudara;
  • Haid tidak teratur dan nyeri menjelang haid;
  • Mengalami kenaikan berat badan atau bahkan penurunan berat badan jika pil KB yang Ibu konsumsi kurang cocok bagi tubuh Ibu;
  • Gairah seks menurun; dan
  • Vagina terasa kering.

Bahkan pada efek samping yang lebih serius, pil KB juga bisa menyebabkan Ibu mengalami penggumpalan darah, emboli paru, stroke, serangan jantung bahkan bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker serviks. Untuk itu, penggunaan pil KB tidak boleh sembarangan dan harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Wanita yang sebaiknya menghindari pil KB


  • Menderita serangan migrain yang parah;
  • Berusia lebih dari 35 tahun atau sedang dalam fase menopause;
  • Memiliki riwayat tekanan darah tinggi;
  • Menderita diabetes dengan komplikasi;
  • Memiliki berat badan berlebih (overweight);
  • Memiliki riwayat penggumpalan darah; dan
  • Memiliki keterbatasan gerak untuk waktu yang lama, misalnya karena menggunakan kursi roda atau mengenakan gips pada kaki.

Rekomendasi merk pil KB untuk Ibu menyusui

Di Indonesia ada banyak merk pil KB untuk Ibu menyusui yang marak beredar. Harganya pun bervariasi dengan efek yang mungkin berbeda pada tiap wanita.

Akan tetapi ada pula jenis pil KB untuk Ibu menyusui dan kecantikan lho Bu. Apalagi pil KB yang beredar di pasaran saat ini memiliki kandungan progesteron yang bersifat anti-androgen yang selain memiliki manfaat sebagai pencegahan kehamilan, juga dapat mengurangi jerawat dan kelebihan rambut halus di wajah.

Bahkan menurut penelitian dari Journal of the American Academy of Dermatology terungkap bahwa kombinasi pil KB kontrasepsi efektif bagi pengobatan jerawat wajah pada wanita. Nah, untuk itu berikut adalah beberapa merk pil KB untuk Ibu menyusui dan kecantikan yang cukup aman digunakan:

1. Pil KB Andalan Laktasi

Photo source: Youtube

Merk pil KB untuk Ibu menyusui yang satu ini merupakan salah satu yang jadi favorit para Busui lho. Sebab, produk pil ini mengandung progestin dosis rendah yang tidak akan mengganggu produksi ASI.

Meski sudah memakai kontrasepsi jenis ini, kamu tetap harus banyak minum air putih dan mencukupi nutrisi ya. Jadi kualitas ASI bisa tetap selalu terjaga.

Harga pil KB untuk Ibu menyusui yang satu ini berkisar Rp 14.000/strip. Sedangkan cara minum pil KB untuk Ibu menyusui dengan merk ini sebaiknya setelah makan ya Bu.

2. Pil KB Andalan FE

Photo source: Halodoc

Kalau Ibu merupakan seorang pekerja kantoran yang aktif dan cukup sibuk, pil KB Andalan FE bisa menjadi merk pil KB untuk Ibu menyusui yang paling direkomendasikan karena mengandung zat besi.

Terlebih jika kamu memiliki keluhan perut kram saat haid, kandungan zat besi pada tablet plasebo di sini bisa mengurangi nyeri. Bisa diminum sebelum atau sesudah makan, yang terpenting adalah selalu disiplin meminum di jam yang sama agar kerja pil KB bisa berjalan dengan efisien. Sementara untuk harga Pil KB Andalan FE berkisar Rp 8.500/strip berisi 28 tablet.

3. Pil KB Marvelon Gold Limas

Photo source: Review Bukalapak

Sama seperti dua merk pil KB untuk Ibu menyusui di atas, pil KB Marvelon Gold Limas bisa dikonsumsi 1 tablet/hari selama 28 hari. Pil KB yang satu ini juga bisa diminum bersamaan dengan makanan yang kamu konsumsi.

Harga pil KB Marvelon Gold Limas Rp 45.000/strip. Pil KB untuk Ibu menyusui dan kecantikan ini juga cukup populer lho, Ibu bisa membelinya di toko obat terdekat di rumah.

4. Pil KB Yasmin


Photo source: Gita Cinta

Pil KB yang satu ini memang diklaim cocok untuk perempuan yang menderita jerawat dan seborea. Pil KB Yasmin juga bisa mencerahkan kulit jika diminum secara teratur 1 kali sehari, 1 tablet dimulai dari hari pertama haid hingga seterusnya.

Biasanya pil ini diminum setelah makan. Namun pil KB Yasmin bisa menyebabkan efek samping mood swing, sakit kepala dan mual. Harga pil KB Yasmin ini memang tergolong cukup mahal yakni Rp 235.000/pcs.

5. Pil KB Planotab


Photo source: Bukalapak

Jika kamu ingin mencari merk pil KB yang aman dan harga yang murah meriah, pil KB Planotab bisa menjadi pilihan tepat nih Bu.

Dengan kandungan progestin levonorgestrel dan etinil estradiol, pil KB Planotab efektif mencegah kehamilan dan aman bagi Ibu menyusui.  Harga yang dibandrol untuk setiap stripnya mulai dari Rp7.000an saja.

6. Pil KB Microlut


Photo source: Informasi Dunia Kesehatan

Pil KB ini juga cocok untuk ibu menyusui karena juga mengandung hormon progesteron. Berbeda dengan merk lainnya,

pil KB Microlut punya banyak keunggulan yakni bentuk tabletnya yang dilapis salut gula membuat lidah kamu tidak merasa pahit setelah minum obat, serta cenderung lebih aman untuk lambung. Sangat cocok bagi kamu penderita asam lambung atau gerd.

Harga merk pil KB untuk ibu menyusui ini berkisar mulai dari Rp 32.000an saja. Cara minum pil KB untuk Ibu menyusui yang satu inj juga cukup 1 hari sekali sebelum atau sesudah makan.

Nah, sebelum mengonsumsi berbagai merk pil KB untuk Ibu menyusui di atas ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau bidan ya Bu. Mengingat, tidak semua orang cocok menggunakan pil KB tersebut.

Editor: Dwi Ratih