Keluarga

Seru Dan Menyenangkan! Aturan Dan Cara Bermain Monopoli Bersama Keluarga

Seru Dan Menyenangkan! Aturan Dan Cara Bermain Monopoli Bersama Keluarga

Tiap kali ada acara kumpul-kumpul keluarga, Ibumin selalu menyediakan beberapa permainan yang seru untuk dimainkan secara berkelompok. Tadinya, tujuan Ibumin menyediakan permainan ini adalah agar anak-anak dan orang tua bisa lebih bonding serta menjauhkan gadget sejenak saat kumpul keluarga.

Tapi ternyata, permainan seperti ini selalu dinanti oleh anak-anak Ibumin dan juga keponakan-keponakan. Selain Uno dan Puzzle tumpuk, bermain monopoli juga jadi salah satu permainan favorit yang paling dinanti.

Namun, nggak semua orang tahu bagaimana cara bermain monopoli ya Bu. Apalagi, tiap keluarga mungkin punya peraturan khusus, terutama dalam hal membeli rumah dan tanah dalam permainan monopoli.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih cara bermain monopoli yang benar? Berikut Ibumin spill cara bermain monopoli lengkap, yuk disimak baik-baik.

Kenali terlebih dahulu aturan utamanya


Dikutip dari Britannica aturan dasar dari bermain monopoli sebenarnya cukup mudah, utamanya harus melibatkan kelompok sekitar 3-4 orang. Di awal permainan, setiap pemain harus diberikan sejumlah uang permainan (modal).

Modal ini nantinya dapat memudahkan para pemain untuk bergerak dan membeli properti. Tapi perlu diingat, masing-masih pemain tidak bisa membeli properti sebelum mengelilingi papan sebanyak 1 kali, sesuai dengan lemparan sepasang dadu.

Setelah mengelilingi papan, nantinya para pemain bisa mendarat di properti yang ingin dibeli. Tetapi jika dia mendarat di properti milik pemain lain, uang sewa harus dibayarkan kepada pemain tersebut.

Modal uang yang diberikan untuk para pemain, jika mengutip dari USA Today tiap pemain nantinya berhak mendapatkan uang dengan total $ 1.500, yang di bagi ke dalam pecahan sebagai berikut:

  • 2 lembar uang $500
  • 2 lembar uang $100
  • 2 lembar uang $50
  • 6 lembar uang $20
  • 5 lembar uang $10
  • 5 lembar uang $5
  • 5 lembar uang $1.

Cara bermain monopoli lengkap


Cara bermain monopoli agar menang, harus dilakukan beberapa persiapan khusus. Salah satunya mengocok kedua jenis kartu, yaitu kartu dana umum dan kesempatan, dan tumpuk masing-masing menghadap terbalik di tempat yang telah disediakan.

Menurut Monopoly Deal Rules di akhir permainan, calon pemain yang menang harus memainkan permainan searah jarum jam mengelilingi papan. Jika ia sudah bisa membeli dan menguasai 3 set properti penuh, maka bisa dikatakan ialah pemenangnya.

Nah, sebelum bermimpi jadi pemenangnya, yuk intip cara bermain monopoli agar menang berikut ini:

  1. Tentukan siapa pemain yang memulai permainan terlebih dahulu. Lakukan sistem pengundian agar lebih adil. Caranya, masing-masing pemain bisa mulai melemparkan dadu. Nah, jika seseorang memperoleh angka dadu tertinggi dari lawannya, maka ia berhak memulai permainan.
  2. Ketika permainan dimulai, pemain harus menjalankan pion permainan secara bergiliran, sesuai angka dadu ke petak menurut anak panah. Pemain harus terlebih dahulu memutari petak-petak yang ada pada papan permainan sebanyak 1 kali putaran, barulah di putaran ke 2 pemain bisa membeli properti yang diinginkan.
  3. Setelah memutari petak-petak, pemain berhak membeli tanah yang berada di area yang kosong. Namun, jika tidak ingin membelinya, pemain bisa berdiam di area tersebut.
  4. Penting diperhatikan, apabila dadu yang dilemparkan menunjukkan angka yang sama, maka pemain tersebut berhak bermain lagi.
  5. Akan tetapi, jika pemain melempar dadu 3 kali dan secara berturut-turut angka dadu kembar, maka pemain akan terkena hukuman, yaitu masuk ke dalam penjara.
  6. Pemain bisa keluar dari penjara jika pemain sudah membayar uang denda sebesar 20.000 dolar. Pemain juga bisa keluar dari penjara apabila memiliki kartu khusus “keluar dari penjara”, yang nantinya ditukarkan kepada bank.
  7. Pemain dikatakan bangkrut jika sudah tidak sanggup membayar utang baik kepada bank maupun pemain lainnya. Selain itu, ia juga dikatakan bangkrut jika dalam menyelesaikan petunjuk yang ada di kartu kesempatan atau dana umum, hanya mampu mengumpulkan poin sedikit.

Cara bermain monopoli, membeli dan menjual properti


Sebenarnya, jika mengutip dari Detik dalam aturan cara bermain monopoli, saat hendak membeli dan menjual properti, siapapun yang menginjak daerah yang masih belum dimiliki pemain lain berhak membelinya. Tapi, kalau nggak tertarik juga bisa mengabaikannya, kok.

Namun yang jelas, para pemain yang kebetulan saat mengocok dadu harus menginjakkan kaki di properti yang sudah dibeli pemain lain, wajib membayar denda yang sudah ditentukan. Walau bikin deg-degan, tapi hal ini ternyata juga sangat seru, lho Bu!

Nah, berikut aturan cara menjual atau membeli properti lainnya yang perlu diperhatikan:

  • Cara bermain monopoli membeli rumah dan hotel

Rumah dalam monopoli nggak bisa dibeli begitu saja meski kamu memiliki uangnya. Rumah baru bisa dimiliki, jika pemain telah membeli satu kompleks tanah.

Jumlah maksimal rumah yang berada pada tanah bangunan adalah 4 buah. Sementara itu, untuk membeli hotel, pemain harus memiliki 4 rumah dalam tanah bangunan tersebut.

Namun, ketika ia membeli hotel, maka rumah yang ia miliki harus dikembalikan ke pihak bank. Untuk satu tanah bangunan, hotel yang diizinkan untuk dibangun hanya 1 buah.

  • Cara bermain monopoli menjual properti

Dalam permainan monopoli, pemain juga bisa menjual properti yang sebenarnya tidak terlalu menguntungkan. Terutama jika bangunannya belum dibangun.

Untuk harga, tergantung kesepakatan antar pemain. Tapi jika bangunan sudah dibangun maka kamu harus menjualnya ke pihak bank, yang nantinya akan dibeli membeli setengahnya dari harga asli.

Tanah bangunan pun, ternyata juga dapat digadaikan kepada bank. Sementara untuk harganya sendiri, sudah tertera pada kartu tanah bangunan.

  • Cara bermain monopoli dan aturan masuk-keluar penjara

Selain melemparkan dadu dengan angka yang sama sebanyak 3 kali, para pemain juga dinyatakan masuk penjara ketika; pion yang dimainkan berhenti di area masuk penjara, serta mendapatkan perintah dari kartu kesempatan ataupun dana umum.

Nantinya ia baru bisa bebas dari penjara apabila:

  1. Pemain punya cukup uang untuk membeli atau menggunakan kartu bebas penjara (jika memilikinya).
  2. Membayar denda sebesar 50 dolar kepada bank
  3. Pemain mendapatkan angka dadu yang sama ketika dilempar. 
  • Cara bermain monopoli ketika hendak membayar denda

Seperti yang Ibumin jelaskan sebelumnya, para pemain akan dikenakan denda jika ia menginjakkan pion di daerah yang dimiliki pemain lain. Jumlah denda yang harus dibayarkan biasanya sudah tertera di kartu kepemilikan.

Namun, jika kamu tidak memiliki uang yang cukup, kamu akan dianggap berutang. Nah, untuk biaa melunasinya, kamu bisa menjual atau menggadaikan bangunan yang dimiliki kepada pihak bank untuk menutupi utang.

Nantinya, uang hasil penjualan di bank tersebut bisa diberikan kepada pemain yang diutangkan. Sehingga, utangmu bisa lunas dalam permainan ini.

Itulah beberapa aturan dan cara bermain monopoli yang bisa diperhatikan. Siap-siap! Jika mulai banyak pemain yang berguguran dan bangkrut, bisa jadi ini merupakan tanda bahwa sebentar lagi kamu akan jadi pemenangnya nih, Bu.