Keluarga

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat Secara Alami

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Sehat Secara Alami

Kesehatan merupakan sebuah investasi jangka panjang yang punya nilai sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan tubuh yang sehat kita bisa bebas melakukan segala aktivitas, terutama mendidik anak-anak hingga dewasa dan sukses.

Tapi, sayangnya nggak semua orang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Padahal menerapkan gaya hidup sehat sejatinya cukup mudah dilakukan.

Misalnya saja, Ibu bisa memulai dengan lebih banyak meluangkan waktu untuk berolahraga dan memperbanyak konsumsi air putih untuk menjaga metabolisme tubuh. Cara memulai gaya hidup sehat yang satu ini, kelihatannya memang sepele.

Namun, entah mengapa sangat sulit diterapkan secara konsisten setiap hari. Nah, untuk membantu Ibu belajar menerapkan gaya hidup sehat secara konsisten, simak beberapa tips dan cara memulainya berikut ini yuk!

Cara memulai gaya hidup sehat dengan 4 kategori dasar


Jika melansir WebMD sebuah penelitian yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, menunjukkan bahwa hanya 3% orang dewasa di Amerika yang mendapat nilai sempurna dalam 4 kategori dasar untuk menerapkan gaya hidup sehat. Dalam persentase tersebut, para wanita tergolong lebih baik dalam menerapkan gaya hidup sehat dibanding pria.

Para wanita di Amerika pun terlihat lebih konsisten menjalankan gaya hidup sehat. Nah, untuk 4 kategori yang dimaksud dalam penelitian tersebut diantaranya adalah:

  • Tidak merokok
  • Mampu mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal atau berhasil menurunkan berat badan untuk sekadar mencapai berat badan yang ideal
  • Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari
  • Rutin berolahraga setidaknya tiap 30 menit/5 kali dalam seminggu.

Secara keseluruhan untuk memulai gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan berdasarkan 4 kategori ini, ya Bu. Mengingat gaya hidup sehat untuk wanita itu sangatlah penting, maka Ibu bisa memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

Tapi, sebelumnya ada ketahui terlebih dahulu bagaimana kondisi kesehatan Ibu saat ini. Misalnya, adakah riwayat alergi ataupun penyakit kronis yang diderita lainnya.

Mengapa hal ini menjadi penting diketahui sebelum menerapkan gaya hidup sehat? Sebab, apabila Ibu ternyata memiliki sebuah penyakit kronis layaknya diabetes ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti; tidak boleh berolahraga terlalu keras dan menjaga asupan makanan (terutama membatasi konsumsi karbohidrat tinggi).

Manfaat menerapkan gaya hidup sehat


Menerapkan gaya hidup sehat, ternyata nggak hanya punya banyak manfaat bagi kesehatan kita saja, lho! Tapi juga bisa membawa manfaat pikiran, pengeluaran, dan bahkan lingkungan. Melansir Healthline berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan gaya hidup sehat lainnya yang perlu kita ketahui:

1. Mencegah penyakit

Menerapkan gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko kita terkena berbagai macam penyakit, termasuk yang mungkin diturunkan dalam keluarga. Dalam sebuah penelitian berjudul Associations Between Dietary Patterns and Subclinical Cardiac Injury mengungkapkan bahwa kebanyakan masyarakat di Amerika Serikat yang melakukan diet dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, selama 8 minggu terbukti dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam studi 2020 lainnya, para peneliti menemukan bahwa setiap peningkatan 66 gram asupan buah dan sayuran setiap hari dikaitkan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 25%. Itu berarti menerapkan gaya hidup sehat dapat menurunkan kemungkinan seseorang terkena penyakit berbahaya.

2. Hemat pengeluaran

Semakin sehat tubuh kita, maka semakin kecil kemungkinan untuk sering bertemu dengan dokter, bukan? Hal ini secara otomatis juga bisa membantu menghemat pengeluaran untuk membeli obat-obatan, melakukan berbagai macam test kesehatan dan lain sebagainya. Apalagi tidak semua penyakit bisa di cover oleh asuransi kesehatan ya Bu!

3. Memperpanjang umur

Menerapkan gaya hidup sehat sangat berhubungan erat dengan kesempatan hidup seseorang yang lebih panjang. Jika, pada usia 50 tahun Ibu tidak pernah merokok, menjaga berat badan yang sehat, aktif berolahraga secara teratur, mengikuti diet sehat, dan tidak mengonsumsi alkohol, maka Ibu bisa hidup hingga 14 tahun lebih lama.

4. Bermanfaat bagi lingkungan

Menurut sebuah studi tahun 2013 oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (sebuah badan di dalam PBB yang berfokus pada pengurangan kelaparan dan ketidaksetaraan pangan di seluruh dunia) mengungkapkan, menerapkan gaya hidup sehat dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur dapat mengurangi paparan emisi gas rumah kaca sebanyak 14,5% dari produk daging dan susu.

Tips gaya hidup sehat yang mudah diterapkan


1. Berolahraga secara rutin

Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari seperti; jogging, jalan santai, berenang, pilates dan yoga dapat membantu menstabilkan berat badan dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

2. Tidur cukup

Tidur cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental agar tetap sehat. Tidur cukup juga bisa menghindari kita terkena kemungkinan stress.

3. Diet sehat

Buah dan sayur sangat penting dikonsumsi setiap hari sebagai bagian dari diet sehat. Selain itu, Ibu juga bisa mengurangi asupan gula dan garam dalam masakan serta memilih asupan lemak baik yang perlu dikonsumsi oleh tubuh.

4. Konsumsi suplemen alami

Saat ini ada banyak macam suplemen alami yang tersedia di pasaran. Nah, salah satu yang punya kualitas terbaik adalah produk Herbana yang diproduksi oleh PT Deltomed Laboratories, sebuah perusahaan dengan lebih dari 40 tahun pengalaman dalam memproduksi produk herbal.

Beberapa produk suplemen alami yang bisa Ibu konsumsi sebagai salah satu ikhtiar menerapkan gaya hidup sehat diantaranya adalah:

a. Relief Sari Daun Kelor


Seperti yang kita tahu, daun kelor punya manfaat penting sebagai tanaman ajaib yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Tapi tak hanya itu, daun kelor juga bisa membantu meningkatkan respon imun, energi, kesehatan kulit dan mata, juga untuk menjaga kesehatan gula darah serta kadar kolesterol yang baik untuk nutrisi kesehatan sehari-hari.

b. Balance Madia Good Night

Balance Madia Goodnight, sebuah perpaduan alami yang mengandung ekstrak Valerian (Tapak Liman), Jahe, Pala dan Passion Flower untuk membantu mengurangi gejala susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur, sehingga tubuh terasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

c. Relief Sari Turmeric


Herbana Relief Sari Turmeric mengandung ekstrak kunyit alami yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Apalagi kunyit mengandung senyawa antibakteri yang kuat, dan dapat mengatur asam lambung dan melindungi saluran cerna dari paparan bakteri seperti E. Coli. Sifat anti inflamasi dari ramuan ini juga sangat bagus untuk mendukung sendi dan mengobati nyeri otot.

d. Essentials Dhari Women’s Daily


Suplemen alami yang mengandung perpaduan alami yang ekstrak daun kelor, jinten hitam, kunyit, asam Jawa, maca, cabe Jawa, ginseng dan jahe merah untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran wanita.

Ibu bisa mendapatkannya di sini yaa!