Keluarga

Cara Nabung 10 Juta, Bukan Cuma Mimpi!

Cara Nabung 10 Juta, Bukan Cuma Mimpi!

Ingatkah kamu belakangan ini sedang tren cara nabung 10 juta yang tidak biasa?

Alih-alih boros, kamu harus selalu ingat untuk menabung tiap bulannya. Jika menginginkan sesuatu alangkah lebih baik jika menabung dahulu ketimbang harus berutang. Namun, banyak yang memiliki keinginan agar rutin menabung tapi kenyataanya hanya sekedar wacana. Padahal hanya dengan menabung sedikit, kamu dapat mengumpulkan uang 10 juta dalam 1 tahun lho!

Cara Nabung 10 Juta, Bukan Cuma Mimpi!

Penasaran bagaimana cara menabung 10 juta 1 tahun? Simak tipsnya di sini!

1. Membuat target mingguan atau bulanan

cara-nabung-10-juta-disiplin-namun-tetap-asik-1

Cara nabung 10 juta dalam 1 tahun dapat kamu capai jika membuat target menabung baik mingguan atau bulanan. Sebagian orang menganggap lebih mudah untuk menabung secara bulanan karena menyesuaikan dengan waktu gajian. Tiap menerima gaji, langsung sisihkan jumlah uang yang harus ditabung di rekening berbeda, sisanya bisa dipakai untuk keperluan hari-hari atau lainnya.

Namun, beberapa orang menganggap menabung mingguan lebih menyenangkan. Ada beberapa cara menabung mingguan yang menyenangkan tanpa harus terbebani.

2. The power of Rp 20.000

Cara nabung 10 juta asik yang pertama adalah The Power of Rp 20.000. Sesuai namanya, ini artinya kamu menabung menggunakan pecahan Rp 20.000. Bayangkan, hanya dengan pecahan Rp 20.000, kamu dapat menghasilkan uang hingga 10 juta per tahun. Strategi ini cocok diterapkan oleh pribadi yang cenderung malas secara sadar menyisihkan uang untuk menabung namun tetap ingin mendapatkan uang tabungan yang besar.

Caranya mudah sekali, tiap memiliki lembaran Rp 20.000 di dompet atau celana, kamu langsung menyisihkan uang tersebut ke tabungan. Intinya, Rp 20.000 adalah jatah tabungan.

Ada yang bisa sampai liburan ke luar kota lho hanya dengan menggunakan anggaran yang berasal dari dengan cara menabung 10 juta 1 tahun ini.

3. Menabung sesuai nominal tabel rencana

cara-nabung-10-juta-disiplin-namun-tetap-asik-2

Cara nabung 10 juta yang dikeluarkan oleh sebuah akun instagram financial educator @geatherich sangat menarik. Ia memberikan tabel produktif yang bisa kamu gunakan sebagai bahan belajar menabung. Jumlahnya sangat variatif. Dalam tabel ini berisi 52 nominal yang harus ditabung sekali untuk tiap minggu dalam setahun. Tidak tanggung-tanggung, meski besaran tiap minggunya tidak besar, uang yang terkumpul dalam setahun mencapai 10 juta. 

Besaran nominal yang muncul di tabel tersebut mulai dari 0 rupiah sampai 560 ribu rupiah. Hadirnya angka 0 rupiah adalah antisipasi apabila di minggu tersebut terjadi banyak pengeluaran keperluan sehingga tidak memungkinkan bagi kamu untuk menabung.

Jangan lupa untuk mencoret jumlah angka yang sudah kamu tabung di tiap minggunya. Jika hampir semua angka sudah kamu coret, artinya target tabungan 10 juta dalam tahun sudah bukan impian lagi.

Sebagai pengingat, letakkan tabel ini di tempat-tempat yang sering kamu singgahi seperti meja belajar, kulkas, atau dinding kamar.

4. Menabung sesuai jumlah hari dalam seminggu


Cara nabung 10 juta selama 1 tahun ini diperlukan kegigihan dan kekonsistenan niat. Mengapa? Karena nilai yang harus ditabung pada awal-awal minggu sangat kecil namun jumlahnya meningkat secara linear. Besaran uang yang ditabung tiap minggunya berkisar antara seribu rupiah sampai 371 ribu rupiah.

Cara nabung 10 juta ini sesuai dengan jumlah minggu berjalan dengan peningkatan satuan per hari tiap satu minggu sebesar seribu rupiah.

Sebagai contoh, di minggu pertama kamu menabung sebesar seribu rupiah. Jika di minggu pertama tahun ini berjumlah tiga hari, maka kamu harus menabung 3 ribu rupiah di minggu itu. Di minggu berikutnya, besar tabungan per hari naik menjadi 2 ribu rupiah. Karena 1 minggu ada 7 hari, maka di minggu kedua kamu harus menabung sebesar 14 ribu rupiah. Jadi, di 2 minggu pertama kamu sudah menabung sebesar 17 ribu rupiah.

Kalau kamu konsisten menggunakan cara ini tiap minggunya dan disiplin untuk terus menabung, maka kamu akan mendapatkan jumlah yang tidak disangka-sangka, yakni 10 juta rupiah!

5. Memisahkan rekening

Jika kamu menggunakan 1 rekening secara bersamaan antara tabungan dan pengeluaran sehari-hari, mungkin kamu akan merasa sangat tergoda untuk mengambil “jatah” tabungan. Oleh karena itu, akan sangat baik jika memiliki rekening tabungan sendiri dimana bahkan kartu ATM rekening tersebut disimpan dan tidak dipakai sama sekali.

6. Membeli celengan fisik

Memiliki celengan fisik adalah cara nabung 10 juta 1 tahun yang menyenangkan. Dengan hadirnya celengan fisik, mungkin kamu akan tertarik untuk segera mengisinya. Jangan lupa untuk menetapkan target tabungan, misalnya kamu menargetkan untuk mengisi tabungan itu seminggu sekali dengan nominal yang sudah ditetapkan. 

7. Tidak mengambil celengan untuk hal tidak perlu

Jika celengan sudah mulai terisi, mungkin kamu tergoda untuk mengambilnya untuk membeli kebutuhan tersier bahkan berfoya-foya! Tahanlah diri. Jika bisa, cari celengan fisik yang sulit dibuka.

8. Berhemat

Berhemat adalah konsep dasar dari cara nabung 10 juta dalam 1 tahun. Berhemat sendiri adalah memikirkan semua pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan nafsu biasa. Jika kamu sudah terbiasa berhemat, maka tidak sulit bagi kamu untuk memiliki tabungan 10 juta dalam 1 tahun.

Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik memiliki tabungan 10 juta dalam setahun? Itulah cara nabung 10 juta yang secara tidak langsung akan membangun kebiasaan baik kamu.

Editor: Dwi Ratih