Keluarga

Cari Tahu Di Sini! 4 Cara Membuat Minyak Kemiri di Rumah

Cari Tahu Di Sini! 4 Cara Membuat Minyak Kemiri di Rumah

Dipercaya bermanfaat untuk rambut membuat banyak orang penasaran ingin mengetahui cara membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Bahkan sebenarnya, membuat minyak kemiri merupakan hal yang biasa dilakukan orang tua zaman dulu sebagai perawatan rambut bayi hingga orang dewasa.

Jika Ibu banyak mendengar khasiat minyak kemiri untuk rambut, maka ibu perlu tahu juga beberapa manfaat minyak kemiri lainnya.

Manfaat Minyak Kemiri


Dilansir dari laman Dr. Health Benefits, minyak kemiri memiliki beberapa manfaat, seperti:

1. Merawat & menghaluskan kulit

Siapa yang mengira bahwa minyak kemiri ternyata juga bisa bermanfaat untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Tidak seperti minyak kebanyakan yang membuat rasa tidak nyaman di kulit dan menimbulkan efek berminyak, minyak kemiri justru meresap lebih baik dan tidak membuat kulit tampak berminyak.

Kandungan vitamin A, C, E dan mineralnya mampu mencegah kerusakan sel dan menyegarkan kulit kering.

2. Merawat Kulit Iritasi

Minyak kemiri kaya asam linoleic serta omega-3 yang dipercaya meredakan peradangan dan iritasi pada kulit.

3. Mengurangi Stretch Marks

Nggak hanya untuk rambut bayi, Ibu juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai treatment oil untuk mengurangi stretch marks. 

4. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Karena minyak kemiri memiliki daya serap yang tinggi di kulit, maka minyak kemiri sangat baik untuk mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari. Oleskan sebelum bepergian untuk menghindari kulit jadi kering dan bersisik akibat terbakar sinar matahari.

5. Menyembuhkan Luka & Bekas Gigitan

Rupanya minyak kemiri juga baik untuk menyembuhkan luka dan bekas gigitan serangga. Minyak kemiri mempercepat penyembuhan luka dan merangsang produksi kolagen.

6. Melawan Bakteri

Minyak kemiri juga membantu melawan bakteri dan jamur, serta mencegah penyebarannya ke area tubuh yang lebih luas.

7. Menyehatkan Rambut

Ini dia manfaat yang paling umum diketahui, bahwa minyak kemiri bermanfaat untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut. Asam lemak di dalam minyak kemiri membantu menutrisi rambut, meredakan kulit kepala gatal dan berketombe.

Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri di Rumah

Nah, setelah mengetahui banyak manfaat minyak kemiri dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, yuk simak cara membuat minyak kemiri berikut ini:

1. Proses Sangrai


Cara membuat minyak kemiri satu ini cocok untuk Ibu yang tidak memiliki oven untuk memanggang. Proses sangrai hanya membutuhkan wajan dan biji kemiri yang sudah bersih. 

Sebaiknya gunakan wajan dengan bagian bawah yang tebal karena proses sangrai ini berpotensi membuat kemiri menjadi terlalu hitam bila wajan terlalu cepat panas.

Langkah pembuatannya adalah masukkan biji kemiri ke wajan yang sudah dipanaskan dengan api sangat kecil. Aduk dan bolak-balik biji kemiri sampai berwarna kecoklatan dan mengeluarkan aroma kemiri matang. Bila sudah cukup cokelat, angkat dan dinginkan sejenak.

Berikutnya, haluskan biji kemiri tanpa air menggunakan food processor atau ditumbuk dengan alu, cobek atau alat sejenis. Haluskan sampai tekstur biji kemiri lembut dan menyerupai bumbu pecel. 

Bila sudah halus, saring pasta kemiri dengan kain bersih (bisa juga menggunakan cheesecloth) dan peras minyaknya. Simpan hasil perasan minyak ke dalam botol dan gunakan sesuai kebutuhan.

2. Proses Pemanggangan


Cara membuat minyak kemiri yang kedua adalah dengan proses pemanggangan. Ibu bisa menggunakan oven untuk memanggang tanpa perlu berulang kali mengaduk biji kemiri atau mengawasi api. Cara membuat minyak kemiri yang satu ini juga lebih praktis dan lebih menghemat waktu.

Langkah pembuatannya adalah siapkan biji kemiri dan tata di atas loyang datar. Sebar merata agar tidak ada biji yang saling tumpuk. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 20-25 menit. Bila membuat dalam jumlah banyak, pisahkan pada beberapa loyang, ya, Bu.

Setelah matang, haluskan biji kemiri seperti pada cara pertama, kemudian saring dan peras minyaknya, dan simpan di dalam wadah.

3. Proses Dibakar


Bila pada cara membuat minyak kemiri sebelumnya biji kemiri sebaiknya tidak sampai gosong dan kehitaman, pada proses ini biji kemiri justru dibakar sampai kehitaman. Kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan alat tanpa menggunakan air. 

Bila minyak sudah keluar, sarong minyak dari ampasnya, kemudian minyak siap digunakan. Cara membuat minyak kemiri dengan proses dibakar ini akan menghasilkan minyak kemiri yang berwarna hitam, berbeda dengan 2 cara sebelumnya yang menghasilkan minyak berwarna coklat keemasan.

4. Proses Pemasakan Kemiri Mentah


Cara membuat minyak kemiri yang satu ini berkebalikan dengan 3 cara sebelumnya. Bila pada cara membuat minyak kemiri sebelumnya biji kemiri dimatangkan, proses kali ini justru diawali dengan menghaluskan biji kemiri mentah.

Biasanya, biji kemiri dihaluskan dengan blender dan dicampur sedikit air. Setelah halus, kemiri halus ini dimasak sampai mengeluarkan minyak. 

Prosesnya kurang lebih mirip seperti pembuatan minyak kelapa. Setelah minyak keluar, minyak bisa diangkat dan dipisahkan dari ampasnya.

Hanya saja, cara membuat minyak kemiri dengan  proses ini menghasilkan kuantitas yang lebih sedikit dibandingkan cara lainnya. Tapi hasil minyaknya paling bening di antara cara lainnya.

Sekarang jadi lebih tahu, ya, bagaimana cara membuat minyak kemiri dengan mudah di rumah. Bagaiman, Bu? Terinspirasi untuk membuatnya?

Editor: Dwi Ratih