Keluarga

Rangkuman Doa Untuk Orang Meninggal Agar Dilapangkan Kuburnya

Rangkuman Doa Untuk Orang Meninggal Agar Dilapangkan Kuburnya

Manusia diciptakan tak luput dari berbagai macam peristiwa, ketika ada kelahiran pasti disertai juga dengan kematian. Oleh karena itu, setiap umat beragama disarankan untuk selalu memanjatkan doa agar diberi hidup yang sehat, damai, hingga hidup yang bahagia.

Salah satu doa yang sebaiknya diketahui adalah, doa untuk orang meninggal dunia. Karena ketika seseorang meninggal, yang mampu meringankan langkahnya ketika di akhirat kelak hanyalah doa dari orang-orang yang menyayanginya. 

Doa untuk orang meninggal dunia dalam Islam memiliki beberapa versi. Agar doa yang dipanjatkan tepat, sebaiknya sebagai umat Muslim yang taat, kita perlu mengetahui lebih detail lagi apa saja doa untuk orang meninggal yang bisa dilantunkan.

Rangkuman doa untuk orang meninggal dalam berbagai kebutuhan


Peristiwa meninggalkan seseorang sudah pasti membuat hati siapa saja sangat sedih, apalagi bila orang tersebut sangat berjasa dalam kehidupan kita. Rasa cinta dan kasih sayang masih tetap bisa disalurkan melalui lantunan doa untuk orang meninggal, seperti berikut ini:

1. Doa saat mendengar ada orang yang meninggal

Melansir dari laman CNN Indonesia, ketika Ibu mendengar kabar ada orang yang meninggal, sebaiknya Ibu langsung melantunkan doa untuknya seperti:

“Innalillahi wa inna ilahi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi'illiyyin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu”

Artinya: "Sesungguhnya kamu milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

2. Doa untuk orang meninggal yang paling umum dilantunkan


Melansir dari laman Detik, doa untuk orang meninggal ada yang paling umum dan paling sering diucapkan. Doa untuk orang meninggal dunia ini juga sesuai dengan tuntunan hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam seperti berikut:

“Innalillahi wa innaa ilaihi raajiuun”

Artinya: "Sesungguhnya kami berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya."

Kemudian dilanjutkan dengan doa yang biasa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam panjatkan saat berkunjung ke makam para sahabatnya:

Artinya: “Semoga keselamatan senantiasa tercurah pada kalian, hai para penghuni perkampungan kaum mukmin dan muslim. Sesungguhnya kami Insya Allah akan menyusul kalian. Aku memohon afiyah kepada Allah SWT untuk kami dan untuk kalian."

3. Doa untuk orang meninggal perempuan


Islam mengajarkan ada banyak doa yang bisa dipanjatkan saat mendengar kabar tentang orang meninggal dunia. Salah satunya doa untuk orang meninggal perempuan. Berikut ini merupakan doa untuk orang meninggal perempuan yang biasa dilafalkan:

“Allaahummaghfir lahaa warhamhaa wa'aafi haa wa'fu anha wa akrim nuzula hu wa wassi'madkhola hu wahgsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa'aidz hu min'adzaabil qobri wa fitnati hi wa min'adzaabin naar.”

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

4. Doa untuk orang meninggal laki-laki


Melansir dari laman Media Indonesia, doa untuk orang meninggal laki-laki kurang lebih memiliki arti yang sama dengan doa untuk orang meninggal perempuan. Namun dalam penulisan bahasa Arabnya, doa untuk orang meninggal laki-laki biasanya berbeda dengan perempuan, seperti berikut ini:

“Allaahummaghfir lahu warham hu wa'aafi hii wa'fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi'madkhola hu wahgsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa'aidz hu min'adzaabil qobri wa fitnati hi wa min'adzaabin naar.”

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran. 

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

5. Doa untuk orang meninggal agar terhindar dari siksa kubur


Setiap yang meninggal pasti akan melalui masa-masa yang tak terduga di akhirat nanti. Bagi yang masih hidup, kita sebaiknya melantunkan doa untuk orang meninggal agar terhindar dari siksa kubur dan supaya langkahnya ketika di alam baka lebih tenang serta diterima oleh Allah SWT.

Melansir dari laman Narasi TV, perihal siksa kubur sudah dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al An’am ayat 93 yang artinya:

"Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, "Telah diwahyukan kepadaku," padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya dan orang yang berkata, "Aku akan mendatangkan seperti yang diturunkan Allah." Seandainya saja engkau melihat pada waktu orang-orang zalim itu (berada) dalam kesakitan sakratulmaut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sembari berkata), "Keluarkanlah nyawamu!" Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya."

Agar orang yang meninggal kelak punya langkah yang lebih ringan, Ibu bisa lantunkan doa untuk orang meninggal agar terhindar dari siksa kubur seperti berikut ini:

“Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari azab Jahannam, dari azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Editor: Aprilia