Keluarga

Edukatif, 10 Dokter Anak Di Instagram Ini Wajib Di-Follow

Edukatif, 10 Dokter Anak Di Instagram Ini Wajib Di-Follow

Di era digital ini, semakin banyak dokter anak di instagram yang sering membagikan ilmu bermanfaat tentang anak. Mulai dari beragam penyakit anak, MPASI, kiat-kiat mengatasi emosi anak, bahkan memberikan angin segar dengan jokes ringan. 

Dokter Anak di Instagram Yang Mengedukasi

Siapa saja ya dokter spesialis anak di instagram yang wajib di follow? 

1. Dr. dr. Meta Hanindita, Sp.A (K)

Photo source: @metahanindita

Dokter Meta Hanindita menjadi dokter anak di instagram yang membuat gebrakan cukup besar dalam ranah berbagi ilmu tentang nutrisi. Banyak orang tua merasa terbantu dengan ilmu yang dibagikan dr. Meta melalui akun instagramnya @metahanindita

Pilihan katanya jelas, tidak berbelit dan bahasa medis yang kurang akrab bagi orang awam menjadi lebih mudah dipahami. 

Nggak hanya lewat akun, dr. Meta juga menerbitkan berbagai buku tentang mengasuh bayi dan balita, seputar nutrisi kehamilan dan menyusui, pentingnya asupan yang adekuat, serta resep MPASI yang mudah dibuat di rumah. Dr. Meta juga suka membuka open QnA di story Instagram untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan orang tua.

2. dr. Arifianto, Sp.A

Photo source: kitabisa.com

Dokter Apin memiliki 2 akun instagram, yaitu @dokterapin dan @catatandokterapin. Di kedua instagram ini, dokter Apin memberi webinar dan informasi-informasi, beliau membagikan informasi seputar ragam penyakit anak dan seringkali meluruskan informasi keliru yang mungkin diterima orang tua. 

Jika Ibu dan Ayah mengikuti dokter Apin, akan ada banyak info baru yang bisa didapatkan, utamanya tentang penanganan sakit. Dokter Apin pernah viral beberapa tahun ke belakang setelah meresepkan “sabar dan gendong” untuk sakit pada anak yang tidak memerlukan urgensi obat.

3. dr. Kanya Ayu, Sp. A

Photo source: @momdoc.id

Momdoc! Yup, inilah sapaan akrab dr. Kanya Ayu yang berwajah menghibur. Dokter Kanya termasuk dalam jajaran dokter yang menyenangkan dan lucu, nih. Ini karena beliau tampil all out dalam mengedukasi di instagramnya @momdoc.id

Style-nya yang cerah dan ceria serta penampilannya yang penuh warna membuat banyak orang tua merasa cocok berkonsultasi atau sekedar mencari informasi lewat akun instagramnya @momdoc.id. Dokter anak di Instagram ini juga beberapa kali membagikan video makannya yang menggugah selera viewers, lho. 

Hmm, kalau Momdoc yang makan jadi ikutan lapar, deh.

4. dr. Ayu Pratiwi, SpA, MARS

Photo source: @drtiwi

Dokter anak di Instagram berikutnya adalah Dokter Tiwi. Lewat akun @drtiwi, beliau menggalakkan edukasi tentang pentingnya mendongeng dan membacakan buku untuk anak sejak dini. Nggak hanya di Instagram, dokter Tiwi juga eksis di Youtube dalam channel “drtiwitv”. 

Dokter Tiwi juga ramah dan keibuan. Tak jarang beliau membagikan pengalaman orang tua dan bayinya dalam akun instagramnya. Mulai dari pengalaman IMD, melahirkan bayi kembar, orang tua yang bermain peran dengan anaknya, atau orang tua yang membacakan buku. 

Lewat kisah-kisah inspiratif inilah, dr.Tiwi mengedukasi. Cara yang menarik, bukan?

5. dr. Citra Amelinda, SpA, IBCLC, M.Kes

Photo source:@citra_amelinda

Dokter Citra lewat akun @citra_amelinda banyak membagikan info seputar tumbuh kembang bayi dan balita. Mulai dari milestone, stimulasi perkembangan, pertumbuhan anak, kemampuan makan, seputar ASI-menyusui, serta parenting. 

Nah, karena permasalahan anak tidak perihal nutrisi saja, follow dr. Citra akan bermanfaat untuk orang tua untuk memahami psikis dan sosial anak juga. Cara dokter Citra menyampaikan juga nyaman dibaca dan mudah dipahami. Semua sudah tersedia dan free for read.

6. dr. Dimple Nagrani, Sp.A

Photo source: @dimple.nagrani

Siapa nih yang follow dokter anak di instagram yang satu ini? Dr. Dimple Nagrani menyediakan akun instagram khusus untuk membagikan ilmu seputar anak, yaitu @happykids_id. Dalam @happykids_id dr.Dimple menyajikan informasi secara menarik dengan reels instagram. 

Penjelasannya singkat dan mudah dimengerti. Akun ini juga menerima Konsultasi Online, lho. Hanya dengan klik link di bio, Ibu dan Ayah bisa berkonsultasi untuk permasalahan anak.

7. dr. Lucky Yogasatria, Sp. A

Photo source: @dr.lucky.sp.a

Dokter anak di instagram ini juga eksis di Youtube. Video-videonya baik di Instagram maupun Youtube mengulas banyak hal yang selama ini jadi pertanyaan para orang tua. Selain mudah dicerna, videonya juga menarik. 

Dr. Lucky memiliki gaya menjelaskan yang friendly, seperti sedang bercakap dengan seorang teman. Melalui penyampaian yang seperti ini, orang tua, utamanya para Ayah akan merasa lebih nyaman dan cepat mengerti. Untuk tahu lebih banyak soal dr. Lucky, Ibu dan Ayah bisa follow @dr.lucky.sp.a.

8. dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A

Photo source: @mestyariotedjo

Dokter anak yang satu ini juga salah satu favorit para orang tua. Selain membagikan ilmu, dr. Mesty tampil sangat cantik dalam video-video edukasinya. Tidak hanya mengedukasi soal anak, dr. Mesty banyak mengangkat soal kesehatan mental dan encouragement pada orang tua. 

Karena kesehatan mental orang tua tak kalah pentingnya dengan tumbuh kembang anak. Yuk, follow @mestyariotedjo

9. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp. A (K)

Photo source: @hardiono

Dokter anak di instagram yang satu ini bergelar Prof. DR. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp. A (K). Melalui akun @anakkuid, dokter Hardiono banyak membahas seputar tumbuh kembang, saraf anak serta parenting. Selain ilmu, dokter Hardiono juga sering menampilkan hasil fotografi apik hasil karyanya di akun instagram pribadi miliknya, lho.

10. dr. Miza Afrizal, Sp. A. BMedSci, M.Kes

Photo source: @mizaafrizal

Ini dia dokter anak di instagram yang cukup lawak. Postingan edukasinya dituangkan dalam instastory @mizaafrizal dan dikemas dengan bahasa yang tak jarang mengundang tawa. Ada ragam topik yang dibahas oleh dr. Miza, dan rumusan “2-30-2” nya mudah diingat orang tua dalam menghadapi momen makan anak.

Siapa di antara dokter-dokter ini yang belum Ayah dan Ibu ikuti? Bisa mulai follow sekarang dan dapatkan ilmu yang bervariasi di dalamnya.

Editor: Dwi Ratih