Keluarga

Selain Jennifer Bachdim, Intip 10 Gaya Parenting Artis Indonesia Yang Bisa Ditiru

Selain Jennifer Bachdim, Intip 10 Gaya Parenting Artis Indonesia Yang Bisa Ditiru

Bicara soal gaya parenting para artis, memang cukup beragam. Ibumin sendiri cukup salut dengan gaya parenting yang diterapkan oleh Jennifer Bachdim.

Yes! Buibu pasti setuju deh, kalau Jennifer saat ini jadi panutan bagi para Ibu, yang bisa mengurus 4 anaknya sendiri tanpa bantuan. Semua pekerjaan rumah ia kerjakan sendiri, bahkan untuk sekadar memasak, membersihkan rumah dan menemani anaknya bermain.

Bahkan di beberapa podcast, Jennifer mengaku bahwa ia sama sekali tidak pernah marah pada anaknya dan cenderung menjadi sosok Ibu yang sangat sabar. Wah, Ibumin sih salut banget deh Bu dan jadi penasaran gaya parenting apa yang diterapkan hingga membuat anak-anaknya sangat mandiri seperti sekarang.

Tapi, selain Jennifer Bachdim, masih banyak kok gaya parenting artis lainnya yang bisa kita adaptasi untuk diterapkan pada gaya pengasuhan si kecil nantinya. Berikut beberapa contoh gaya parenting artis lainnya yang bisa jadi panutan.

Gaya parenting artis yang bisa jadi panutan

1. Anak bebas bereksplorasi ala Dwi Sasono dan Widi Mulia

Photo source: Instagram @widimulia

Dwi Sasono dan Widi Mulia menjadi pasangan yang dikenal, menerapkan gaya parenting dengan membiarkan anak-anaknya melakukan kreativitas apapun yang mereka sukai. Mereka sangat membebaskan anak-anaknya bereksplorasi jadi apa yang mereka mau.

Contohnya seperti Widuri, anak pertama mereka yang dibebaskan bereksplorasi dengan bakatnya. Kemampuan akting Widuri di usianya yang beranjak remaja, nggak perlu diragukan lagi deh!

2. Buat anak mandiri dengan sleep training sejak bayi ala Nikita Willy

Photo source: Instagram @nikitawillyofficial94

Beberapa waktu lalu, video tentang cara Nikita Willy menerapkan sleep training pada sang anak, Issa sejak bayi sempat viral. Banyak penasaran bagaimana cara Nikita menerapkan sleep training pada anaknya yang masih bayi, dengan sangat lancar.

Issa terlihat nyaman tidur sendiri, dan baru bangun ketika sang Ibu atau Ayahnya datang ke kamar dan menyalakan lampu. Tak banyak orang tua di Indonesia, yang menerapkan metode ini pada bayi mereka.

Mengutip Sleep Foundation sleep training sendiri bermanfaat untuk melatih kemandirian anak, bikin anak lebih lelap tidur, membantu mematangkan otak, mencegah anak mudah tantrum akibat nggak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Tapi, dalam menerapkan gaya parenting terkait sleep training ini, kita tetap wajib kompak dengan pasangan ya Bu.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Nikita Willy. Sebab, tanpa kekompakan dengan pasangan, sleep training nggak akan bisa terwujud dengan lancar tanpa drama.

3. Mengajarkan berbagi ala Caca Tengker

Photo source: Instagram @cacatengker

Ibumin juga salut dengan gaya parenting yang diterapkan oleh adik dari Nagita Slavina yang satu ini. Yup! Caca Tengker, dikenal kerap mengajarkan anak-anaknya yang masih kecil untuk berbagi dengan orang lain.

Ia juga nggak pernah marah, dan cenderung sangat sabar dalam mendidik anak-anaknya. Sikap lemah lembutnya ini, bikin sang anak lebih jarang tantrum dan mudah memahami apa yang dinasehati orang tua.

4. Mengajarkan hidup sehat ala Dian Sastro

Photo source: Instagram @therealdisastr

Dian Sastro memang dikenal nggak terlalu sering mengumbar kehidupan pribadinya, terutama soal anak. Namun, dalam beberapa kesempatan Dian mengaku bahwa sejak anak-anaknya masih kecil ia sudah mengajarkan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Dian dan sang suami pun, sebisa mungkin akan menjauhkan anak dari gadget dan hanya memberikannya pada waktu tertentu. Dian pun sangat terbuka dengan anak, hal ini membuat sang anak nggak ragu untuk menceritakan segala hal pada orang tuanya tanpa takut ataupun malu.

5. Jadi teman yang baik buat anak ala Donna Agnesia dan Darius Sinathrya

Photo source: Instagram @dagnesia

Donna Agnesia dan Darius Sinathrya mengasuh ketiga anaknya dengan cara yang modern. Mereka melakukan pendekatan layaknya teman kepada anak-anaknya.

Mereka juga menghilangkan batasan antara orang tua dan anak, sehingga anak tetap bisa menganggap orang tuanya sebagai teman. Tentunya tanpa mengurangi ajaran tentang etika ya Bu. 

Hal ini, dilakukan oleh Donna dan Darius karena keduanya tidak ingin terkesan selalu memerintah anak-anaknya. Sebab, dikhawatirkan hal tersebut malah bisa membuat anak jadi membangkang.

6. Memberikan landasan agama ala Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu

Photo source: Instagram @teukuwisnu

Kalau Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu dikenal, selalu mengajarkan halal dan haram terhadap segala hal yang dilakukan anak-anaknya. Shireen juga belakangan banyak mendapat pujian, karena kesabarannya dalam mengajarkan Adam saat mulai makan dan bersyukur.

Shireen bahkan mengaku, jarang sekali marah pada anak-anaknya. Ia cenderung lebih suka menasehati dengan dasar landasan agama, agar si kecil merasa lebih takut jika melanggar sebuah aturan. 

7. Blak-blakan pada anak ala Melaney Ricardo

Photo source: Instagram @melaney_ricardo

Melaney Ricardo dikenal sebagai presenter yang memiliki darah Batak. Di mana mereka yang berdarah Batak cukup dikenal dengan ketegasan dan sikap blak-blakannya dalam mengasuh anak.

Begitupun yang dilakukan oleh Melaney dan sang suami. Gaya parenting Melaney Ricardo dalam mengasuh kedua buah hatinya, Chloe dan Chourage cenderung sangat blak-blakan.

Hal ini dilakukan Melaney semata-mata demi melatih mental mereka. Karena bagi Melaney, anak-anak Gen Z zaman sekarang membutuhkan sikap blak-blakan dan saling terbuka, agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas di sekolahnya.

8. Membiarkan anak belajar melalui pengalaman ala Raisa dan Hamish Daud

Photo source: Instagram @raisa6690

Raisa dan Hamish Daud terbilang sukses membesarkan putrinya Zalina Raine Wyllie. Anak semata wayang mereka ini tumbuh menjadi anak yang penuh simpati dan sangat perhatian.

Rasia juga mendedikasikan waktunya untuk full menjadi Ibu buat Zalina tanpa baby sitter, meski di tengah kesibukannya sehari-hari. Tumbuh kembang Zalina juga terlihat sangat positif.

Hamish pun senantiasa selalu mengambil peran dalam mendidik Zalina. Keduanya juga membebaskan Zalina untuk belajar dari lingkungan dan pengalamannya, untuk bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Hamish bahkan juga menjadi sosok Ayah yang lebih senang jika Zalina berani kotor dan jatuh, agar sang anak bisa memetik pelajaran dari kegagalan yang mungkin ia alami saat belajar. 

9. Membiarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri jika bertengkar, ala Sheila Marcia 

Photo source: Instagram @itssheilamj

Yup, Ibu yang bergaya cool ini membiarkan semua anaknya menyelesaikan masalah yang terjadi di antara mereka. Jadi ketika anak-anak Sheila Marcia bertengkar, Sheila membiarkan agar anak-anaknya mampu belajar dan menyelesaikan segala masalah yang tengah mereka hadapi sendiri.

Tujuannya agar anaknya bisa introspeksi diri dan menjadi lebih dekat. Ia pun tak segan menjadi penengah dan memberikan solusi, apabila anak-anaknya tidak mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Istri dan Dimas Akira ini, juga membatasi gadget pada anak-anaknya. Ia dan suami lebih suka mengajak anak-anak bermain di luar untuk meningkatkan bonding.

10. Mengajarkan privasi tubuh ala Zaskia Adya Mecca 

Photo source: Instagram @zaskiadyamecca

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca, juga menjadi salah satu artis yang memiliki gaya parenting unik yang bisa ditiru. Sejak anak-anaknya masih kecil, Zaskia dan Hanung kompak mengajarkan tentang edukasi seks dan privasi tubuh.

Bahkan, kedua anak perempuannya sudah diberikan pendidikan seks soal tubuh utamanya area intim, sejak mereka berusia balita, lho! Selain itu, baik Zaskia dan Hanung juga percaya bahwa edukasi seks dini ini nggak lepas dari peran kedua orang tua, terutama sang Ayah yang selalu ingin membersamai tumbuh kembang anak-anaknya.