Keluarga

Ingin Hidup Damai Bertetangga? Ini Tips Rukun Dengan Tetangga!

Ingin Hidup Damai Bertetangga? Ini Tips Rukun Dengan Tetangga!

Hidup rukun dan damai dengan tetangga bisa jadi merupakan dambaan tiap orang yang sudah berumah tangga maupun belum. Hidup rukun dengan tetangga juga sangat menguntungkan bagi kamu lho Bu.

Misalnya saja, kamu jadi punya teman dan koneksi baru di lingkungan tempat tinggal. Apalagi jika kamu dan tetangga sangat klop dan nyambung saat ngobrol berbagai hal.

Sayangnya nggak semua orang bisa hidup rukun dengan tetangga ya Bu. Ada saja kendala tipe tetangga yang harus mereka hadapi seperti; tetangga tukang gosip, tetangga toxic dan lain sebagainya.

Hal ini justru membuat kamu jadi tidak nyaman tinggal di lingkunganmu. Padahal kamu sangat menginginkan punya tetangga yang rukun agar tercipta rasa kebersamaan, toleransi, kepedulian, dan persatuan.

Tapi ada juga lho tetangga yang justru sangat perhatian dengan tetangga di sekitar lingkungan tempat tinggalnya layaknya keluarga sendiri. Sehingga tak jarang hal ini membuat kita betah tinggal di rumah. Nah, untuk itu berikut adalah tips rukun dengan tetangga yang perlu kamu ketahui.

Mengapa kita harus rukun dengan tetangga 


Pandemi bukanlah penghalang bagi kita untuk tetap hidup rukun dengan tetangga ya Bu. Kita tetap bisa saling tegur sapa dan menanyakan kabar meskipun dari jarak yang jauh. Sebab hidup rukun dengan tetangga ternyata memiliki banyak manfaat.

Melansir Psychology Today berdasarkan penelitian tahun 1976 di Amerika Serikat menunjukkan, beberapa masyarakat di lingkungan perumahan pinggir kota mengalami masa kejayaan persahabatan bertetangga. Penelitian ini sekaligus mengajarkan kita tentang bagaimana dan mengapa hubungan dengan tetangga penting untuk dijalin dengan baik.

Bahkan dalam penelitian tersebut terdapat sebuah data yang menunjukan 409 orang janda berusia 65-85 dianalisis lebih memilih untuk tinggal sendiri meski anak-anaknya sudah pisah rumah. Hal yang paling mengejutkannya lagi, mereka merasa lebih sejahtera secara sosial meski tinggal sendiri tanpa anak.

Sebab, mereka menjalin persahabatan yang cukup erat dengan para tetangga sehingga tingkat kesepian dan kekhawatiran yang mereka rasakan lebih rendah. Mereka juga merasa lebih dihormati di dalam lingkungannya ketimbang dengan anaknya sendiri.

Dengan kata lain, penelitian ini menunjukkan bahwa kenalan dan persahabatan dengan tetangga lebih efektif dalam meningkatkan kesejahteraan para orang tua. Apalagi hal ini berdasarkan pada kedekatan, minat bersama, dan pilihan gaya hidup yang sama.

Manfaat hidup rukun dengan tetangga


Manfaat lain hidup rukun dengan tetangga adalah sebagai berikut:

  • Bisa terhindar dari konflik

Ketika kita hidup rukun, masyarakat dapat menerima dan memahami warga satu sama lain. Dampaknya dalam bertetangga adalah dapat terhindari pula dari kemungkinan adanya konflik.

  • Lingkungan terasa lebih aman

Manfaat hidup rukun dengan tetangga dapat membuat masyarakat menjadi saling peduli satu sama lain. Sehingga berdampak pada saling menjaga dan membuat lingkungan terasa lebih nyaman dan aman.

  • Muncul sikap toleransi yang tinggi

Tiap manusia tentu memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Misalnya saja perbedaan keyakinan yang biasanya sangat sensitif bagi masyarakat Indonesia.

Saat kita memiliki hubungan yang baik dengan tetangga maka otomatis juga akan meningkatkan rasa toleransi kita. Toleransi yang tinggi dapat membuat hubungan antar tetangga sangat kuat, tidak akan mudah terkena isu, bahkan isu yang bersifat sensitif sekalipun.

  • Punya keluarga baru

Ketika kita hidup jauh dari keluarga maka hidup rukun dengan tetangga dapat membuat kita seolah memiliki keluarga baru. Apalagi jika tetangga kita sangat menyenangkan diajak berdiskusi dan berbagi keluh kesah selama di perantauan.

  • Hidup jadi tenang dan sejahtera

Ketika hubungan dengan tetangga lebih baik dan rukun maka otomatis kehidupan kita terasa lebih nyaman, harmonis, saling menjaga dan saling menolong. Terutama apabila salah satu keluarga sedang tertimpa masalah. Hidup rukun dalam bertetangga akan membuat rasa nyaman, bahagia serta sejahtera.

Tips rukun dengan tetangga


Ternyata ada banyak cara hidup rukun dengan tetangga yang bisa kamu lakukan lho Bu. Melansir Oh My Home berikut adalah tips rukun dengan tetangga yang bisa kamu coba:

1. Kenali tetanggamu

Ketika kamu baru pindah dari suatu lingkungan ke lingkungan baru, tak ada salahnya memperkenalkan diri ke tetangga dengan membagikan beberapa makanan. Sering-seringlah bertegur sapa walau hanya bertemu sebentar, agar kamu semakin mengenali tetangga sekitar rumah.

2. Jangan ragu bantu tetangga yang sedang kesulitan

Misalnya saja saat kamu melihat seorang nenek yang merupakan tetanggamu sedang berjalan membawa beberapa kantong belanjaan, tak ada salahnya jika kamu menghampiri dan menawarkan bantuan. Ini merupakan hal sederhana namun sangat berarti bagi sebagian orang.

3. Upayakan agar meminimalisasi kebisingan

Tinggal dengan tetangga yang jarak rumah yang cukup dekat membuat apapun yang kita lakukan mungkin saja terdengar. Misalnya saat hendak menonton televisi, upayakan agar tidak menyetel volume terlalu keras atau jangan mendengarkan musik terlalu keras hingga tetangga lain bisa mendengar. 

Tujuannya agar tidak mengganggu tetangga lain di sekitar kita.

4. Tanggung jawab terhadap hewan peliharaan kita

Tips rukun dengan tetangga yang selanjutnya ini seringkali kita abaikan. Yup, tiap pemilik hewan peliharaan harus memiliki tanggung jawab akan hewan peliharaannya.

Pastikan untuk membersihkan kandang atau kotoran hewan di sekitar lingkungan rumah. Agar tetangga merasa nyaman dan tidak terganggu terutama jika kotoran hewan menimbulkan bau. Jaga pula hewan peliharaanmu agar tidak mengganggu tetangga seperti menggonggong dan lain sebagainya ketika bertemu tetangga lain.

5. Ikut serta dalam kegiatan di lingkungan

Tips rukun dengan tetangga yang satu ini nggak boleh terlewatkan ya Bu. Misalnya saja ketika ada kegiatan kerja bakti dan jaga malam, ada baiknya jadilah tetangga yang baik dan selalu ikut serta dalam kegiatan apapun yang diadakan di lingkungan kita.

6. Jadilah relawan bagu tetangga

Sekecil apapun peranmu misalnya mengantar tetangga yang sedang sakit ke rumah sakit atau mengantarkan makanan ke tetangga yang sedang kekurangan sangat penting dilakukan. Hal ini juga merupakan tips rukun dengan tetangga yang nggak boleh dilewatkan. Ingat, saat kamu menjadi relawan maka kamu juga harus ikhlas dalam melakukan tugas tersebut ya Bu!.

7. Kelola perselisihan antar tetangga dengan baik

Perselisihan dengan tetangga memang tidak bisa dihindarkan. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa dicegah ya Bu. 

Tapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menanganinya seperti; melakukan pendekatan ke tetangga dengan cara yang tepat, tetap bersikap sopan dan tenang serta jangan ragu mengucapkan rasa terima kasih dan kata maaf.

Nah, itu tadi adalah tipa rukun dengan tetangga dan manfaat rukun dengan tetangga yang bisa kamu ketahui. Jadi sekarang nggak perlu ragu lagi buat bersosialisasi dengan tetangga di sekitarmu kan, Bu?

Editor: Dwi Ratih