Keluarga

Ingin Mendonasikan Barang Bekas? Ini 17 Rekomendasi Tempatnya!

Ingin Mendonasikan Barang Bekas? Ini 17 Rekomendasi Tempatnya!

Mendonasikan barang bekas dapat mendatangkan manfaat baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Selain dapat memberikannya pada orang yang membutuhkan, Ibu bisa juga mendonasikan barang bekas pada penadah barang bekas yang sudah banyak berkembang di Indonesia seperti ini.

Pada umumnya, setiap keluarga di Indonesia pasti sering melakukan decluttering atau merapihkan isi lemari minimal setahun sekali atau bila diperlukan. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti akan memiliki pakaian baru, yang akan menggantikan pakaian lama bukan?

Melansir dari laman Oxfam, sebuah lembaga amal resmi yang berada di Inggris, mendonasikan barang bekas dinilai lebih bermanfaat untuk banyak orang daripada hanya membuangnya saja. Faktanya, setiap tahun di Inggris ada sekitar 300,000 ton pakaian dibuang di tempat pembuangan sampah begitu saja tanpa ada solusinya.

Tips sebelum mendonasikan barang bekas pada pihak lain


Sebelum mendonasikan barang bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setiap orang agar kegiatan ini menjadi lebih bermanfaat. 

  • Pastikan bahwa pakaian atau barang yang diberikan layak pakai

Melansir dari laman Washington Post, para ahli mengungkapkan bahwa, siapa saja yang akan mendonasikan barang bekasnya harus memikirkan kelayakan dari barang tersebut. Setiap orang berhak mendapatkan pakaian bekas yang masih layak pakai, jadi bila pakaian tersebut sobek atau berlubang, maka sebaiknya tidak perlu diberikan.

  • Hati-hati kepada penadah barang bekas

Melansir dari laman Eco Friend, sebelum memutuskan mendonasikan barang bekas, siapa saja harus lebih berhati-hati karena mungkin saja pakaian atau barang yang didonasikan bisa dijual kembali tanpa dilihat kelayakannya. Fakta dilapangan sudah sangat jelas, seringnya pakaian bekas akan dijual kembali dan dikirim ke Negara yang lebih miskin untuk menjadi bisnis di sana. Wah, perlu waspada nih Bu!

  • Cuci dulu barang yang akan didonasikan

Kembali lagi pada kelayakan barang sebelum didonasikan, karena siapapun boleh mengenakan barang yang bersih dan pantas pakai. Pastikan dulu barang yang akan diberikan benar-benar masih layak, demi menjaga hubungan baik kepada sesama.

  • Kenali barang apa saja yang dapat didonasikan

Kira-kira barang apa saja yang dapat dijual atau diberikan kepada pihak lain? Sebelum mendonasikan barang bekas, berikut ini adalah beberapa barang yang bisa diberikan dengan kondisi yang masih layak:

  1. Sampah kaca atau beling: dapat berupa botol, gelas, toples kaca, piring, hingga wadah skin care yang sudah habis
  2. Logam atau metal: berupa wadah kaleng bekas atau kemasan makanan minuman yang sudah habis
  3. Barang elektronik: rice cooker, TV, kulkas, komputer, kamera, dsb
  4. Sepatu, pakaian, atau aksesoris.

Masih ada jenis barang lain yang bisa didonasikan, asalkan masih bisa digunakan dengan baik. Mendonasikan barang bekas berarti, turut membantu setiap orang untuk hidup lebih layak dan lebih baik lagi.

Rekomendasi tempat penadah barang bekas di Indonesia


Masih bingung kemana harus mendonasikan barang bekas yang ada di rumah? Ibumin punya beberapa rekomendasinya:

1. Waste4Change

Waste4Change merupakan penadah barang bekas atau sampah yang didirikan tahun 2014 dan berpusat di daerah Bekasi. Visi dan misi utamanya adalah Indonesia bebas sampah, maka tak heran bila klien yang bekerjasama cukup banyak.

Website: https://waste4change.com/ 

Alamat: Kantor Waste4Change Vida Bumipala, Jl. Alun Alun Utara, RT.002/RW.001, Padurenan, Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat 17156.

No.telp: 0821-1110-0170

2. Rekosistem

Rekosistem merupakan sebuah Startup yang berfokus pada pengelolaan dan daur ulang limbah secara lebih optimal. Perusahaan ini juga telah banyak tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti Surabaya, Purwokerto, Bandung, dan Jakarta.

Startup ini juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir, mulai dari cara pengolahan hingga media seperti aplikasi handphone untuk memudahkan masyarakat menjangkau perusahaan ini. Tertarik mencobanya?

Website: https://rekosistem.com/ 

Alamat: Jalan Melawai XI No.56C, Jakarta Selatan

No.telp: 0821-3000-4070

3. Kamibox


Penadah barang bekas dan sampah ini punya satu jargon yang cukup unik, yaitu “Daur Ulang Sampahmu, Buat Sampah Jadi Berharga.” Cukup menarik bukan? Di sini, sampah-sampah yang Ibu kumpulkan juga ada harganya lho!

Website: https://kamibox.id/ 

Alamat: Jl. Puri Kembangan No.21, RT.11/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

No.telp: 0812-1200-5825

4. Rebricks

Rebricks akan membantu merubah barang plastik yang tidak sesuai atau tidak lolos quality control, menjadi bahan bangungan yang eco-friendly. Tujuan mendonasikan barang bekas di sini adalah, agar plastik yang tak lolos kualitas ini tidak menjadi sampah yang meresahkan dan mencemari lingkungan.

Website: https://rebricks.id/about 

Alamat: Jl. Ciputat Raya No.79, RT.5/RW.6, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310.

No.telp: 0899-0750-022

5. Jelantah4Change

Tahukah Ibu kalau mendonasikan barang bekas bisa berupa minyak jelantah? Limbah bekas rumah tangga seperti minyak jelantah, ternyata juga bisa mencemari lingkungan dan perlu penanganan lebih intensif.

Jelantah4Change merupakan sebuah komunitas yang berfokus pada penanganan limbah minyak jelantah atau minyak goreng bekas.

Media sosial: https://www.instagram.com/jelantah4change/ 

Alamat: Perum WIKA, Blk. D2 - D3 No.5, RT.15, Gn. Samarinda, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76125

6. Rubah Kertas


Tumpukan sampah kertas menjadi lebih bermanfaat kalau Ibu mendonasikan barang bekas ini melalui layanan Rubah Kertas. Melalui layanan ini, kertas biasa dapat memiliki nilai seni yang tinggi, dan dibuat oleh tangan-tangan yang piawai. Kemudian dapat dijual kembali dengan kualitas yang baik.

Media sosial: https://www.instagram.com/rubahkertas/ 

E-mail: rubahkertas@gmail.com

7. Sayapilihbumi

Pengolahan sampah, memang biasanya bertujuan untuk menjaga bumi supaya dapat bernapas lebih lama lagi. Salah satu tempat yang pas untuk bergabung dan turut menjaga bumi kita adalah Sayapilihbumi. Mereka juga bisa dihubungi melalui dm Instagram lho.

Media sosial: https://www.instagram.com/sayapilihbumi/ 

8. EwasteRJ

Ibu dapat juga mendonasikan barang bekas supaya menjadi barang yang lebih berharga dan bermanfaat melalui organisasi EwasteRJ. Salah satu sampah yang bakalan diterima adalah, sampah elektronik seperti handphone, baterai, keyboard komputer, dan masih banyak lagi.

Media sosial: https://www.instagram.com/ewasterj/ 

9. Bank Sampah Bersinar

Melansir dari website resminya, Bank Sampah Bersinar merupakan sebuah tempat yang menyediakan layanan berbasis edukasi, inovasi, dan jasa pengelolaan sampah bagi masyarakat. Lembaga ini juga rupanya sudah banyak menorehkan prestasi lho.

Website: https://www.banksampahbersinar.com/ 

Alamat: Jl.Terusan Bojongsoang No.174A. Kec.Baleendah, Kab.Bandung. Jawa Barat 40375

No.telp: 0851-8686-1856 (WA CS 1) ; 0813-3331-8856(WA CS 2) ; 022-5946942 (Telepon)

10. Bank Sampah Digital


Bank Sampah Digital memiliki visi terciptanya lingkungan yang lestari dan masyarakat sejahtera tahun 2045. Bank sampah ini terhitung sudah memiliki nasabah sebanyak 3,905 nih.

Website: https://www.banksampahdigital.com/ 

Alamat: Perumnas Ciracas Blok B RT/RW 04/03, Serang, Banten

No.telp: 0895-0941-1140

11. Zero Waste Indonesia

Zero Waste Indonesia merupakan layanan one-stop solution platform tentang gaya hidup mengurangi sampah, dan mengolahnya supaya ekosistem tetap terjaga dengan baik. Platform ini juga sudah menjalin kerjasama dengan para penadah barang bekas lainnya.

Website: https://zerowaste.id/ 

12. Komunitas Pilah Sampah

Komunitas ini mengajak seluruh masyarakat yang ada di rumah untuk memilah sampahnya, dan mendonasikan barang bekas yang ada. Komunitas ini sudah ada sejak Juni 2020, uniknya mereka juga menangani sampah minyak jelantah, lho!

Media sosial: https://www.instagram.com/pilahsampah/ 

13. Beli Jelantah

Limbah minyak jelantah di Indonesia ini ternyata cukup banyak, dan sangat beresiko merusak lingkungan terutama lautan. Melalui komunitas Beli Jelantah ini, minyak yang sudah tidak dipakai tersebut dapat diolah menjadi biofuel yang sangat bermanfaat.

Website: https://www.belijelantah.com/ 

Alamat: Rukan Exclusive Radin Inten, Jakarta Timur - Indonesia

No.telp: 0812-8509-2806

14. Rapel Indonesia


Melansir dari laman resmi Rapel Indonesia, Rapel merupakan sebuah aplikasi pengelolaan sampah di bawah naungan PT Wahana Anugerah Energi, yang sudah berdiri sejak April 2019. Rapel sendiri sudah berkembang pesat mulai dari Yogyakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Surakarta, Surabaya, hingga Bali.

Website: https://www.rapel-id.com/ 

Alamat: Karawaci Office Park Blok D/36. Lippo Karawaci, Tangerang 15113

15. Tzu Chi Indonesia

Tzu Chi Indonesia, merupakan Yayasan atau Lembaga sosial kemanusiaan yang didirikan oleh Master Cheng Yen pada tahun 1966 dan berpusat di Hualien, Taiwan. Lembaga ini sudah banyak bergerak dalam berbagai bidang, salah satunya pelestarian lingkungan untuk mengurangi pemanasan global.

Website: https://www.tzuchi.or.id/ 

16. Lemari Buku Buku

Bagi Ibu yang ingin mendonasikan barang bekas berupa buku, bisa langsung menghubungi Lemari Buku Buku nih. Setiap donasi buku yang diberikan akan mendapatkan sebuah gambar seni yang cantik secara gratis.

Instagram: https://www.instagram.com/lemaribukubuku/ 

17. Jagatera

Mengusung jargon “Ahlinya BBeres Indonesia”, Jagatera melayani berbagai macam pengelolaan sampah spesifik, barang-barang yang besar, atau barang tak terpakai lainnya. Ingin sampah tak terpakai beres seketika? Yuk hubungi Jagatera!

Instagram: https://www.instagram.com/jagatera.id/ 

Editor: Aprilia