Keluarga

Jangan Asal Pilih, Ini Bedanya Physical Sunscreen Dan Chemical Sunscreen

Jangan Asal Pilih, Ini Bedanya Physical Sunscreen Dan Chemical Sunscreen

Di cuaca terik dan udara yang panas seperti belakangan ini, para ahli mengatakan pentingnya menggunakan sunscreen dan melakukan re-apply sunscreen tiap 2 jam sekali. Tujuannya tak lain, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih.

Terutama bagi mereka yang melakukan aktivitas di luar ruangan. Tapi, nggak banyak yang tahu, ternyata terdapat dua jenis sunscreen yang umum digunakan yaitu, physical sunscreen dan chemical sunscreen.

Selain memiliki tekstur yang berbeda, sebenarnya kedua jenis sunscreen ini juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, yang jelas penggunaannya harus disesuaikan dengan jenis kulit.

Untuk itu, yuk ketahui lebih jelas mengenai perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen dalam ulasan berikut.

Apa itu sunscreen?


Sunscreen sejatinya merupakan sebuah krim tabir surya, yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya/paparan sinar UVA maupun UVB. Kita tahu bahwa paparan sinar UV setiap hari, bisa menimbulkan banyak masalah bagi kulit, salah satunya kanker.

Meskipun hanya beraktivitas di dalam rumah, nyatanya kulit kita tetap bisa terpapar cahaya matahari dan juga blue light dari gadget yang kita miliki. Sehingga, menggunakan sunscreen sebaiknya dilakukan setiap hari, meski tidak bepergian ke luar rumah sekalipun.

Lalu siapa saja yang perlu menggunakan sunscreen? Para ahli dari American Academy of Dermatology Association mengungkapkan, semua orang perlu menggunakan sunscreen. Tak terkecuali bayi dan balita.

Mengingat bahaya sinar UV, termasuk kanker bisa menjangkiti siapapun, tak peduli berapa usianya, jenis kelamin, atau warna kulit. Penggunaan sunscreen yang tepat, juga dapat membantu mencegah tanda penuaan kulit dini, seperti timbulnya kerutan dan bintik-bintik halus, yang disebabkan oleh kulit yang terlalu banyak terpapar sinar UV.

Mengenal jenis-jenis sunscreen


Para ahli memaparkan, sejauh ini terdapat dua jenis sunscreen yang biasa digunakan oleh masyarakat yaitu, physical sunscreen dan chemical sunscreen. Dikutip dari Healthline menurut Dr. Nananamibia Duffy, MD, spesialis kulit dari Rochester Regional Health, perbedaan utama antara dua jenis tabir surya ini terletak pada cara mereka memblokir sinar matahari.

Physical sunscreen adalah, tabir surya yang juga dikenal dengan nama mineral sunscreen, yang dapat membentuk lapisan fisik untuk menghalau paparan sinar UV. Terdapat bahan aktif yang terdapat dalam sunscreen jenis ini, salah satunya zinc oxide dan titanium dioxide.

Sedangkan chemical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja seperti spons dan mudah menyerap ke kulit. Sunscreen jenis ini, akan mengubah sinar UV menjadi panas dan dapat menghalau agar tidak dapat menembus kulit.

Lebih jelas mengenai perbedaan keduanya


Selain berbeda cara kerjanya, physical sunscreen dan chemical sunscreen ternyata juga punya banyak perbedaan lainnya, lho! Berikut Ibumin jabarkan mengenai perbedaan physical sunscreen dan chemical sunscreen lebih mendalam, agar Ibu nggak salah pilih.

  • Physical sunscreen

Physical sunscreen ternyata juga akrab dikenal dengan sebutan sunblock. Sunscreen jenis ini bekerja dengan memberikan perlindungan spektrum luas dengan memantulkan radiasi UV dari kulit.

Physical sunscreen juga membantu menangkal kerusakan kulit akibat sinar UVA, termasuk hiperpigmentasi dan kerutan. Physical sunscreen juga dapat membantu menghalangi sinar UVA yang masuk melalui jendela rumah, yang dapat menyebabkan pigmentasi dan kerusakan kolagen.

Kebanyakan physical sunscreen diformulasikan dengan zinc oxide dan titanium dioxide. Menurut Food and Drug Administration (FDA) kedua bahan ini dianggap aman digunakan sebagai bahan utama pembuatan sunscreen.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah physical sunscreen cocok untuk kulit apa, ya? Menurut Dr. Elizabeth Hale, MD dari Skin Cancer Foundation physical sunscreen sejatinya aman digunakan semua jenis kulit. Namun, sunscreen jenis ini paling direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat.

Physical sunscreen juga nggak akan menyumbat pori-pori dan jarang menyebabkan iritasi. Namun, sunscreen jenis ini bisa meninggalkan white cast dan memiliki tekstur yang cenderung berat dan lengket.

  • Chemical sunscreen

Lalu, apa itu chemical sunscreen? Chemical sunscreen biasanya dikenal dengan nama sunscreen yang lebih mudah menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas. Sunscreen jenis ini lebih mudah menyerap di kulit.

Bertekstur ringan dan nggak lengket di kulit. Saat ini, chemical sunscreen bahkan ada yang berbentuk seperti gel dan tidak meninggalkan white cast.

Terdapat pula bahan aktif di dalamnya seperti avobenzone, oxybenzone, octinoxate, dan octisalate. Sayangnya, dibandingkan dengan jenis lainnya chemical sunscreen, bersifat comedogenic dan rentan menyebabkan timbulnya jerawat, serta perlindungan UV yang kurang maksimal. 

Tips memilih sunscreen yang tepat


Setelah mengetahui perbedaan physical sunscreen dan chemical sunscreen, Ibumin punya tips penting yang berguna untuk membantu Ibu memilih sunscreen yang tepat. Dikutip dari Byrdie yuk simak tips berikut:

  • Hindari bahan-bahan yang mengandung parfum dan chemical lainnya
  • Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit dengan formula dan bahan yang tepat. Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, chemical sunscreen bisa jadi pilihan
  • Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Makin tinggi SPFnya maka semakin efektif dalam melindungi dari bahaya sinar UV
  • Lakukan reapply sunscreen minimal 2 jam sekali
  • Pilih sunscreen yang dilengkapi dengan perlindungan broad spectrum (mengandung SPF, yang melindungi dari sinar UVB dan protection grade of UVA (PA), serta melindungi kulit dari sinar UVA)
  • Oleskan sunscreen secara merata 20 menit sebelum beraktivitas, atau gunakan setelah mandi
  • Pastikan sunscreen nggak menimbulkan white cast yang dapat menimbulkan warna kontras di kulit
  • Pilih sunscreen dengan tekstur yang nyaman di kulit
  • Jika ingin menggunakan make up setelahnya, pastikan make up tersebut tidak mengandung SPF agar tidak menimbulkan perlindungan yang berlebihan di kulit
  • Pilih bentuk sunscreen spray atau stick untuk mempermudah melakukan re-apply.

Itu tadi adalah ulasan mengenai perbedaan physical sunscreen dan chemical sunscreen. Nah, diantara physical sunscreen dan chemical sunscreen, mana yang jadi pilihan untuk tipe kulit Ibu saat ini? Pastikan memilih sunscreen yang tepat ya Bu.