Keluarga

Jangan Panik! Ketahui 4 Cara Menyelamatkan Diri Dari Gempa Bumi

Jangan Panik! Ketahui 4 Cara Menyelamatkan Diri Dari Gempa Bumi

Gempa yang terjadi di Cianjur pada Senin 21 November 2022 kemarin, jelas meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Banyaknya korban meninggal yang berjatuhan, membuat kita harus paham bagaimana cara menyelamatkan diri dari gempa bumi.

Sebab, di luar negeri seperti Jepang edukasi mengenai cara menyelamatkan diri dari gempa bumi ini, sudah dilakukan bahkan di sekolah-sekolah anak usia dini atau taman kanak-kanak. Yup! Jepang adalah salah satu negara yang bisa dibilang ‘langganan’ gempa.

Sehingga pemerintahnya mewajibkan edukasi mengenai cara menyelamatkan diri dari gempa bumi. Padahal banyak bangunan di Jepang yang sudah dibuat dengan teknologi anti gempa.

Belajar dari negeri tetangga, masyarakat Indonesia juga nggak boleh kalah dalam belajar tentang edukasi cara menyelamatkan diri dari gempa ya, Bu! Hal ini juga bisa kita tanamkan sedini mungkin pada si kecil. Yuk kita simak cara menyelamatkan diri dari gempa berikut ini!

Persiapan sebelum menyelamatkan diri dari gempa


Dikutip dari website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara keseluruhan kita perlu memahami cara mengantisipasi sebelum terjadi gempa terlebih dahulu. Baru kemudian, kita bisa mempraktekkan cara menyelamatkan diri dari gempa bumi.

Nah, kunci utamanya adalah ada baiknya kita perlu mengenali terlebih dahulu apa yang disebut gempa bumi. Pastikan bahwa struktur dan letak rumah kamu sudah tepat untuk terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi seperti; longsor, liquefaction, banjir bandang dan lain sebagainya.

Kemudian, kamu bisa mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan rumah. Supaya terhindar dari bahaya gempa bumi yang datangnya tidak terduga. Berikut ini adalah tahapan persiapan sebelum menyelamatkan diri dari gempa bumi yang wajib kamu ketahui:

  • Persiapan jika berada di tempat kerja

Cara menyelamatkan diri dari gempa bumi saat berada di tempat kerja ataupun gedung bertingkat, yang juga wajib kamu tahu adalah dengan mengetahui letak pintu darurat, lift serta tangga darurat. Ketika berada di gedung bertingkat, biasanya lift akan dimatikan dan kita diminta untuk turun ke lantai dasar menggunakan tangga darurat.

Kamu juga wajib tahu, tempat paling aman untuk berlindung jika berada di kantor. Kamu juga wajib belajar melakukan P3K, menggunakan alat pemadam kebakaran serta mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

  • Persiapan di dalam rumah

Penting untuk diketahui, gempa bumi sejatinya tidak bersifat melukai manusia. Namun, biasanya penyebab celaka yang paling banyak saat gempa terjadi adalah akibat kejatuhan material bangunan.

Untuk itu, usahakan atur dan letakkan benda yang berat berada pada bagian bawah lantai rumah.   Cek kestabilan benda yang tergantung yang berisiko jatuh pada saat gempa terjadi, misalnya kipas gantung, lemari atau lampu.

Usahakan agar perabotan layaknya lemari, kabinet, atau kitchen set diatur menempel pada dinding serekat mungkin. Hal ini berguna untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa.

Kamu juga wajib menyimpan bahan atau perabotan rumah yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah, agar terhindar dari kebakaran. Selalu matikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

Cara menyelamatkan diri dari gempa bumi


Sebenarnya cara menyelamatkan diri dari gempa bumi cukup mudah dilakukan. Namun, ketika gempa terjadi banyak orang sering melupakan ilmu ini, karena terlanjur panik.

Melansir Center for Disease Control and Prevention pada prinsipnya, menyelamatkan diri dari gempa bumi ada 3 tahapan, yaitu

  • Menunduk dan cari tempat berlindung. Posisi ini dapat melindungi kamu dari kemungkinan kejatuhan reruntuhan bangunan, namun tetap memungkinkan kamu untuk bergerak jika diperlukan.
  • Lindungi kepala dan leher. Tempat perlindungan terbaik ketika berada di dalam ruangan adalah menunduk, melindungi kepala dan leher dan berlindung di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekatnya, turunlah di dekat dinding bagian dalam atau di samping furnitur rendah yang tidak akan menimpa kita, dan selalu tutupi kepala dan leher dengan lengan.
  • Berpegangan pada tempat berlindung sampai guncangan berhenti.

Sementara itu mengutip BPBD Bogor berikut ini adalah 5 cara menyelamatkan diri dari gempa bumi yang bisa kamu lakukan:

1. Cara menyelamatkan diri dari gempa bumi saat di dalam rumah

  • Menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari, atau furnitur besar lainnya yang sekiranya bisa lebih mudah terjatuh
  • Segera matikan kompor di dapur, kalau perlu cabut gas yang tersambung ke kompor
  • Segera keluar dari rumah saat terjadi gempa bumi.

2. Cara menyelamatkan diri dari gempa bumi saat berada di kantor atau gedung bertingkat

  • Segera keluar dari gedung
  • Menjauh dari jendela dan dinding luar yang berlapiskan kaca
  • Turun ke lantai dasar dengan menggunakan tangga darurat.

3. Cara menyelamatkan diri saat gempa saat di luar ruangan

  • Sebisa mungkin jauhkan diri dari gedung, bangunan rumah, kabel listrik, lubang pembuangan, dan saluran bahan bakar dan gas. Sebab, guncangan gempa dapat berisiko menyebabkan bangunan rubuh
  • Usahakan untuk tetap berada di area terbuka jauh dari pepohonan dan tiang listrik
  • Jauhi area jendela dan bagian bangunan lainnya karena rawan runtuh akibat gempa.

4. Cara menyelamatkan diri saat gempa di dalam mobil

  • Jauhi persimpangan, parkirkan mobil jauh dari tiang listrik, pepohonan maupun basement gedung
  • Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi, seperti bukit dan bangunan tinggi.