Keluarga

Ketahui Risiko Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mengajak Anak Nonton Bioskop

Ketahui Risiko Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Mengajak Anak Nonton Bioskop

Akhir pekan ini berencana mengajak anak nonton bioskop? Tapi, sebelum itu ketahui terlebih dahulu ya Bu apa saja syarat yang perlu diperhatikan saat membawa anak ke bioskop. Sebab, nggak semua anak bisa diajak ke tempat tersebut, lho!

Apalagi jika usia anak masih di bawah 5 tahun, yang notabene memiliki pendengaran yang sangat sensitif. Mengingat, suara di dalam bioskop sangat kencang dan bisa mengganggu kenyamanan mereka.

Nggak hanya itu, bahkan menurut menurut American Academy of Pediatrics (AAP) tingkat kebisingan yang melebihi 50 desibel dapat berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran pada anak di bawah 5 tahun. Lalu berapakah tingkat kebisingan yang terjadi dalam bioskop?

Menurut American Speech-Language-Hearing Association (ASHA) tingkat kebisingan di dalam bioskop saat dengan menampilkan film action adalah 85 desibel. Jelas ini nggak baik buat si kecil ya, Bu! Nah, sebelum mengajak anak nonton bioskop ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini ya!

Mengapa sebaiknya tidak membawa bayi ke bioskop?


Melansir Parenting First Cry selain polusi udara yang terlalu bising, orang tua sebaiknya juga tidak membawa anak di bawah usia 5 tahun atau bayi karena, suasana bioskop yang gelap dan dingin. Hal ini dapat membuat bayi tidak nyaman karena tidak terbiasa dengan suhunya.

Kedua, bayi dapat dengan mudah tertular infeksi sehingga membawa bayi ke tempat umum seperti bioskop sangat berisiko. Apalagi, kita tidak tahu apakah orang yang duduk di sebelah kita sedang sakit atau tidak.

Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang kiranya wajib dipertimbangkan saat hendak membawa anak ke bioskop seperti berikut:

  • Karena bioskop memiliki suasana yang dingin dan gelap, si kecil mungkin merasa tidak nyaman dan mulai menangis. Meskipun Ibu berusaha menenangkan dengan membawanya keluar, tapi jika si kecil terus menangis, maka sebaiknya Ibu perlu mempersingkat waktu untuk menonton
  • Terkadang orang asing akan cenderung menyentuh si kecil, baik karena gemas ataupun alasan lainnya. Orang tua wajib berhati-hati dengan hal ini, sebab kita tidak tahu apakah orang asing tersebut dapat membawa virus ke tubuh anak atau tidak
  • Cari film yang durasinya lebih pendek. Usahakan jangan pilih film bergenre action atau thriller untuk menghindari suara bising yang terlalu besar
  • Pilih tempat duduk di dekat pintu keluar atau toilet, karena Ibu mungkin harus lebih banyak keluar ruangan lebih dari satu kali
  • Pilih waktu yang tepat untuk mengajak anak nonton bioskop. Usahakan hindari waktu akhir pekan, dan selalu pastikan film tidak diputar di jam tidur atau makan anak. Tujuannya agar suasana lebih sepi dan anak tidak mudah rewel.

Usia terbaik mengajak anak nonton bioskop


Sebenarnya usia 5 tahun dianggap usia yang tepat untuk orang tua membawa anak ke bioskop. Namun melansir Baby Center kebanyakan anak-anak di Amerika Serikat diperbolehkan di bawa ke bioskop saat usianya menginjak 2-3 tahun.

Sebab, di usia tersebut para ahli percaya bahwa anak sudah bisa diberikan pengertian mengenai film apa yang hendak ditonton. Bahkan ketika si kecil merasa ketakutan atau tidak nyaman, ia mungkin bisa mengatakan keluhan tersebut dengan cukup jelas.

Sehingga Ibu juga bisa memberikan pengertian mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan saat berada dalam bioskop. Pertanyaan yang si kecil lontarkan wajib dijawab oleh orang tua, supaya emosinya bisa teratasi dan Ibu bisa enjoy dengan film tersebut.

Meskipun dalam film tersebut ada karakter kartun yang harus meninggal dan membuat si kecil bertanya mengenai apa itu kematian. Hal ini jelas tidak apa-apa yang Bu. Cobalah untuk jawab pertanyaannya sebaik mungkin dalam bisikan dan katakan padanya Ibu akan menjelaskan lebih banyak saat film tersebut telah selesai.

Tips penting mengajak anak ke bioskop


Masih melansir Baby Center, sebelum mengajak anak ke bioskop, orang tua perlu memerhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Jangan berharap si kecil bisa duduk tenang saat film dimulai. Cobalah untuk tetap menenangkan si kecil dengan membawa snack favoritnya

2. Pastikan si kecil sudah benar-benar siap. Ibu bisa afirmasi jauh-jauh hari sebelumnya jika berencana mengajak anak nonton bioskop. Dengan cara ini, sedikit banyak anak jadi lebih tenang saat berada di dalam ruangan

3. Pilih film yang tepat sesuai usia anak. Sebaiknya hindari memilih film bergenre horor, action atau thriller yang membuat anak jadi tidak nyaman

4. Masuk ke dalam ruangan belakangan, dan keluar lebih dulu

5. Pilih lokasi bioskop yang dekat dengan rumah

6. Pilih jadwal film yang tidak mengganggu waktu tidur atau makan anak

7. Hindari memilih barisan kursi belakang

8. Selalu sediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan si kecil, mulai dari diaper, makanan dan juga minuman.