Keluarga

Kulkas Berbau? Intip 8 Cara menghilangkan bau kulkas Ini!

Kulkas Berbau? Intip 8 Cara menghilangkan bau kulkas Ini!

Menghadapi masalah kulkas berbau memang perlu diatasi dengan cara menghilangkan bau kulkas yang tepat. Bau kulkas bisa berasal dari mana saja. Bisa dari makanan yang sudah membusuk, makanan berbau tajam, atau suhu kulkas yang tidak tepat. 

Tips Menghilangkan Bau Kulkas

Lalu bagaimana ya cara menghilangkan bau kulkas? Cobalah beberapa tips berikut ini ya.

1. Bersihkan Kulkas Secara Rutin


Karena kulkas merupakan alat elektronik yang menyala terus menerus, menjaga kebersihan bagian dalam kulkas sama pentingnya dengan menjaga kebersihan bagian luarnya. Membersihkan kulkas setiap seminggu sekali sangat baik untuk mencegah dan mengatasi bau menyengat dan tidak sedap di kulkas. 

Membersihkan kulkas tidak hanya mengeluarkan semua isinya, ya. Tetapi juga mencuci setiap raknya dengan air dan sabun pencuci piring, lalu melap setiap bagian dalam kulkas dengan air dan sedikit cairan pembersih piring. 

Bila sudah dicuci, rak-rak kulkas dapat dipasang kembali dan kulkas jadi bersih. Jangan lupa untuk melapnya hingga kering ya. Kamu juga bisa menambahkan tahap desinfeksi menggunakan cairan desinfektan yang food grade.

2. Terapkan Food Preparation Secara Mingguan


Siapa sangka food preparation nggak hanya membantu kamu dalam menyingkat waktu memasak? Food preparation juga berguna untuk memutar stok makanan sebelum membuatnya busuk dan sekaligus melakukan pembersihan. 

Sehingga mau tidak mau, saat food preparation dilakukan, kamu akan mengeluarkan semua isi kulkas, memutarnya dengan stok baru, dan otomatis jadi membersihkan rak dan dinding bagian dalam kulkas. Ini ampuh sebagai cara menghilangkan bau kulkas.

3. Gunakan Wadah Kedap Udara


Masih menyimpan bahan makanan dengan kantong plastik dari pasar? Tinggalkan cara itu sekarang juga! Menyimpan bahan makanan dengan plastic hanya akan membuat pertumbuhan jamur lebih cepat, bahan makanan lebih cepat membusuk, dan bau tidak sedap mendominasi bagian dalam kulkas. 

Tetapi, jika kamu beralih ke wadah kedap udara, kamu bisa menurunkan potensi bau tidak sedap sampai hampir 90%. Selain itu, wadah kedap udara bukan hanya sebagai cara menghilangkan bau kulkas, tetapi juga menjaga kualitas bahan makanan yang kamu simpan. 

Pastikan juga kamu menyimpan makanan berbau menyengat seperti terasi, petis, tauco, ikan asin, durian, daun bawang, tauge ale, dan makanan menyengat lainnya dengan ditutup rapat ya.

4. Bersihkan Kulkas Dengan Baking Soda


Dilansir dari The Cleaner Home, baking soda merupakan bahan yang ampuh digunakan dalam cara menghilangkan bau kulkas secara alami. Daripada membersihkan kulkas dengan cairan multifungsi, sebaiknya gunakan baking soda. Karena hasilnya sama bersihnya tetapi aman bersentuhan dengan makanan. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

  • Keluarkan semua makanan;
  • Siapkan wadah berisi air, lalu larutkan ke dalamnya secukupnya baking soda;
  • Letakkan di dalam kulkas selama beberapa jam; dan
  • Jika masih berbau, taburkan baking soda langsung pada rak-rak kulkas dan diamkan 2 jam, lalu basuh dengan lap basah untuk membersihkan sisa baking soda.

5. Kombinasikan Baking Soda dengan Cuka


Ada tips lain nih sebagai cara menghilangkan bau kulkas, yaitu mengkombinasikan baking soda dan cuka. Bisa pakai cuka dapur biasa kok. Caranya, taburkan baking soda dan cuka langsung pada peralatan pembersih, yaitu lap atau sikat. Selain membersihkan, ini merupakan cara ampuh menghilangkan bau kulkas, lho. 

Nantinya setelah bersih, lap ulang dengan air sampai sisa baking soda dan cukanya hilang. Bahkan, kalau ingin menambahkan aroma wangi yang lembut, laman Aftermath menyarankan untuk mencelupkan kapas bola pada esen vanilla dan meletakkannya di dalam kulkas selama beberapa lama.

6. Gunakan Lemon


Cara menghilangkan bau kulkas yang satu ini terbilang cukup mudah. Karena kamu hanya perlu mengiris lemon dan meletakkan beberapa irisannya di dalam kulkas. Aroma lemon akan mengusir aroma tidak sedap di dalam kulkas. 

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan air perasan lemon ke semua permukaan dalam kulkas baik menggunakan kapas atau kain. Mudah bukan?

7. Atur Suhu Kulkas Dengan Tepat


Yup, pengaturan suhu juga berpengaruh dalam cara menghilangkan bau kulkas. Hal ini karena jika temperatur kulkas terlalu hangat, maka makanan akan cepat busuk. Selanjutnya akan muncul jamur dan membuat interior kulkas berbau.

8. Hindari Kapasitas Berlebihan


Seringkali bahan makanan atau sisa makanan hari sebelumnya menumpuk banyak. Atau mungkin kamu baru saja berbelanja bahan makanan diskon sehingga kulkasmu menjadi sangat penuh! Masalahnya adalah, kulkas dirancang untuk mendinginkan makanan dengan kapasitas tertentu. 

Jika kamu menyimpan bahan makanan lebih dari kapasitas kulkas, maka dinginnya kulkas tidak akan merata. Sehingga bahan makanan akan cepat busuk dan kulkas menjadi berbau. Daripada menyimpan sangat banyak bahan makanan, belanja dan simpanlah bahan segar secukupnya untuk satu minggu ke depan dan lakukan rotasi secara berkala.

Itulah cara menghilangkan bau kulkas yang bisa kamu coba di rumah. Mudah dan hemat, kan?

Editor: Dwi Ratih