Keluarga

Kumpulan Doa Naik Pesawat Terbang Agar Terhindar Dari Marabahaya

Kumpulan Doa Naik Pesawat Terbang Agar Terhindar Dari Marabahaya

Kecelakaan pesawat terbang yang baru-baru ini terjadi di negara China memang cukup menghebohkan publik. Pesawat dengan nama China Eastern Airlines MU5735 Boeing 737-800 itu membawa 132 orang, terdiri dari 123 penumpang dan 9 awak kabin.

Pesawat ini diketahui jatuh menukik di pegunungan dekat desa Molang, daerah otonomi Guangxi. Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab dari kecelakaan maut tersebut.

Namun yang jelas, kejadian ini tentu membuat seluruh orang di dunia menjadi prihatin sekaligus khawatir jika hendak bepergian menggunakan pesawat terbang

Karenanya, cara terbaik agar bisa menghindari kemungkinan adanya kejadian yang tidak diinginkan adalah dengan berdoa dan meminta perlindungan pada Allah SWT.

Selain itu dengan membaca doa naik pesawat terbang, ternyata juga dapat mengurangi kekhawatiran kita selama perjalanan di udara. Sehingga nantinya hati menjadi lebih tenang dan pasrah dengan segala takdir Allah SWT.

Kita pun jadi lebih bisa menikmati perjalanan tanpa rasa khawatir yang berlebihan. Mengingat kekuatan doa itu sangat penting  saat sedang dalam perjalanan, berikut adalah kumpulan doa naik pesawat terbang yang bisa kamu baca ketika hendak bepergian menggunakan pesawat.

Doa ketika hendak keluar rumah


Segala apapun yang hendak kita kerjakan pasti memiliki doa khusus. Termasuk ketika hendak keluar rumah dan berkendara.

Mengutip Muslimah Center berikut adalah bacaan doa ketika hendak keluar rumah dan diharapkan selamat dari berangkat hingga pulang kembali ke rumah:

‎بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘Alallahi, laa hawla wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.”

Doa ketika hendak berkendara 

Saat berkendara, baik menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara membaca doa merupakan sebuah hal yang penting dilakukan. Hal ini semata-mata bertujuan untuk meminta perlindungan dari Allah SWT atas segala kegiatan yang hendak kita lakukan, termasuk bepergian.

Melansir NU Online Imam Nawawi mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra ada satu doa berkendaraan khusus yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

‎الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna

Artinya: “Segala puji bagi Allah SWT yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

3. Setelahnya dianjurkan membaca Alhamdulillāh sebanyak 3 kali

4. Dilanjutkan dengan membaca Allāhu akbar sebanyak 3 kali

5. Kemudian membaca doa lanjutan sebagai berikut:

‎ سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta 

Artinya: “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

Doa naik pesawat terbang

Mengingat bagi sebagian orang, naik pesawat terbang merupakan hal yang cukup menegangkan untuk itu kita perlu lebih mengencangkan doa sebelum berangkat. Berikut adalah doa naik pesawat terbang yang bisa kamu baca sebelum pesawat hendak take off:

‎اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkan lah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Doa memohon ketenangan selama perjalanan 

Namun, ada kalanya ketika pesawat mengalami turbulensi yang cukup kencang terkadang membuat kecemasan yang kita alami naik berkali lipat ya Bu. Untuk menenangkan hati selama perjalanan di udara, berikut adalah lantunan doa lain yang bisa kamu baca untuk mengurangi kecemasan tersebut:

‎أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya:  “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebathilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Doa ketika mendarat dengan selamat di tempat tujuan


Setelah menempuh perjalanan udara yang cukup panjang, jangan lupa untuk bersyukur atas keselamatan yang diberikan oleh Allah SWT dengan membaca doa lanjutnya sebagai berikut ini ya Bu:

‎اَلْحَمْدُللهِ الَّذِيْ سَلَّمَنِيْ وَالَّذِيْ آوَانِيْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِيْ

Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii

Artinya: “Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Membaca doa naik pesawat terbang seperti yang disebutkan di atas menjadi sangat penting sebagai bentuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Membaca doa juga membuat kita merasa lebih tenang selama perjalanan.

Nggak hanya itu, membaca doa naik pesawat terbang juga bisa menghindari kita dari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk kecelakaan pesawat. Jadi, sebelum naik pesawat terbang jangan lupa selalu amalkan doa-doa yang sudah di sebutkan di atas ya Bu!

Editor: Dwi Ratih