Keluarga

Lebih Teliti! Beragam Merk Angciu Arak Masak Yang Haram Dikonsumsi

Lebih Teliti! Beragam Merk Angciu Arak Masak Yang Haram Dikonsumsi

Makan makanan ala Chinese food memang menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang. Restoran Chinese food identik dengan memasak menggunakan kuali atau wajan yang berukuran jumbo, di tambah dengan api yang besar.

Konon, hal inilah yang jadi salah satu kunci mengapa masakan di restoran Chinese food memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Namun, ada satu bumbu masakan khas Chinese food yang biasanya wajib digunakan yakni angciu arak masak.

Sayangnya, karena prosesnya dilakukan melalui fermentasi beras dan menghasilkan alkohol, membuat angciu arak masak sering dikatakan tidak halal bagi umat muslim. Meski begitu, masih banyak orang yang belum tahu, sehingga kegunaan angciu arak masak masih sering disalahartikan.

Padahal, ada banyak bahan pengganti angciu lainnya yang ternyata bisa menghasilkan rasa masakan yang sama enaknya, lho! Yuk, kita kenalan lebih dekat lagi dengan angciu arak masak, agar makanan yang kita makan tetap diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Apa itu angciu?


Photo source: Lazada

Melansir Taste of Home angciu adalah golongan wine atau anggur masak yang tersedia dalam beberapa varietas. Misalnya seperti angciu merah, putih dan manis.

Angciu sendiri berasal dari Tiongkok, ‘ang’ berarti merah, sementara ‘ciu’ berarti arak. Kebanyakan angciu arak masak dari sana, dibuat dengan fermentasi beras atau beras ketan.

Tapi, kalau di negara barat layaknya Amerika, Inggris dan sebagainya kebanyakan angciu mereka lebih dikenal dengan wine. Nah, pembuatan wine sendiri lebih banyak menggunakan fermentasi buah anggur.

Untuk penggunaannya sendiri, angciu untuk nasi goreng jelas sudah tidak asing lagi ya Bu, terutama di restoran Chinese food. Konon, penggunaan angciu arak masak ini bikin makanan jadi lebih wangi, gurih dan pastinya menggugah selera.

Angciu apakah halal?


Angciu arak masak dibuat melalui proses fermentasi yang panjang. Sehingga akan menghasilkan kadar alkohol yang cukup tinggi.

Jika dikutip dari Islam NU secara keseluruhan, segala bentuk makanan atau minuman yang menggunakan fermentasi buah, termasuk dalam golongan khamar, yang berpotensi memabukkan dan mengandung kadar alkohol tinggi. Sementara angciu arak masak, prosesnya kurang lebih juga menghasilkan kadar alkohol yang tinggi.

Sehingga, para ulama sepakat bahwa golongan khamar termasuk haram dikonsumsi oleh umat muslim. Meskipun penggunaannya mungkin hanya sedikit atau tidak sampai bikin kita jadi mabuk.

Hal ini tertuang dalam dua hadist sahih dari Imam Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni dengan dalil sebagai berikut:

‎عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ، وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ.  

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah bersabda, “Setiap yang muskir (memabukkan) adalah khamar, dan setiap yang muskir adalah haram.” (HR. Muslim)  

Selain itu ada juga hadits yang diriwayatkan Jabir bin Abdullah dalam Sunan Abu Dawud, Sunan at-Tirmidzi, konon Nabi bersabda:

‎ ما أسكر كثيره فقليله حرام...

Artinya: “Sesuatu (minuman) yang banyaknya dapat memabukkan, maka sedikitnya pun haram.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi)

Kesimpulan dari kedua hadist ini adalah, para pemuka agama bahkan Nabi sepakat bahwa minuman yang memabukkan itu haram. Tak peduli apapun jenisnya, berapapun kadarnya, serta apakah meminumnya sampai mabuk atau tidak.

Adakah pengganti angciu arak masak yang halal?


Mengingat angciu arak masak tergolong sebagai bahan masakan yang haram bagi umat muslim, lantas adakah pengganti angciu arak masak yang halal? Jawabannya, tentu ada ya Bu.

Dikutip dari Resep Koki sebenarnya ada pengganti angciu arak masak yang halal dan mudah ditemukan di pasaran. Hanya saja, mungkin kita membutuhkan takaran yang pas agar aroma makanan makin lezat.

Pengganti angciu arak masak yang bisa kita gunakan adalah dengan mencampurkan kecap asin, irisan jahe dan jeruk nipis. Di mana, campuran tiga bahan tersebut akan menghasilkan rasa asin-asam dengan sensasi hangat di lidah.

Rasanya pun disebut hampir mirip dengan angciu arak masak. Bahkan kegunaannya pun masih tetap sama, yakni dapat menghilangkan bau amis pada masakan.

Teliti dengan berbagai macam merk angciu arak masak, agar makanan yang kita konsumsi tetap halal, menjadi hal yang penting dilakukan. Supaya makanan yang kita konsumsi tetap diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan bisa bermanfaat bagi tubuh kita.

Untuk itu, berikut adalah berbagai jenis angciu arak masak yang mengandung alkohol dan wajib kita perhatikan saat makan di restoran:

  • Angciu Cap Lonceng
  • Angciu Cap Guci
  • Angciu Merk Wansin
  • Angciu Xiangjiu
  • Angciu Golden Canal
  • Su Brand
  • Pagoda Brand
  • Lao Hwang
  • Lo Wong Chiu
  • Gu Yue Long Shan
  • Xuang Lung (Dua Naga)
  • Golden Boy
  • Golden Bell
  • Golden Coin
  • Cap Jempol

Semoga dengan banyaknya pengetahuan kita tentang berbagai macam merk angciu arak masak ini, bisa membuat kita lebih teliti dalam memilih makanan yang halal untuk dikonsumsi ya, Bu.