Keluarga

Gorengan, Satu Dari 5 Makanan Yang Tidak Baik Untuk Buka Puasa

Gorengan, Satu Dari 5 Makanan Yang Tidak Baik Untuk Buka Puasa

Setelah 12 jam lebih berpuasa, dan tiba waktunya berbuka, rasanya semua makanan di depan mata ingin kita lahap ya Bu. Padahal sebenarnya, setelah minum air putih dan satu jenis gorengan saat berbuka saja, perut rasanya sudah sangat kenyang.

Yup! Buat kamu gemar menyantap gorengan sebagai menu andalan saat berbuka puasa, sebenarnya gorengan jadi salah satu makanan yang tidak baik untuk buka puasa, lho! Hal ini berkaitan dengan kandungan minyak di dalamnya, yang bikin gorengan jadi sulit dicerna oleh tubuh.

Sehingga, membuat gorengan jadi makanan yang tidak baik untuk buka puasa dan penting untuk dihindari. Namun, selain gorengan ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk buka puasa, yang juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi.

Yuk, Ibumin jelasnya alasan mengapa makanan-makanan tersebut nggak baik buat kesehatan kita selama puasa, dalam ulasan berikut ini.

Makanan yang tidak baik untuk buka puasa, apa saja ya?

1. Aneka gorengan


Melaksanakan ibadah puasa, diklaim memiliki banyak manfaat buat tubuh. Puasa pun seringkali dipandang sebagai cara untuk membersihkan tubuh, baik secara rohani maupun jasmani.

Untuk itu, mengutip The Health Site ketika tubuh mengonsumsi makanan yang digoreng saat berbuka puasa, maka dapat menghambat proses pembersihan tersebut. Makanan yang digoreng ini, kaya akan lemak jenuh yang sudah jelas tidak sehat.

Sehingga dalam jangka panjang maupun pendek, malah bisa meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Itulah mengapa, gorengan jadi salah satu jenis makanan yang tidak baik untuk buka puasa.

2. Aneka makanan pedas


Makan gorengan ditambah dengan saus sambal ataupun cabai rawit yang pedas, tentu jadi makanan favorit kebanyakan orang saat buka puasa. Nyatanya, makanan pedas jadi salah satu makanan yang tidak baik untuk buka puasa ya Bu.

Dikutip dari Times of India apapun bentuk makanannya, entah itu makanan pedas dalam bentuk gorengan ataupun berkuah, yang mengandung cabai dan rempah-rempah bisa bikin perut terasa panas. Hal ini berkaitan dengan perut kosong saat puasa, yang kaget saat diberi makan pedas.

Akibatnya, justru dapat memicu naiknya asam lambung dan mengiritasi dinding lambung, sehingga menyebabkan sakit perut. Ketimbang mengonsumsi makanan pedas, lebih baik pilih makanan dengan tekstur yang lebih lembut misalnya seperti bubur ayam/bubur sumsum agar lebih mudah dicerna organ pencernaan.

3. Aneka buah-buahan yang rasanya asam


Dulu Ibumin suka sekali menyajikan asinan buah sebagai salah satu makanan untuk buka puasa. Namun, setelah Ibumin ketahui ternyata buah-buahan asam jadi salah satu makanan yang tidak baik untuk buka puasa.

Laman Only My Health menjelaskan bahwa, walaupun buah-buahan merupakan salah satu makanan yang sehat dan baik dikonsumsi, namun tetap sebaiknya dihindari saat perut kosong. Terutama buah-buahan yang punya rasa asam alami layaknya, jeruk, nanas, kiwi, mangga, lemon, dan jambu biji.

Semua buah-buahan ini, selain memiliki rasa asam, kandungan fruktosa dan serat yang tinggi dapat memperlambat metabolisme dan membuat perut tidak enak sepanjang hari. Sehingga sebaiknya perlu dihindari, so no more asinan buah untuk buka puasa nanti ya Bu!

4. Aneka produk roti dan kue kering


Masih melansir dari laman Only My Health, beberapa produk roti seperti kue kering, pastry, dan pizza dibuat dengan campuran bahan tambahan seperti ragi untuk membantu mengembangkan adonan. Nah, kandungan ragi di dalam makanan-makanan tersebut justru bisa membahayakan lapisan lambung jika dikonsumsi saat perut kosong.

Makanan ini juga dapat menyebabkan perut kembung dan masalah lambung lainnya. Pastikan menghindari makanan yang tidak baik untuk buka puasa yang satu ini ya Bu. Kalaupun terpaksa, pilih roti jenis sourdough yang proses pembuatannya tidak mengandung ragi tambahan (alami).

5. Aneka makanan manis


Di Indonesia, kebanyakan orang lebih gemar mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa. Misalnya seperti es buah, pudding, cokelat dan lain sebagainya.

Padahal, mengonsumsi makanan manis sebaiknya perlu dihindari sebagai makanan yang tidak baik untuk buka puasa. Kalau mengutip dari Shape seorang ahli gizi bernama Kristy Rao mengatakan, konsumsi makanan manis sebaiknya tidak boleh dilakukan saat perut kosong.

Ia pun menyarankan makan makanan penutup yang manis sebaiknya dilakukan sekitar satu jam setelah makan besar. Jika dimakan langsung setelah makan terakhir, dan perut kosong hal ini malah bisa membuat perut jadi kembung dan tidak nyaman.

Aneka hidangan manis, juga jadi salah satu jenis makanan yang tidak baik untuk buka puasa, karena tubuh akan menyerap glukosa lebih cepat dan menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih besar.

Jadi, menikmati makanan manis setelah makan makanan seimbang saat buka puasa justru malah bisa memberikan manfaat nutrisi dalam makanan dan membantu menstabilkan gula darah dari makanan manis. Kalau Ibu sendiri lebih suka makan makanan manis setelah buka puasa, atau setelah pulang shalat tarawih, nih?

Setelah mengetahui beragam makanan yang tidak baik untuk buka puasa di atas, kira-kira jenis makanan apa saja yang masih sulit Ibu hindari? Yuk, pelan-pelan ubah lagi asupan makanan harian saat puasa, agar tubuh lebih sehat dan kuat menjalankan ibadah selama satu bulan ini.