Keluarga

Mau Mengajarkan Anak Belajar Bahasa Inggris? Mulai Dari Mana Ya?

Mau Mengajarkan Anak Belajar Bahasa Inggris? Mulai Dari Mana Ya?

Anak-anak yang sejak kecil sudah pandai berbahasa asing, khususnya belajar bahasa Inggris, umumnya punya nilai lebih dalam pergaulan. Selain memiliki citra dibesarkan dalam lingkungan keluarga berwawasan global, si kecil juga cenderung lebih cerdas karena terbuka terhadap beragam budaya dan informasi tanpa terkendala bahasa. 

Apalagi sekarang banyak info dan pengetahuan seru di internet yang membutuhkan pemahaman bahasa Inggris. Sayang sekali kan jika si kecil cuma terpapar informasi dalam bahasa penuturnya? 

Nah, limitasi ini hendaknya mulai diupayakan sejak anak masih dalam usia sangat muda agar lebih mudah menyerap kemampuan berbahasa. 

Studi menunjukkan bahwa anak yang belajar bahasa asing sejak dini cenderung unggul dalam hal kreativitas. Ia lebih fleksibel dalam berpikir serta memiliki keterampilan mendengar yang baik. Nah, otomatis kinerja otak anak pun semakin baik karena ia terbiasa berpikir kreatif. 


Kapan anak sebaiknya mulai belajar Bahasa Inggris?

Salah satu bahasa asing yang wajib diajarkan dan masuk dalam kurikulum belajar anak sejak dini adalah bahasa Inggris. Meski siswa sudah dikenalkan pelajaran ini sejak PAUD hingga SMA, nyatanya tak semua anak mampu fasih berbahasa Inggris. Siswa masih membutuhkan bimbingan dari luar sekolah atau pembelajaran non formal untuk belajar bahasa Inggris. 

Tentu lebih mudah jika si kecil tumbuh dalam lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian, tapi jika  keluarga dan sekitar belum mendukung, maka Ibu bisa mulai mencari info terkait kursus bahasa Inggris untuk anak sejak usia 4 tahun.

Pada periode pra sekolah ini, anak memiliki kemampuan alami untuk belajar bahasa Inggris dan berkembang pesat selama 3-4 tahun pertama kehidupan anak. Hal ini didukung oleh hasil studi dari Elizabeth Allen yang berbagi pengalamannya mengajar bahasa asing sejak 1986. 

Menurutnya, pembelajaran harus dibuat santai dan menyenangkan. “Belajar yang paling efektif adalah melalui lagu, permainan, ataupun menonton program televisi dan film dalam bahasa asing,” ujar Allen. 

Tentu anak tidak bisa hanya dibiarkan menonton TV atau bermain saja tanpa pengawasan orang tua. Ia tetap butuh bimbingan agar pembelajaran bahasa Inggris lebih terarah. 

Namun bagaimana jika orang tua sibuk atau merasa tidak punya ketrampilan cukup untuk mengajarkan anak? Untungnya, kini ada banyak cara belajar bahasa Inggris online sebagai solusi praktis untuk menjawab kegundahan Ibu. 

Meski begitu, Ibu harus pintar-pintar nih memilih les bahasa Inggris online terbaik. Pastikan kursus tersebut memiliki pendekatan yang tepat guna, modern, dan teruji efektif agar si kecil mudah memahami bahasa Inggris.


Belajar Bahasa Inggris Seru dengan Metode CLIL

Pendekatan CLIL (Content and Language Integrated Learning) dikembangkan di Eropa sebagai respon atas metode belajar bahasa Inggris tahun 1980 dan 1990 yang cenderung gagal membuat anak mengerti bahasa Inggris secara komprehensif. Metode usang itu nyatanya tidak mampu membuat siswa mahir berkomunikasi bahasa Inggris dalam keseharian. 

Nah, melalui metode CLIL, siswa diajarkan untuk belajar berbagai mata pelajaran seperti Geografi, Sejarah, dan Biologi dalam bahasa Inggris. Jadi, sekali dayung dua pulau terlampaui. Anak mendapatkan ilmu dalam bidang studi tertentu, sekaligus ia juga meningkatnya kemampuan bahasa Inggrisnya. Efektif bukan?

 

Mengapa CLIL Lebih Efektif Ajarkan Anak Bahasa Inggris?

CLIL sudah digunakan oleh mayoritas sekolah di Eropa dan disukai oleh anak-anak maupun orang tua. Metode ini juga sudah terbukti dipercaya dan mendapat respon baik dari para pengajar.

Menurut penelitian Wolff dan Dalton-Puffer, metode CLIL efektif karena faktor berikut:

  1. Anak bisa merasakan lingkungan bahasa asing yang sesungguhnya di mana bahasa Inggris bukanlah tujuan utama, melainkan bagian dari metode pendidikan
  2. Penggunaan bahan-bahan asli yang membantu dalam pembelajaran informasi linguistik
  3. Pengajar/Penutur asli bahasa Inggris memungkinkan peningkatan keterampilan dan kompetensi percakapan yang signifikan dalam menyampaikan makna atau pesan dalam bahasa Inggris.

Penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar bahasa Inggris melalui teknik CLIL lebih termotivasi dan mampu menangani masalah linguistik dan akademik dengan baik. Dibuktikan dengan peningkatan nilai di sekolah. 


Belajar Bahasa Inggris dengan Metode CLIL di Novakid Indonesia

Penasaran mencoba efektifitas metode CLIL? Yuk ajak si kecil mencoba metode seru ini melalui kursus bahasa Inggris online di Novakid! Metode CLIL dipakai sebagai alat pembelajaran utama untuk kursus Time2Talk, Virtual Explorer, dan General English

Ibu bisa menjelajahi situs Novakid untuk mencari tahu beragam kursus yang dirancang seru untuk anak usia 4-12 tahun! Selain CLIL, juga ada metode TPR yang tak kalah menyenangkan dan bikin anak makin paham saat belajar bahasa Inggris.

Pelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan CLIL memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi. Ada banyak topik yang menarik dan relevan untuk dibahas, mulai dari sejarah dunia, isu lingkungan, hingga tokoh-tokoh terkenal dunia.

Anak pun mendapat banyak sekali informasi serta trivia yang menumbuhkan wawasan dan cara berpikir kritis sembari mempraktikkan keterampilan mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Persis seperti diskusi sehari-hari! Hanya saja kali ini anak berhadapan dengan penutur asli bahasa Inggris yang menjadi pengajar ahli di Novakid Indonesia. 

Para pengajar tersebut tentu sudah berpengalaman dalam membangun interaksi aktif agar si kecil bisa belajar topik-topik dalam bahasa Inggris secara mendalam. Sarana belajar bahasa Inggris pun berlangsung efisien selama 25 menit agar anak-anak tidak kehilangan konsentrasi.

Asiknya lagi, aplikasi metode CLIL di Novakid dirancang agar interaktif dan penuh ilustrasi. Setiap pelajaran berisi kata-kata dan satu set konstruksi leksikal yang harus digunakan siswa selama tur 3D atau saat berdiskusi dengan para tutor. "Platform interaktif dan teknologi VR membuat proses pembelajaran jadi seru dan menyenangkan,” ujar Amy Krolevetskaya, Kepala Program Pendidikan Novakid.

Wah, makin yakin nih ajak anak belajar bahasa Inggris bersama Novakid Indonesia! Ayo ajak si kecil ikut kelas uji coba gratis Novakid untuk tahu kebutuhan belajar anak. Semakin dini anak dikenalkan bahasa Inggris, semakin besar kemungkinan ia tumbuh jadi anak yang kreatif, cerdas, dan mampu berpikir kritis.

Editor: Atalya