Keluarga

Menangis Tanpa Sebab? Yuk Bacakan Doa Agar Anak Tidak Rewel

Menangis Tanpa Sebab? Yuk Bacakan Doa Agar Anak Tidak Rewel

Tidak semua orang tua mengerti apa makna dari tangisan bayi. Sehingga hal ini makin membuat bayi rewel dan menangis kencang.

Selain mencari apa penyebab bayi rewel, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca doa agar anak tidak rewel. Apalagi biasanya waktu paling sering anak rewel adalah saat malam hari.

Terutama di tengah malam atau menjelang tidur. Untuk itu, doa agar anak tidak rewel di malam hari dipercaya dapat membantu mengurangi hal tersebut. 

Sebab, ketika anak rewel tanpa sebab otomatis dapat membuat orang tua menjadi kebingungan. Nah, melansir NU Online berikut adalah lantunan doa agar anak tidak rewel yang bisa kamu baca.

Doa agar anak tidak rewel 


Doa untuk anak yang satu ini dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998) yang bisa dilantunkan sebagai berikut:

‎بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ 

Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim (dibaca 3 kali)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Setelah selesai membacakan doa ini, orang tua disarankan untuk meniup ubun-ubun anak sebagai bagian dari ikhtiar. Bacakan lantunan doa agar anak tidak rewel tersebut setiap kali anak menangis, terutama di malam hari. Doa ini juga dipercaya dapat melembutkan hati si kecil sehingga tangisannya dapat berkurang.

Doa ketika anak rewel tanpa sebab


Orang jaman dahulu percaya, ketika anak menangis tanpa sebab di malam hari bisa jadi saat itu si kecil sedang sawan atau ‘ketempelan’ makhluk halus. Namun, di luar dari hal tersebut jika anak rewel tanpa sebab salah satu yang bisa orang tua lakukan memang hanya berdoa. 

Nah, doa agar anak tidak rewel lainnya yang bisa Ibu baca adalah sebagai berikut:

‎أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U‘îdzuka bikalimâtillâhit tâmmâti min kulli syaithânin wa hâmmatin wa min kulli ‘ainil lâmmatin.

Artinya: “Aku lindungi kamu dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan setiap setan, setiap binatang, dan dari setiap mata jahat.”

Doa agar anak tidak rewel dari penggalan surat dalam Al-Quran


Selain membaca doa agar anak tidak rewel di atas, orang tua juga bisa membacakan beberapa lantunan doa yang diambil dari penggalan surat dalam Al-Quran seperti berikut ini:

Surat Ali-Imron ayat 20 

Surat Ali-Imron ayat 20 ini, isinya kurang lebih adalah lantunan doa agar anak tidak rewel saat malam hari. Berikut adalah bacaan lengkapnya:

‎فَإِنْ حَآجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِىَ لِلَّهِ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِ ۗ وَقُل لِّلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْأُمِّيِّۦنَ ءَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا۟ فَقَدِ ٱهْتَدَوا۟ ۖ وَّإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنَّمَا عَلَيْكَ ٱلْبَلَٰغُ ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِٱلْعِبَادِ

“Fa in ḥājjụka fa qul aslamtu waj-hiya lillāhi wa manittaba'an, wa qul lillażīna ụtul-kitāba wal-ummiyyīna a aslamtum, fa in aslamụ fa qadihtadau, wa in tawallau fa innamā 'alaikal-balāg, wallāhu baṣīrum bil-'ibād.”

Artinya: “Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku". Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al-Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam". Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”

Surat Al-Buruuj ayat 20-22

‎وَاللَّهُ مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيطٌ. بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ. فِي لَوْحٍ مَحْفُوظٍ

“Waallaahu min waraa-ihim muhiithun. Bal huwa qur-aanun majiidun. Fii lawhin mahfuuzhin.”

Artinya: “Padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka. Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia. Yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh.”

Membacakan doa agar anak tidak rewel dipercaya dapat mengurangi dan melembutkan hati anak supaya tidak terus menangis. Doa-doa ini juga bisa dilantunkan di malam hari, agar anak lebih nyenyak tidur dan terhindar dari gangguan makhluk halus lainnya.

Editor: Dwi Ratih