Keluarga

Mengajarkan Anak Menghafal 10 Nama Malaikat Allah & Tugasnya

Mengajarkan Anak Menghafal 10 Nama Malaikat Allah & Tugasnya

Mengenal nama malaikat Allah merupakan bagian dari keimanan kepada Malaikat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam mengajarkan pondasi Islam kepada anak, perlu pengenalan terhadap hal-hal pokok. Mengajarkan Rukun Islam dan Rukun Iman merupakan hal yang penting dalam pengenalan agama

Di antaranya ada perintah shalat dan keimanan terhadap Allah. Dalam Rukun Iman sendiri, setelah iman kepada Allah, umat Islam wajib beriman kepada Malaikat. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling taat dan tidak pernah membangkang. 

Mengimani keberadaannya dapat menambah ketaqwaan kita pada Allah. Untuk itu, Ayah dan Ibu perlu mengenalkan 10 Nama Malaikat beserta tugasnya, seperti berikut ini:

10 Malaikat Beserta Tugasnya


Dilansir dari muslim.or.id, keimanan terhadap malaikat mencakup di antaranya percaya akan keberadaan malaikat, percaya akan nama-nama malaikat, percaya terhadap sifat-sifat malaikat, percaya terhadap amalan dan tugas malaikat. Meskipun sebenarnya ada banyak malaikat Allah yang diciptakan dari cahaya, jumlah malaikat yang wajib diketahui ada 10.  Bahkan sebenarnya, jumlahnya tak pasti, hanya Allah yang mengetahuinya. Berikut 10 nama Malaikat yang wajib diketahui.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para Nabi. Karena Nabi dan rasul sudah tidak ada dan Nabi Muhammad merupakan Nabi terakhir, kini Malaikat Jibril menjalankan perannya yang lain, yaitu meniupkan ruh kepada janin yang sedang dikandung.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas menurunkan rezeki. Rezeki yang dimaksud adalah rezeki untuk semua makhluk. Nggak hanya manusia saja, lho. Hewan dan tumbuhan juga menerima rezeki ini. Setiap makhluk sudah dijamin rezekinya. Malaikat Mikail-lah yang bertugas menyampaikan rezeki ini. Selain itu, Malaikat Mikail juga bertugas menurunkan hujan, meniupkan angin, mengatur cuaca, iklim dan mengatur fenomena alam.

3. Malaikat Izrail


Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa. Ia akan mendatangi manusia yang berada di ujung nyawa dan mencabutnya perlahan dari kaki hingga kepala. Bagi mereka yang beriman, kedatangan Malaikat Izrail disambut dengan senyuman, sedangkan bagi mereka yang tidak bertakwa, malaikat Izrail akan tampak menakutkan. Semua pencabutan nyawa terasa menyakitkan, tetapi orang yang beriman akan merasa ajalnya tidak sendirian dan tampak indah.

4. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala. Sangkakala merupakan tanda berakhirnya dunia dan dimulailah hari kiamat. Dilansir dari laman Question of Islam, malaikat Israfil menunggu perintah Allah untuk meniup sangkakalanya. Disebutkan bahwa Malaikat Israfil akan meniup sangkakala 2 kali. Tiupan pertama adalah tanda hari kiamat, dan tiupan kedua merupakan tanda hari kebangkitan. 

5. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib adalah malaikat yang berada di bahu kanan dan bertugas mencatat amal kebaikan manusia meski hanya sebesar biji dzarrah (biji yang sangat kecil). Kebaikan meski hanya di dalam hatipun tidak akan luput dari catatan Malaikat Raqib. Malaikat Raqib nantinya juga akan memanggil saksi atas kebaikan seseorang di hari penghitungan.

6. Malaikat Atid


Malaikat Atid memiliki tugas berkebalikan dengan malaikat Raqib. Ia akan mencatat amal buruk manusia meski hanya sebesar biji dzarrah. Keburukan di dalam hati pun juga akan tercatat. Sama halnya dengan Malaikat Raqib, Malaikat Atid juga akan memanggil saksi atas keburukan seseorang di Hari penghitungan.

7. Malaikat Munkar dan 8. Malaikat Nakir

Disebutkan bahwa Malaikat Munkar dan Nakir datang berpasangan, menanyai manusia dalam kubur dengan pertanyaan yang sama dan hanya dapat terjawab dengan keimanan seseorang. Pertanyaan itu adalah “Siapa Tuhanmu?”, “Siapa Rasulmu?” dan “Apa Kitabmu?”. Pertanyaan ini akan sulit dijawab oleh orang yang tidak beriman karena jawabannya akan berat di mulut. Kedua malaikat ini membawa godam yang siap menghancurkan manusia yang tidak bisa menjawab pertanyaan dengan keimanan. Manusia yang dapat menjawab akan melihat kedua malaikat sebagai dua sosok yang indah dan menyenangkan untuk dipandang.

9. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan dikenal sebagai Malaikat yang menjaga pintu surga. Surga adalah hadiah bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Malaikat Ridwan akan mengijinkan manusia masuk melalui pintu sesuai dengan amal perbuatannya. Digambarkan bahwa surga sangat indah dengan sungai susu dan buah-buahan segar yang tumbuh subur di dalamnya, dan dijaga oleh malaikat yang lembut.

10. Malaikat Malik


Malaikat Malik merupakan penjaga pintu neraka. Ia merupakan Malaikat yang kejam dan kasar dan tidak segan melemparkan manusia yang berbuat keburukan selama di dunia ke dalam api neraka yang panas. Ia juga tidak segan menyiksa manusia sesuai dengan perintah Allah.

Nah, itulah 10 malaikat yang wajib diimani oleh setiap umat Islam. Mengajarkan nama-nama malaikat pada anak bukan untuk menakut-nakuti atau mengancam, tetapi sebagai bentuk dari keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Meneladani sifat-sifatnya juga baik untuk memberikan contoh kepada anak. Dengan demikian anak dapat terlatih berbuat dan bersikap baik.

Editor: Dwi Ratih