Keluarga

Merasa Bosan Dengan Pasangan, Wajarkah? Ini Cara Mengatasinya

Merasa Bosan Dengan Pasangan, Wajarkah? Ini Cara Mengatasinya

Ibu, pernahkah kamu merasa bosan dengan pasangan? Apalagi jika hubungan pernikahan sudah berjalan hingga lebih dari 10 tahun. Munculnya rasa bosan dengan pasangan pun pada akhirnya jadi hal yang wajar dirasakan.

Tapi ternyata, ada banyak sekali penyebab mengapa kita bisa bosan dengan pasangan, selain karena hubungan pernikahan yang sudah berjalan tahunan. Kondisi ini bisa jadi karena banyaknya konflik yang muncul tiap harinya.

Sehingga bikin hubungan pernikahan terasa hambar dan membosankan. Namun, demi menjaga keutuhan rumah tangga, kita wajib menjaga agar rasa bosan dengan pasangan ini tidak berlarut-larut, ya Bu.

Supaya hubungan tetap segar, lebih bahagia dan bisa dijalani dengan lebih menyenangkan ke depannya. Nah, sebelum mengetahui cara agar tidak bosan dengan pasangan, ada baiknya simak terlebih dahulu yuk, apa saja yang jadi penyebab kita merasa bosan dengan pasangan dalam ulasan berikut.

Kenapa kita bisa bosan dengan pasangan?


Rasa bosan dengan pasangan, sebenarnya jadi hal yang wajar kita alami. Namun, yang perlu Ibu tahu adalah, ternyata rasa bosan dengan pasangan ini juga memiliki dampak buruk bagi hubungan pernikahan, apabila tidak segera diatasi.

Menurut sebuah penelitian berjudul Marital Boredom Now Predicts Less Satisfaction 9 Years Later sedikit banyak, rasa bosan dengan pasangan sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Namun, perlu segera diatasi agar tidak berdampak negatif pada suatu hubungan.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa, hubungan dengan pasangan yang dipelihara dengan baik dan bikin mereka merasa dekat, sangat memengaruhi kebahagiaan serta kesehatan dalam pernikahan. Tentunya kita selalu mengharapkan hubungan pernikahan seperti ini ya, Bu.

Nah, melansir dari Very Well Mind ternyata ada banyak faktor yang jadi penyebab bosan dengan pasangan. Namun, hanya ada dua faktor saja diduga jadi alasan yang paling kuat, diantaranya adalah, kurangnya komunikasi dan kurangnya waktu bersama.

Tapi, para ahli menyarankan, sebelum menyimpulkan bahwa kamu benar-benar sedang dalam fase bosan dengan pasangan, ada baiknya introspeksi diri terlebih dahulu. Tanyakan pada dirimu apakah benar-benar bosan atau hanya merasa kurang nyaman.

Kemudian, tanyakan pada diri kamu mengenai hal apa yang terasa membosankan dalam hubungan rumah tangga yang sedang di jalankan.

Fokus mencari akar masalah, sedikit banyak dapat membantu mengidentifikasi solusi apa yang nantinya bisa kita lakukan.

Beberapa penyebab bosan dengan pasangan lain yang banyak dicurigai para ahli adalah:

  • Merasa tidak satu visi dan misi
  • Bosan karena terlalu sering melakukan aktivitas yang monoton setiap hari
  • Kurangnya me time untuk diri sendiri
  • Sering mengorbankan minat, keinginan ataupun cita-cita, demi kepentingan orang lain, terutama keluarga
  • Kamu atau pasangan, sering menyepelekan satu sama lain
  • Sering mengabaikan masalah, tidak diselesaikan dengan baik. Bahkan, menyebabkan kamu atau pasangan jadi sering mengungkit kejadian masa lampau yang sebenarnya sudah tidak perlu dibahas kembali.

Adakah cara agar tidak bosan dengan pasangan?


Terlepas dari gosip miring mengenai isu orang ketiga dalam rumah tangga Christian Sugiono dan Titi Kamal, sebenarnya Tian sempat memberikan pernyataan bahwa ia tidak pernah sekalipun merasa bosan dengan pasangan. Padahal Tian dan Titi sudah bersama sebagai pasangan suami istri selama 10 tahun, di tambah dengan 10 tahun berpacaran.

Wah, hebat banget ya Bu? Dikutip dari Youtube Chanel Prestige Production, Tian pun tak segan membagikan cara agar tidak bosan dengan pasangan yang bisa ditiru. Mengenali sifat dan karakter pasangan secara menyeluruh, bagi Tian adalah modal utama untuk menjaga agar tidak bosan dengan pasangan.

Kalau ada masalah, Tian dan Titi selalu berusaha berkompromi dengan kepala dingin agar ‘ketemu di tengah’. Meski tak dipungkiri, terkadang perbedaan pendapat, hingga perselisihan dalam sebuah hubungan pasti ada.

Namun, kembali lagi, keduanya bisa melewati hal tersebut dengan tenang. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan saat merasa bosan dengan pasangan?

1. Harus punya common goals

Yes! Common goals atau tujuan bersama, jadi hal yang nggak kalah penting untuk diterapkan. Belajar dari Tian dan Titi, common goals dianggap sebagai sebuah pencapaian yang dapat dilakukan bersama-sama.

Tujuannya, agar kamu dan pasangan merasa semakin dekat. Sehingga nantinya akan semakin mengenal karakter pasangan, meskipun sudah menikah lebih dari 10 tahun sekalipun.

Contoh common goals ala Tian dan Titi adalah, merencanakan liburan ke tempat yang diimpikan bersama, membangun rumah bersama, hingga merencanakan jumlah anak yang diinginkan. Percaya deh Bu, dengan menerapkan common goals dalam hubungan, akan mengantarkanmu pada tahap hubungan yang lebih hangat, lho!

2. Lebih terbuka dengan pasangan

Keterbukaan dalam sebuah hubungan, jadi hal yang sangat penting dilakukan. Mengutip dari Bustle jangan berharap rasa bosan dengan pasangan ini akan berubah, jika kamu terus-terusan menutupi perasaanmu pada pasangan.

Mulai sekarang, yuk beri tahu pasanganmu mengenai apa yang ada di pikiranmu dan apa yang sedang kamu rasakan. Pelan-pelan, cobalah lebih terbuka dengan pasangan mengenai hal-hal kecil sekalipun.

Sedikit banyak, keterbukaan ini akan memberikan kesempatan bagimu dan pasangan untuk sama-sama berubah jadi sosok yang lebih baik. Sehingga, diharapkan nantinya rasa bosan dengan pasangan tak lagi timbul.

3. Ubah cara berpikir

Sering merasa curiga dengan pasangan, kadang bikin jadi overthinking ya Bu. Ujung-ujungnya jadi capek sendiri, deh!

Nah, untuk itu sebaiknya agar tidak lagi merasa bosan dengan pasangan, nggak ada salahnya untuk belajar mengubah cara pikir Ibu dari sekarang. Terutama dalam hal cinta dan hubungan yang sedang dijalani.

4. Wajib punya jadwal kencan berdua

Meski sudah kenal selama puluhan tahun, Tian dan Titi nyatanya masih sering menghabiskan waktu kencan berdua, lho! Sekadar pergi makan di luar dan melakukan aktivitas spontan, terkadang hal ini bisa bikin ‘bunga-bunga asmara’ jadi mekar kembali.

Mulai sekarang, Ibu bisa mencoba menjadwalkan waktu kencan berdua setidaknya sebulan dua kali. Tentunya hal ini harus dibuat berdasarkan kesepakatan bersama ya, Bu.

5. Cobalah hal baru dalam variasi bercinta

Hubungan pernikahan, memang nggak hanya membicarakan soal kebutuhan seks semata. Tapi, pada kenyataannya hal ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara agar tidak mudah bosan dengan pasangan.

Cobalah beberapa hal baru dalam variasi bercinta, supaya ada suasana baru yang nggak monoton. Kalau Ibumin, sesekali sering ‘colongan’ check in di hotel bareng suami, saat anak-anak dititipkan ke rumah kakek dan neneknya. Ibu sudah pernah mencoba juga?

6. Harus punya waktu me time

Nggak cuma Ibu, ternyata seorang Ayah juga butuh memiliki waktu me time, lho! Apalagi setelah melakukan aktivitas monoton seperti bekerja setiap harinya.

Jadi, nggak ada salahnya membuat jadwal me time masing-masing sesuai kesepakatan. Supaya nantinya pikiran jadi lebih fresh lebih mudah terhubung kembali dengan pasangan.

Me time juga menjadi kegiatan penting, agar kamu ataupun pasangan bisa fokus pada diri sendiri dalam kurun waktu tertentu.

7. Terlibat dengan aktivitas yang menyenangkan bersama

Cara agar tidak mudah bosan dengan pasangan selanjutnya adalah, cobalah untuk saling terlibat dengan aktivitas yang menyenangkan bersama. Ibu bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti masak bersama, berolahraga bersama atau membagi tugas mengurus si kecil bersama.

Nggak bisa dipungkiri, rasa bosan dengan pasangan ini memang jadi sesuatu yang wajar dialami oleh tiap pasangan. Namun, tetap saja hal tersebut perlu kamu atasi bersama agar tidak menimbulkan konflik baru ke depannya.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang mungkin sedang mengalami rasa bosan dengan pasangan ya, Bu.