Keluarga

Mudah Banget! Yuk, Intip Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar

Mudah Banget! Yuk, Intip Cara Membersihkan Mesin Cuci Yang Benar

Tahukah Ibu? Semua peralatan elektronik yang ada di rumah saat ini, ternyata juga perlu dijaga kebersihannya, lho! Termasuk salah satunya adalah mesin cuci.

Yes! Mesin cuci seringkali jadi barang elektronik di rumah yang luput dari perhatian. Padahal, perannya cukup krusial dalam membantu mencuci baju-baju kita.

Membersihkan mesin cuci ternyata juga nggak sulit dilakukan, kok Bu. Bahkan, belakangan sudah banyak sekali tutorial membersihkan mesin cuci yang beredar di sosial media.

Berikut ini adalah cara membersihkan mesin cuci berbagai jenis yang bisa Ibu lakukan di rumah. Pastikan membersihkannya dengan penuh hati-hati ya, Bu.

Alasan mengapa perlu membersihkan mesin cuci


Ibu, pernahkah kamu mencium aroma tak sedap di dalam tabung mesin cuci setelah selesai mencuci baju? Nyatanya, ini bukanlah bau tak sedap yang berasal dari pakaian setelah dicuci, lho!

Yuk, segera ambil tindakan! Sebab, dikutip dari Good House Keeping ada banyak sekali bakteri yang menumpuk di dalam mesin cuci kita. Bakteri tersebut tak jarang menghasilkan bau tidak sedap dan beragam noda di dalam tabung mesin cuci.

Bakteri tersebut biasanya berasal dari residu sabun, mineral, dan bahan kimia dari detergen yang terkunci di dalam mesin cuci. Nantinya residu ini bisa membentuk lapisan tipis yang menjebak bakteri.

Nah, bakteri ini dapat tersangkut di beberapa bagian tabung mesin cuci. Sehingga menghasilkan bau dan kotoran sisa di dalamnya. Hal ini kemudian menjadi alasan penting mengapa kita perlu membersihkan mesin cuci.

Cara membersihkan mesin cuci


1. Membersihkan mesin cuci 1 tabung

Mengutip dari Unilever Cleanipedia cara membersihkan mesin cuci 1 tabung sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bahkan, Ibu nggak perlu bantuan dari teknisi dan bisa Ibu lakukan sendiri di rumah. Perhatikan langkah berikut:

  • Siapkan alat dan bahan: Ibu bisa menggunakan soda kue, sikat gigi bekas ataupun kain mikrofiber
  • Isi tabung dengan air panas: mesin cuci bukaan atas seperti ini, biasanya aman jika diisi dengan air panas. Setelahnya, nyalakan mesin cuci seperti proses mencuci biasa, kemudian buang air di dalamnya
  • Tuang 2 sendok makan soda kue: campuran air panas dan soda kue, efektif membersihkan residu sabun dan kotoran di dalam tabung mesin cuci tanpa merusak bagian dalam tabung. Diamkan rendaman soda kue dan air sekitar 1 jam, setelahnya nyalakan mesin cuci dan lakukan proses pencucian seperti biasa
  • Bersihkan bagian dalam: Setelah mesin cuci berhenti beroperasi, bersihkan bagian dalam tabung. Bisa juga melepas knop bagian dalam menggunakan obeng, jangan lupa sikat bagian tempat sabun agar bebas dari bakteri atau lumut. Bersihkan menggunakan sikat gigi bekas.
  • Keringkan menggunakan lap mikrofiber: Langkah ini juga bisa membantu mengangkat sisa kotoran yang tidak bisa dijangkau sikat gigi bekas.

2. Membersihkan mesin cuci 2 tabung


Mengutip dari Kompas.com sebenarnya dalam membersihkan mesin cuci 2 tabung, nggak jauh berbeda dengan membersihkan mesin cuci 1 tabung. Ibu bisa menggunakan berbagai macam cairan pembersih seperti:

  • Soda kue
  • Cuka
  • Pemutih pakaian
  • Air panas

Tuang air panas, dan campurkan salah satu cairan pembersih di atas. Kemudian diamkan selama 1 jam, dan nyalakan mesin cuci seperti biasa tanpa adanya pakaian di dalamnya. Tunggu hingga mesin berhenti sendiri.

Kemudian, bersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di mesin cuci di bagian dalam maupun luar. Pastikan setelah mencuci pakaian, tabung mesin cuci selalu di lap hingga kering.

Kalau Ibumin, setelah tabung pencuci dan pengering di lap hingga kering, Ibumin akan membuka penutup mesin cuci hingga 1 jam. Untuk memastikan tabung mesin cuci benar-benar kering, dan bebas dari bau tak sedap saat hendak mencuci kembali.

3. Membersihkan mesin cuci front loading


Nah, satu hal yang paling penting dalam membersihkan mesin cuci adalah, Ibu wajib memerikan apakah mesin cuci yang miliki, sudah benar-benar bersih filternya. Terutama jika Ibu memiliki mesin cuci model lama.

Mengutip dari Architectural Digest filter mesin cuci biasanya ada di beberapa lokasi, seperti ujung selang pembuangan, di sepanjang velg drum, di bawah penutup agitator, atau bahkan di bagian luar. Filter dapat terlihat seperti jaring atau sesuatu dengan lubang kecil untuk menangkap serat.

Untuk cara membersihkan mesin cuci front loading sendiri adalah sebagai berikut:

  • Gunakan cairan khusus: cuka putih, soda kue, air panas atau cairan pemutih pakaian
  • Tuang salah satu cairak ke dalam botol semprot dan semprotkan ke bagian dalam tabung. Lap sekeliling tabung mesin cuci dengan kain mikrofiber, jangan biarkan permukaannya tersentuh
  • Selanjutnya, bersihkan bagian rubber seal, atau segel di sekitar tutup mesin cuci. Jangan kaget ya Bu, biasanya saat proses mengelap Ibu mungkin akan menemukan kotoran, jamur, serat, dan bahkan rambut di bagian lipatan tersebut
  • Ibu juga bisa membersihkan tabung bagian dalam dengan air campuran soda kue, kemudian lakukan pencucian seperti biasa. Setelahnya, pastikan tabung dilap dengan kering.

Menurut pengalaman Ibumin, proses membersihkan mesin cuci ini nggak membutuhkan waktu yang lama ya Bu. Namun yang pasti, membersihkan mesin cuci setidaknya harus dilakukan secara rutin minimal 1 bulan sekali untuk menghindari penumpukan kotoran yang sulit dibersihkan.