Keluarga

Mungkinkah Kamu Tidak Sadar Sudah Melakukan Micro Cheating?

Mungkinkah Kamu Tidak Sadar Sudah Melakukan Micro Cheating?

Hati-hati dengan selingkuh saat kamu sedang menjalani sebuah hubungan, termasuk micro cheating.

Selingkuh adalah musuh terbesar dalam suatu hubungan. Biasanya, selingkuh merupakan akumulasi dari masalah yang ada dalam hubungan sebenarnya sehingga sering berupa pelarian. Jadi, selingkuh biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba.

Banyak hal-hal yang dilakukan sampai bisa mengarah ke perselingkuhan. Contohnya diam-diam bertukar hadiah dan melakukan pertemuan tanpa diketahui oleh pasangan. Nah, dalam selingkuh ada yang dikenal dengan nama micro cheating atau sering disebut selingkuh kecil. 

Hati-hati dengan micro cheating karena kamu pun bisa merasa tidak sadar pernah melakukannya. Bagaimanakah ciri selingkuh kecil?

Apa itu Micro cheating?

mungkinkah-kamu-tidak-sadar-sudah-melakukan-micro-cheating-1

Micro cheating adalah tindakan kecil yang menunjukkan ketertarikan kepada orang lain selain pasangan. Tindakan micro cheating tampak kecil dan menunjukkan seseorang secara emosional atau fisik terfokus pada seseorang di luar hubungan yang ada. 

Micro cheating juga merupakan perilaku yang dapat melewati batas-batas kesetiaan kepada pasangan menurut Lindsey Hoskins seperti yang dilansir oleh TIME.

Micro cheating adalah tindakan sepele yang dilakukan seseorang namun dapat merusak hubungan dengan pasangan karena bisa menghancurkan kesetiaan.

Tindakan apa saja yang tergolong micro cheating?

mungkinkah-kamu-tidak-sadar-sudah-melakukan-micro-cheating-2

Sebenarnya, tindakan apa saja yang termasuk golongan selingkuh bagi tiap pasangan berbeda-beda, tergantung definisi dan batasan tiap pasangan. Namun, ada beberapa ciri selingkuh kecil seperti yang dituturkan Munoz pada Mind Body Green:

  • Membina keintiman dan nafsu kepada orang lain selain pasangan;
  • Terbayang-bayang fantasi dan kedekatan emosional kepada orang lain selain pasangan;
  • Mencari interaksi bernuansa keintiman berulang kepada mantan;
  • Mencari interaksi bernuansa keintiman berulang kepada orang lain yang kamu nilai atraktif;
  • Terlalu banyak curhat pada lawan jenis saat bertengkar dengan pasangan; dan
  • Mencari pelarian nafsu di media sosial dan menjalin hubungan baru di sana.

Micro cheating adalah tindakan yang biasanya dimulai dari berbohong kepada diri sendiri. Terkadang dimanipulasi oleh alam bawah sadar menjadi tindakan penolakan di dalam hati.

Jika kamu ingin mengetahui apakah tindakanmu adalah micro cheating, kamu dapat bertanya pada diri sendiri, apa yang pasanganku pikirkan saat mengetahui aku berbuat ini?

Tanda seseorang melakukan micro cheating

mungkinkah-kamu-tidak-sadar-sudah-melakukan-micro-cheating-3

Jika kamu khawatir pasanganmu melakukan micro cheating, kamu bisa melihat ciri selingkuh kecil pasangan ini.

1. Terus memantau profil sosial media orang lain

Sosial media bisa menjadi gerbang orang berselingkuh. Segampang itu seseorang memiliki keinginan romantis dengan orang lain selain pasangan di sosial media.

Sebagai contoh, opsi ‘menyukai unggahan’ ataupun ‘komentar’ dapat menjadi jalan selingkuh. Micro cheating terkadang tidak disadari, seperti kita yang tidak sadar kerap menyukai unggahan seseorang ataupun sering memandang foto profil mereka.

2. Menggoda orang lain

Saat keluar bersama teman-temannya, ia melihat orang yang menarik dan mengajaknya mengobrol. Pasangan mungkin menganggap obrolan dengan orang asing adalah menyenangkan dan tidak berpikir bahwa itu adalah langkah menuju micro cheating. 

Jika saat berbicara dengan orang asing maka ia berbicara tentang kamu, maka pasanganmu tergolong sudah berbuat micro cheating. Namun, jika ia menyembunyikan fakta tentang kamu, bisa saja ia sudah berada dalam tahap micro cheating.

3. Banyak curhat dengan orang lain

Daripada curhat denganmu, pasangan lebih memilih janjian dengan teman lawan jenis dan mencurahkan keluh kesah kepada orang tersebut. Lama-kelamaan, pasangan akan menaruh kepercayaan lebih tinggi kepada sang teman. Saat sampai tahap ini,  maka pasangan telah melakukan micro cheating.

4. Bersikap defensif saat ditanyakan perihal sosial media

Media sosial pasangan yang terlihat mencurigakan membuat kamu bertanya-tanya apa dibalik keganjilan ini. Namun, pasangan memiliki kecenderungan untuk menghindar atau membelokkan topik saat ditanya perihal media sosialnya.

Bagaimana menghadapi micro cheating pada sebuah hubungan

mungkinkah-kamu-tidak-sadar-sudah-melakukan-micro-cheating-4

1. Berkomitmen untuk mengubah kebiasaan

Jika selingkuh kecil menjadi permasalahan dalam hubunganmu, Munoz merekomendasikan agar kamu langsung mendiskusikannya dengan pasangan. Penting bagi seseorang yang melakukan micro cheating untuk memahami bagaimana perasaan pasangan mereka saat ia berbuat micro cheating. 

Ini akan membuat pelakunya berkomitmen untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Ini juga termasuk mengakhiri hubungan hasil dari micro cheating yang mereka miliki. Apabila selingkuh kecil telah diakhiri, kedua belah pihak pasangan dapat kembali bekerja sama memperbaiki hubungan jika masih saling menginginkan.

2. Diskusikan soal batas yang boleh dilakukan dalam sebuah hubungan

Setelah melalui periode ketidaksetiaan, menentukan batas-batas yang tidak dan boleh dilakukan serta berkomunikasi dengan lancar sangat membantu dalam memperbaiki sebuah hubungan. 

Kedua belah pihak dapat blak-blakan soal kebutuhan satu sama lain. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri saat kedua belah pihak merasa tidak aman dengan keadaan yang sedang dihadapi.

3. Berkonsultasi dengan terapis

Jika kamu dan pasangan sulit mencari jalan keluar setelah pasangan melakukan micro cheating, kamu bisa mencari bantuan profesional untuk memperbaiki hubungan yang sedang rusak. 

Selain itu, kamu dan pasangan juga dapat mendengarkan podcast atau audiobook mengenai hubungan secara bersama untuk bersama-sama memperbaikinya.

Hati-hati lah pada micro cheating atau selingkuh kecil. Meski kadang terlihat sepele kita tidak sadar sudah melakukannya jika terus dilakukan.

Editor: Dwi Ratih