Keluarga

Khawatir Jadi Tanda Kanker, Payudara Besar Sebelah Apakah Normal?

Khawatir Jadi Tanda Kanker, Payudara Besar Sebelah Apakah Normal?

Payudara besar sebelah apakah normal? Yup! Sepertinya ini merupakan pertanyaan sejuta wanita di dunia, termasuk Ibumin. Belakangan ini, baru Ibumin sadari ternyata ukuran payudara besar sebelah nggak cuma dialami oleh Ibumin seorang, nih.

Kebanyakan wanita, punya kondisi payudara besar sebelah kanan ataupun kiri, kondisi ini pun cenderung tidak mengganggu kesehatan. Hanya saja, memang bikin penasaran, payudara besar sebelah apakah normal ya, Bu?

Sebenarnya, di dunia ini hanya sedikit wanita yang memiliki payudara dengan ukuran sama persis. Namun, kondisi payudara beda sebelah mungkin bisa saja mengganggu kepercayaan diri Ibu. Lantas, adakah cara mengatasi payudara besar sebelah secara alami?

Kenapa payudara besar sebelah apakah normal?


Yup! Kalau mengutip dari Medical News Today kebanyakan wanita memang memiliki payudara besar sebelah, yang lebih dikenal dengan payudara asimetris. Pada beberapa kasus bahkan, nggak hanya memengaruhi ukuran, namun juga letak payudara yang sedikit miring, termasuk juga bentuknya.

Payudara sendiri merupakan sebuah kelenjar lemak yang terletak di bagian depan dinding dada. Nah, kebanyakan payudara wanita memiliki berat rata-rata mencapai 200-300 gram. Tapi semua kembali lagi ke berat badan masing-masing ya, Bu.

Payudara sendiri terbentuk dari 12 hingga 20 lobus. Semuanya tersebar di puting, kalau digambarkan mungkin mirip seperti jari-jari kerangka roda sepeda.

Lobus-lobus tersebut berbentuk segitiga, dimana masing-masing punya satu saluran sentral. Saluran ini tak lain dan tak bukan berujung di puting, sebagai tempat di mana ASI diproduksi dan nantinya mengalir keluar.

Lalu, payudara besar sebelah apakah normal? Jawabannya, tentu sangat normal ya Bu. Memang, bentuk payudara beda sebelah ini nggak selalu menunjukkan adanya gangguan kesehatan ya Bu.

Seiring berjalannya waktu, payudara memang dapat membesar akibat penyimpanan air dan tambahan sirkulasi darah ke payudara. Bahkan, pada kondisi seorang wanita sedang mengalami masa subur atau jelang ovulasi biasanya perbedaan bentuk payudara besar sebelah mungkin lebih terlihat

Menariknya, selama periode payudara akan kembali mengempis. Penyebab payudara besar sebelah, sebenarnya nggak diketahui secara pasti.

Akan tetapi, para ahli menyimpulkan bahwa, faktor penentu yang paling berperan kemungkinan adalah perubahan hormon estrogen atau cedera traumatik. Pemeriksaan lebih lanjut ke dokter mungkin dibutuhkan, untuk memastikan bahwa ukuran payudara beda sebelah tidak terlalu signifikan dan bukan jadi pertanda kanker.

Pemeriksaan ini dalam dunia medis dikenal dengan mammogram. Nah, pemeriksaan mammogram perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan adanya kelainan yang signifikan sedini mungkin.

Menariknya lagi, pada penelitian tahun 2021 yang dilakukan oleh Austin Journal of Women’s Health diketahui bahwa, wanita dengan payudara asimetris memiliki peningkatan risiko terkena kanker payudara lebih tinggi. Konon, mereka bahkan risiko seumur hidup terkena penyakit ini sebanyak 4-6 kali lebih tinggi.

Payudara besar sebelah apakah normal? Ini penyebab lainnya


Konon, hampir setengah penduduk wanita di dunia memiliki ukuran payudara besar sebelah. Dimana payudara kiri umumnya lebih besar dibanding payudara sebelah kanan.

Masih penasaran, payudara besar sebelah apakah normal? Mengutip dari Healthy Women selain hormon, beberapa alasan lain mengapa payudara bisa besar sebelah adalah sebagai berikut:

  • Variasi anatomi, yang menyebabkan sebagian besar bagian tubuh kita, seperti alis atau kaki, tidak sepenuhnya simetris.
  • Perubahan hormonal. Ketika hormon berubah selama masa pubertas, salah satu payudara mungkin mulai tumbuh terlebih dahulu sebelum payudara lainnya
  • Cedera traumatis. Trauma pada area payudara saat kecelakaan mobil atau terjatuh dapat menyebabkan pembengkakan. Jika ini adalah penyebab payudara Ibu jadi tidak simetris, pada akhirnya payudara akan kembali ke ukuran normalnya
  • Siklus menstruasi. Jaringan payudara berubah sepanjang siklus menstruasi
  • Kondisi medis tertentu, seperti hipertrofi payudara remaja. Namun kasus ini jarang terjadi
  • Fibroid atau kista
  • Skoliosis (kelengkungan tulang belakang), yang dapat melebarkan salah satu sisi tulang rusuk dan membuat payudara tidak rata
  • Kelainan bentuk pada dinding dada
  • Tanda kanker payudara.

Kita tahu, sangat penting rutin memeriksakan kondisi payudara kita. Apalagi jika memiliki banyak perubahan yang patut diwaspadai, seperti:

  • Adanya benjolan di dalam atau di sekitar payudara
  • Terdapat benjolan di bawah lengan
  • Muncul jaringan yang terasa tebal atau kencang di dekat payudara atau di bawah lengan
  • Adanya perubahan ukuran atau bentuk payudara
  • Adanya perubahan pada puting, seperti mulai mengarah ke dalam
  • Muncul cairan atau keluarnya cairan dari puting
  • Kulit merah atau berubah warna, gatal, atau bersisik di sekitar payudara
  • Kulit berlesung atau mengerut.

Cara mengatasi payudara besar sebelah secara alami


Bicara mengenai payudara besar sebelah apakah normal, pasti kita juga bicara mengenai bagaimana solusinya, bukan? Apalagi bentuknya yang nggak simetris terkadang juga memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri.

Lantas, adakah cara mengatasi payudara besar sebelah secara alami? Sebenarnya, nggak ada cara khusus yang dapat mengatasi payudara yang ukurannya besar sebelah ya, Bu. Namun, cara yang ada kemungkinan hanya akan membantu membuat ukurannya lebih proporsional, terutama ketika massa ototnya terbentuk.

Cara mengatasi payudara besar sebelah secara alami berikut, mungkin bisa Ibu coba. Akan tetapi, apabila cara-cara tersebut sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil, cara paling instan adalah dengan melakukan prosedur pembedahan alias operasi ya, Bu.

1. Mengenakan bra olahraga yang tepat

Seringnya, ketika mengetahui ukuran payudara Ibu beda sebelah, penggunaan bra ini masih kurang diperhatikan. Padahal, dengan mengenakan beberapa tipe tertentu, seperti bra khusus untuk olahraga (sport bra), dapat membuat payudara yang besar tampak lebih rata, lho!

Buat kamu yang memiliki ukuran payudara cenderung besar, sport bra juga berfungsi mencegah payudara yang besar tampak menyembul keluar dari bra. Jadi, secara keseluruhan ukurannya payudara Ibu akan tampak sama rata.

2. Menggunakan padding bra

Salah satu cara khusus yang kerap Ibumin lakukan adalah, menggunakan padding bra. Apalagi kalau Ibu hendak mengenakan pakaian yang sedikit terbuka, padding bra mampu menopang ukuran payudara yang sedikit lebih kecil dan terlihat sama dengan payudara sebelahnya.

Tapi, tetap perhatikan pemilihan jenis paddingnya ya Bu. Pastikan padding bra yang Ibu kenakan tetap nyaman, pilih bra yang sudah dilengkapi dengan lined cup yang dapat mempertahankan bentuk dan ukuran payudara agar tetap sama.

3. Menutupi dengan rambut

Agar ukuran payudara tidak terlalu terlihat berbeda, Ibu bisa memanfaatkan rambut panjang Ibu dan menutupi bagian dada. Ini merupakan cara paling praktis yang banyak dilakukan para wanita.

4. Mengatur postur tubuh

Perhatikan posisi ketika Ibu hendak duduk. Kalau berhadapan dengan lawan bicara, usahakan selalu duduk sedikit menyamping, pastikan postur tubuh tetap tegak. Posisi ini sedikit banyak dapat memberikan kesan bentuk payudara menjadi sama rata.

5. Olahraga

Olahraga yang fokus pada otot lengan dan bahu sedikit banyak juga dapat membantu pembentukan otot sekitar payudara. Setidaknya hal ini bikin payudara jadi lebih kencang dan meningkatkan volumenya, agar bentuknya bisa lebih sejajar.

Jadi, payudara besar sebelah apakah normal? Kini, Ibu sudah nggak perlu khawatir lagi ya. Nah, kalau kiranya sudah sangat mengganggu kepercayaan diri. Apabila ada budgetnya tersedia, nggak ada salahnya untuk melakukan prosedur operasi seperti pemasangan implan. Asalkan Ibu dapat memilih tenaga ahli yang tepat, bentuk payudara impian yang lebih simetris pun bisa Ibu dapatkan.