Keluarga

Digunakan Oleh Timnas Indonesia, Ini Fungsi Dari Bra Pemain Bola

Digunakan Oleh Timnas Indonesia, Ini Fungsi Dari Bra Pemain Bola

Setelah melalui banyak drama dan perjuangan, Indonesia akhirnya berhasil meraih medali emas di ajang Sea Games 2023. Padahal, terakhir kali Indonesia mendapatkan medali emas adalah pada Sea Games tahun 1991.

Artinya, ini adalah medali emas pertama yang kembali diraih setelah penantian 32 tahun lamanya. Jadi, nggak salah deh kalau pertandingan semalam memang bikin rakyat Indonesia merinding sekaligus deg-degan.

Goal terakhir dari Beckham Putra, akhirnya menutup skor akhir 5-2 pada babak final tadi malam. Tapi, ada yang unik dari selebrasi yang Beckham lakukan dan bikin Ibumin salfok.

Beckham membuka kaos jerseynya dan tampak terlihat menggunakan bra berwarna hitam. Rupanya, ini merupakan bra pemain bola yang sudah banyak dikenakan oleh pemain bola dunia, lho!

Sebut saja seperti Lionel Messi dan beberapa pemain bola lainnya, juga menggunakan rompi bra sepak bola ini. Lalu, apa sih sebenarnya fungsi dari bra pemain bola ini?

Bra pemain bola, apa fungsinya? 


Photo source: New England Revolution

Vest chest protector, atau rompi bra sepak bola ini pada awalnya memang bikin Ibumin salfok. Tapi, setelah Ibumin cari tahu, ternyata rompi hitam ini punya fungsi yang cukup penting untuk mendeteksi performa pemain bola.

Kalau pada wanita, fungsi bra adalah untuk menopang payudara, lain hal dengan bra pemain bola yang satu ini. Jika dikutip dari Goal bra pemain bola ini dilengkapi dengan perangkat GPS.

Nah, GPS sendiri digunakan untuk melacak beberapa kondisi, seperti performa fisik dan kesehatan pemain. Informasi dan data statistik dari kesehatan pemain ini, nantinya akan direkam oleh perangkat GPS.

Kemudian dimasukkan ke dasbor perangkat lunak yang dapat diakses di laptop, tablet, atau Smartwatch. Meski diklaim sangat canggih, nyatanya bra pemain bola ini sempat dilarang digunakan oleh Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Tapi, pada akhirnya IFAB pun mengizinkan bahwa rompi hitam atau bra pemain bola ini digunakan di setiap laga. Dengan catatan, penggunaan bra pemain bola ini tidak akan membahayakan pemain, termasuk data yang digunakan hanya boleh dipakai pasca pertandingan dan tidak untuk disebarluaskan.

Dikutip dari Bola Times beberapa fungsi lain dari bra pemain bola ini diantaranya adalah:

1. Memantau pergerakan pemain

Speed atau kecepatan pemain, jadi hal yang penting untuk dilihat. Nah, bra pemain bola ini ternyata juga berfungsi untuk melihat kecepatan pemain saat latihan atau berlaga, lho!

Tujuannya, supaya pelatih bisa menilai performa pemain. Agar nantinya pelatih bisa memberikan porsi latihan yang sesuai, apalagi jika pemain ada yang baru recovery dari cedera.

Sehingga, rompi hitam alias bra pemain bola yang satu ini jadi alat yang cukup krusial untuk digunakan. Meskipun pada awalnya secara looks, agak aneh dilihat ya, Bu.

2. Memantau denyut jantung pemain

Yes! Memantau denyut jantung pemain sepak bola jadi hal yang tak kalah penting bagi seorang pelatih. Dari data ini, pelatih bisa memberikan porsi latihan yang tepat.

Pelatih juga bisa mengetahui seberapa cepat denyut jantung pemain berdetak saat laga. Sehingga, nantinya bisa jadi bahan peninjauan untuk latihan. Apalagi, denyut jantung ini jadi sebuah penilaian yang vital bagi seorang pemain sepak bola.

Photo source: Liputan 6

3. Dapat mengukur jarak tempuh dan stamina

Berlari, jadi gerakan yang amat krusial bagi seorang pemain sepak bola. Nah, melalui bra pemain bola yang digunakan ini, nantinya pelatih bisa melihat banyak data, salah satunya untuk mengukur jarak tempuh dan stamina.

Selain itu, pelatih juga bisa saling mengetahui seberapa luas jelajah tempuh sang pemain. Sehingga nantinya, pelatih bisa lebih tahu posisi atau akselerasi yang tepat sesuai dengan stamina pemain tersebut.

4. Dapat mengetahui kadar stress pemain 

Karena bra pemain bola bisa mendeteksi denyut jantung pemain, maka otomatis bra pemain bola berwarna hitam ini juga bisa mendeteksi kadar stres pemain tersebut. Hebatnya lagi, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi bra pemain bola ini akan terus ditingkatkan agar makin canggih lagi.

Photo source: Be Soccer

5. Mengukur batasan energi pemain

Penggunaan bra pemain bola ini, juga penting untuk mengukur batasan energi para pemain. Terutama para pemain yang sempat mengalami cedera.

Melansir Get Hyped Sports sebagai contoh apabila ada pemain yang mengalami cedera, agar proses rehabilitasinya lancar, bra pemain bola ini dapat membantu melacak performance pemain.

Apalagi, kebanyakan masalah yang ditemui di lapangan, selama proses rehabilitasi para atlet seringkali ingin kembali ke lapangan secepat mungkin. Mereka rela melakukan hal apa pun, bahkan cenderung melawan batas kemampuan mereka.

Padahal, selama proses rehabilitasi ini pemain nggak boleh latihan terlalu keras. Supaya dapat mencegah terbukanya luka, atau gangguan ligamen dan tulang yang lebih parah.

Dengan bra pemain bola ini, nantinya pelatih dan dokter bisa mengatur proses latihan mereka dengan lebih baik. Karena, data yang ada, nggak mungkin membuat pemain berlatih terlalu keras, sehingga energinya perlu dibatasi.

Saat ini, sebagian besar tim di liga di seluruh dunia sudah menggunakan bra pemain bola. Bahkan rompi bra sepak bola ini sudah digunakan sejak awal tahun 2010 lalu, lho!

Sebut saja seperti klub Liverpool dan Manchester United, sudah sejak lama menggunakan rompi dengan teknologi mutakhir tersebut. Nah, jadi nggak penasaran lagi kan Bu dengan bra pemain bola yang digunakan Beckham Putra tadi malam? Dari semua pemain Timnas sepak bola kita, siapa nih yang jadi pemain favorit Ibu?