Keluarga

Rahasia 9 Kitchen Hacks Ini, Bikin Ibu Makin Jago Di Dapur!

Rahasia 9 Kitchen Hacks Ini, Bikin Ibu Makin Jago Di Dapur!

Terkadang, menjadi seorang Ibu memang dibutuhkan ketrampilan khusus. Terutama dalam hal kitchen hacks yang justru bikin Ibu jadi terlihat makin jago di dapur.

Belakangan ini juga muncul kitchen hacks yang ramai dibicarakan, tentang cara membuat kerupuk yang melempem kembali jadi krispy. Nah, yang bikin mengejutkan ternyata caranya cukup dengan meletakkan kerupuk ke dalam freezer selama 1 menit saja, lho!

Lalu, voila! Kerupuk melempem kembali jadi krispy tanpa mengubah rasa sedikitpun. Ibumin sudah pernah coba cara ini dan it works!

Tapi, ternyata ada banyak kitchen hacks yang perlu Ibu ketahui untuk memudahkan pekerjaan Ibu di dapur. Apa saja sih? Yuk, simak beragam kitchen hacks berikut yang bisa kamu praktekkan di rumah!

Beragam kitchen hacks yang bisa Ibu coba

1. Merendam sayuran hijau dengan air garam


Sama seperti sayuran hijau lain layaknya kangkung, melansir Master Class sayuran hijau seperti brokoli mengandung banyak sisa kotoran. Termasuk serangga atau ulat sayur.

Tapi, nggak perlu khawatir karena hewan seperti ini menandakan bahwa sayuran hijau tersebut tidak menggunakan pestisida dalam perawatannya. Nah, untuk membersihkannya, kitchen hacks yang bisa kamu lakukan adalah dengan merendam brokoli atau kangkung yang sudah dipotong-potong dengan air garam atau cuka putih.

Rendam selama kurang lebih 3 menit, kemudian bilas kembali. Garam atau cuka bisa membantu merontokan kotoran dan hewan lain yang ada pada sayuran hijau tersebut.

2. Tangan panas karena terkena cabai, rendam di dalam beras


Kitchen hacks yang satu ini pasti jarang sekali diketahui oleh orang. Kebanyakan justru menyarakan agar mencuci tangan dengan sabun yang bersih dan pastikan keringkan tangan dengan lap bersih.

Padahal ketika tangan panas terkena cabai atau istilah lainnya adalah ‘cabe-an’, Ibu juga bisa merendam tangan di dalam beras, lho! Tapi memang sebelumnya, Ibu wajib mencuci tangan hingga bersih maksimal 2-3 kali terlebih dahulu ya!

Lalu, pastikan tangan sudah benar-benar kering. Kemudian rendam tangan ke dalam beras, sambil remas-remas beras tersebut. Tekstur beras yang dingin bisa membantu meredakan rasa panas di tangan.

3. Mata pedih ketika mengiris bawang


Jika melansir Insider, Brian Chau, selaku food scientist dari Oregon Health & Science University mengatakan, keluarga bawang-bawangan memiliki kadar biokimia yang tinggi yang berguna untuk melindungi diri dari pemangsa. Jadi, nggak heran ketika kita memotong bawang, mereka akan melepaskan enzim alliinase bersama dengan keluarga senyawa yang dikenal sebagai sistein sulfoksida.

Hal ini kemudian dapat menyebabkan mata kita menjadi pedih dan menangis. Nah, untuk mengatasi mata pedih ketika mengiris bawang, Ibu mungkin bisa mempraktekkan kitchen hacks berikut:

  • Wajib menggunakan pisau yang benar-benar tajam
  • Nyalakan lilin di sekitar tempat kamu memotong bawang
  • Cobalah mengunyah permen karet
  • Taruh wadah berisi garam disekitarmu
  • Cobalah untuk menaruh bawang di kulkas (chiller) sebelum dipotong.

4. Agar pisang tidak cepat menghitam

Ibu bisa memisahkan pisang satu persatu dari sisirnya. Kemudian bungkus tiap ujung tangkainya dengan plastik atau selotip.

Hal ini sedikit banyak bisa membuat pisang jadi lebih awet dan kulitnya tidak cepat menghitam. Kitchen hacks yang satu ini pasti sudah sering Ibu dengar, bukan? Tapi, sudah pernah kamu coba sendiri, belum?

5. Mencegah beras berkutu


Beras yang berkutu merupakan problema yang memang jadi musuh bebuyutan para Ibu di dapur. Nah, salah satu kitchen hacks yang bisa kamu lakukan untuk memerangi kutu yang muncul di beras adalah dengan menaruh plastik berisi kopi bubuk yang sedikit dilubangi.

Kemudian letakkan di dalam beras. Kutu beras sangat tidak menyukai bau kopi, sehingga diharapkan kitchen hacks yang satu ini bisa menjadi solusi kamu di dapur ya, Bu!

6. Agar sayuran awet disimpan di dalam kulkas


Daun bawang, seledri dan sayuran hijau lainnya terkadang jadi cepat membusuk kalau disimpan di dalam kulkas. Nah, melansir Self kitchen hacks yang satu ini nggak boleh dilewatkan!

Tapi, yang terpenting pastikan sayuran yang hendak masuk ke dalam kulkas sudah benar-benar kering ya Bu! Kemudian kamu bisa membungkus sayuran tersebut menggunakan kertas, tissue ataupun plastik wrap agar mereka bisa lebih tahan lama hingga 5 hari.

7. Menetralisir bau tak sedap di dalam kulkas


Cara alami untuk menetralisir bau tak sedap di dalam kulkas adalah dengan memotong kentang yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian letakkan di salah satu rak yang dicurigai sering menimbulkan bau tak sedap. Kentang bisa menyerap bau, sehingga kulkas bisa menyimpan aneka bahan makanan secara lebih maksimal.

8. Cegah air meluap saat mendidih


Kitchen hacks yang satu ini perlu jadi catatan penting buat para Ibu! Sebab, saat sedang mengasuh si kecil kita seringkali juga meninggalkan rebusan air untuk sup alih-alih sambil menunggu air mendidih.

Nyatanya, seringkali air mendidih jadi meluap dan luber ke luar. Sehingga membuat kompor jadi kotor, bahkan bisa meluap ke lantai.

Nah, solusi dari Ibumin adalah coba letakkan sendok kayu secara melintang di atas panci. Voila! Rasakan sendiri manfaatnya!

9. Tusuk cabai agar tidak meletup saat digoreng


Sambal identik dengan kebiasaan makan orang Indonesia. Sepertinya, terasa kurang lengkap tiap kali makan jika tidak pakai sambal ya, Bu!

Tapi, terkadang salah satu yang bikin Ibu malas bikin sambal adalah cabai yang meletup-meletup saat digoreng. Bikin minyak meluap kemana-mana dan jadi perlu banyak waktu untuk membersihkan dapur.

Cobain kitchen hacks yang satu ini yuk Bu! Caranya dengan menusuk atau menyayat satu per satu cabai yang hendak digoreng, untuk mengeluarkan sisa air yang ada di dalamnya.

Nah, semoga kitchen hacks ini bisa memudahkan pekerjaan Ibu di dapur ya! Kalau Ibu, sudah pernah coba kitchen hacks yang mana, nih?