Keluarga

Rekomendasi Film Ghibli yang Menjadi Favorit Sepanjang Masa

Rekomendasi Film Ghibli yang Menjadi Favorit Sepanjang Masa

Jika Ibu dan anak berniat menonton film Ghibli, jangan lewatkan rekomendasi film Ghibli untuk anak berikut ini ya. Pasalnya, film Ghibli sangat terkenal dan melegenda sehingga mustahil rasanya ada yang tidak mengetahui film Ghibli meskipun belum pernah menontonnya.

Studio Ghibli adalah studio film animasi Jepang yang terletak di Tokyo, Jepang. Studio Ghibli terkenal kerap meluncurkan film-film animasi yang emosional dan memiliki alur cerita yang unik.

Studio Ghibli berdiri pada tahun 1983 dan film pertama yang diluncurkan adalah Nausicaa of the Valley of the Wind.

Sesungguhnya ada banyak film animasi yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Simak beberapa rekomendasi film Ghibli untuk anak ini termasuk film ghibli terbaru!

1. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies adalah salah satu rekomendasi film Ghibli sedih terkenal yang memiliki latar Perang Dunia II. Jalan cerita Grave of the Fireflies ini terinspirasi dari autobiografi singkat dari penulis Akiyuki Nosaka yang merupakan korban dari bom di Kobe saat Perang Dunia kedua.

Rekomendasi film Ghibli sedih ini banyak mendapat penghargaan. Beberapa dari penghargaan itu adalah menang pada Blue Ribbon Award 1989 dengan kategori special award dan Chicago International Children’s Film Festival 1994 untuk kategori Animation Jury Award dan Rights of the Child Award.

2. Spirited Away (2001)

Spirited Away adalah rekomendasi film Ghibli untuk anak bergenre fantasi yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Sang sutradara menyatakan bahwa film Ghibli ini terinspirasi dari anak temannya yang berusia 10 tahun. Film Ghibli sedih ini bercerita tentang anak perempuan yang terjebak di dunia yang disebut Kami dan berusaha untuk kembali ke dunia manusia.

Seperti film-film Ghibli lainnya, Spirited Away juga banyak memenangkan penghargaan baik dalam maupun luar negeri. Salah satu prestasi yang ditorehkan adalah pemenang animasi terbaik di 75th Academy Awards dan 10 besar dari daftar To 50 films for children up to the age of 14 yang dirilis oleh British Film Institute.

3. Castle in the Sky (1986)

Castle in the Sky adalah salah satu rekomendasi film Ghibli besutan sutradara Hayao Mizaki yang memiliki alur cerita yang unik. Film ini bercerita tentang anak laki-laki dan perempuan yang melarikan diri dari agen militer untuk menemukan sebuah negeri di atas langit.

Film ini berhasil meraih banyak penghargaan di dalam maupun di luar negeri. Beberapa penghargaan yang berhasil dimenangkan adalah Anime Grand Prix 1986 dan meraih posisi kedua untuk kategori film animasi terbaik Japan Media Art 2006.

4. Kiki’s Delivery Service (1989)

Kiki’s Delivery Service adalah rekomendasi film Ghibli besutan Hayao Miyazaki lainnya. Film ini merupakan adaptasi sebuah novel Jepang dengan judul sama karangan Eiko Kadono. Film Kiki’s Delivery Service bercerita tentang penyihir kecil yang memulai hidup baru di sebuah kota.

Seperti rekomendasi film Ghibli lainnya, Kiki’s Delivery Service juga mendapatkan pengakuan dalam dan di luar negeri seperti mendapat penghargaan di 12th Anime Grand Prix. Walt Disney juga turut merilis ulang film Ghibli ni dengan dubbing bahasa Inggris pada tahun 1997 dan tayang secara  premier di United States Theaters ketika festival film internasional di Seattle.

5. When Marnie was There (2014)

When Marnie was There adalah salah satu rekomendasi film Ghibli terbaru yang memiliki genre drama. Film karya sutradara Hiromasa Yonebayashi ini menceritakan tentang seorang gadis yang tinggal di desa dan sedang menjalani pengobatan. Anehnya, di desa tersebut banyak kejadian janggal terjadi. Ini adalah film terakhir dari studio Ghibli sebelum mengumumkan bahwa mereka akan hiatus dan diikuti dengan kabar pensiunnya Hayao Miyazaki.

Ternyata film Ghibli terbaru ini masuk ke dalam nominasi film animasi terbaik di 88th Academy Award.

6. Ponyo (2008)

Ponyo adalah rekomendasi film Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Film ini memiliki genre fantasi dan mengisahkan seekor ikan kecil yang ingin melarikan diri dari lautan untuk mengejar impiannya menjadi manusia.

Film Ghibli Ponyo masuk menjadi kategori lima film yang menghasilkan keuntungan besar. FIlm ini juga memenangkan Japan Academy Film Prize dengan kategori Japan Academy Prize for Animation of the Year 2009.

7. Princess Mononoke (1997)

Rekomendasi film Ghibli berikutnya adalah Princess Mononoke yang merupakan kisah menakjubkan antara manusia dan alam. Menceritakan seorang pemuda desa bernama Ashitaka. Demi melindungi desanya, ia menderita kutukan mematikan. 

Untuk menyelamatkan hidupnya, ia melakukan perjalanan jauh dari alam Roh Hutan Besan ke kedalaman suci dimana ia bertemu dengan San (Putri Mononoke). San adalah gadis yang dibesarkan oleh serigala.

Tidak lama kemudian, Ashitaka terperangkap di tengah-tengah pertempuran antara manusia yang mengeksploitasi hutan demi bijih besi dan pasukan hewan penghuni hutan. Ia harus memanggil kekuatan roh dan mengeluarkan semua keberaniannya untuk menghentikan manusia dan alam untuk saling menghancurkan.

Itulah 7 rekomendasi film Ghibli yang dapat si kecil tonton bersama anggota keluarga lainnya. Manakah film Ghibli yang menjadi favorit Ibu dan si kecil?

Editor: Dwi Ratih