Keluarga

Selalu Dikaitkan Dengan Hal Buruk, Ini 9 Ragam Arti Mimpi Gigi Copot

Selalu Dikaitkan Dengan Hal Buruk, Ini 9 Ragam Arti Mimpi Gigi Copot

Ketika terbangun di tengah malam dan mimpi gigi copot tentu membuat Ibu merasa khawatir sehingga sulit tidur kembali. Apalagi jika mimpi gigi copot berlangsung tak hanya satu kali atau dua kali.

Kebanyakan orang yang mimpi gigi copot khawatir bahwa akan ada sesuatu yang buruk terjadi padanya atau anggota keluarga. Sehingga arti mimpi gigi copot seringkali dikaitkan dengan kejadian buruk.

Melansir Sleep Foundation sebanyak 39% penduduk dunia hampir semua sudah pernah merasakan mimpi gigi copot. Pada beberapa negara, sejak turun temurun mimpi gigi copot memiliki banyak arti.

Mulai dari tanda bahwa kesehatan sedang menurun, kemungkinan kehilangan anggota keluarga dan lain sebagainya. Bahkan arti mimpi gigi copot seringkali dianggap sebagai tanda bahwa Ibu sedang mengalami stres psikologis, lho. Biar nggak salah tafsir, yuk kenali arti mimpi gigi copot menurut pandangan psikologis berikut ini.

Penyebab seseorang mimpi gigi copot


Menurut jurnal Frontiers in Psychology salah satu penyebab seseorang mimpi gigi copot adalah akibat stres psikologis. Terutama saat kita sedang mengalami burnout akibat terlalu banyak pekerjaan, masalah rumah tangga dan masalah lainnya.

Selain faktor psikologis, faktor kesehatan, budaya, dan kesehatan mental kita secara keseluruhan semuanya mungkin dapat berperan. Namun mengenai arti mimpi gigi copot tiap orang punya tafsir yang berbeda.

Namun yang paling populer adalah adanya anggota keluarga yang akan meninggal dalam waktu dekat. Nggak heran, kalau arti mimpi gigi copot sering dikaitkan dengan hal buruk ya Bu.

Meski begitu, arti mimpi gigi copot ternyata nggak selalu buruk kok Bu. Semua tergantung dari pikiran kita saja. Ketika mimpi gigi copot di tengah malam ada baiknya segera berdoa dan selalu berpikiran positif bahwa segalanya akan baik-baik saja.

Beragam arti mimpi gigi copot


Menurut ilmu psikologi, arti mimpi gigi copot sangat beragam. Melansir Healthline berikut adalah arti mimpi gigi copot yang sering dialami oleh banyak orang:

1. Kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai

Mimpi gigi copot bisa diartikan sebagai perasaan seseorang ketika sedang dilanda kesedihan, akibat kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai, seperti:

  • Kematian seseorang yang dicintai;
  • Perceraian;
  • Kehilangan pekerjaan; dan
  • Kehilangan rumah.

Mitos yang berkembang di Indonesia sendiri percaya bahwa mimpi gigi copot erat kaitannya dengan kematian anggota keluarga.

2. Stres

Arti mimpi gigi copot sering dikaitkan dengan faktor stress seseorang. Semua orang bisa merasakannya pada titik tertentu. Ternyata, mimpi gigi copot bisa menjadi pertanda bahwa kita sedang mengalami tingkat stres yang tak lazim.

3. Gangguan kecemasan

Cemas yang berlebihan ternyata bisa membuat kita menggertakkan gigi saat tidur di malam hari, hal ini lah yang menjadi salah satu alasan hadirnya mimpi gigi copot. Gangguan kecemasan sendiri bisa membuat kita merasa khawatir dan insecure untuk waktu yang lama.

4. Adanya perubahan besar dalam hidup

Perubahan besar yang terjadi dalam hidup juga bisa menjadi interpretasi dari arti mimpi gigi copot lho. Apalagi jika perubahan dalam hidup ditandai dengan timbulnya rasa cemas dan khawatir.

5. Adanya trauma pada gigi


Kali ini arti mimpi gigi copot mungkin bisa saja terjadi ketika Ibu benar-benar baru mengalami gigi copot dan merasa trauma akan sakitnya. Nggak heran jika hal ini bisa saja masuk lagi ke dalam mimpi.

Bagi anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan, mimpi gigi copot bisa menjadi pertanda bahwa akan ada gigi baru yang tumbuh.

6. Pertanda buruknya kesehatan

Mimpi buruk seperti mimpi gigi copot, bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, Anda jarang olahraga atau ogah mengonsumsi makanan sehat. Hal ini bisa menyebabkan kualitas tidur tidak baik. Di saat kualitas tidur tidak baik, mimpi buruk bisa datang, salah satunya mimpi gigi copot.

7. Arti mimpi gigi copot semua

Mimpi tentang gigi yang copot ada banyak jenisnya. Ada yang copot langsung semua, atau ada yang copot satu persatu dan lainnya. Untuk arti mimpi gigi copot semua adalah adanya penyesalan karena suatu hal dan adanya kesulitan dalam hidup.

Arti mimpi gigi copot semua memang kebanyakan memiliki makna negatif. Semakin dalam penyesalan yang kita alami maka semakin banyak gigi yang copot.

8. Arti mimpi gigi copot bagian atas

Arti mimpi gigi copot bagian atas biasanya dikaitkan dengan orang tua. Jika bermimpi copot bagian atas, mungkin bisa menandakan bahwa hubungan antara kita dan orang tua mungkin sedang tegang.

Namun, arti mimpi gigi copot bagian atas nggak selalu negatif lho. Karena bisa jadi walau Ibu mimpi gigi copot bagian atas ternyata hubungan kita dengan orang tua sedang baik-baik saja.

Sebaiknya jika hal ini terjadi pada kita, jangan terlalu dipikirkan dan tetaplah berpikiran positif ya Bu! Apalagi mimpi hanyalah bunga tidur.

9. Arti mimpi gigi copot bagian bawah

Arti mimpi gigi copot bagian bawah bisa jadi bisa jadi bahwa akan ada kemalangan yang diterima. Misalnya Ibu akan mengalami kerugian dalam hal bisnis, adanya masalah pada pekerjaan dan lain sebagainya.

Nah, kalau Ibu bermimpi gigi copot bagian bawah ada baiknya untuk selalu berhati-hati dalam segala hal ya Bu.

Editor: Dwi Ratih