Rekomendasi

Terjamin Aman, Ini Dia 5 Rekomendasi Sabun Bayi Anti Alergi

Terjamin Aman, Ini Dia 5 Rekomendasi Sabun Bayi Anti Alergi

Apakah Ibu sedang mencari sabun bayi anti alergi? Selamat! Ibu datang ke laman yang tepat.

Seperti yang kita ketahui, alergi tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Alergi juga dapat terjadi pada bayi. 

Apalagi kulit bayi yang masih tipis dan daya tahan tubuhnya yang masih lemah, membuat bayi berisiko tinggi terpapar bakteri dan rentan bereaksi terhadap alergi.

Bagaimana bayi bisa alergi?


Reaksi alergi pada bayi bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti udara, makanan, atau bahan kimia yang menyentuh kulit bayi. Alergi pada kulit bayi dapat menyebabkan rasa gatal di kulit atau memicu munculnya ruam.

Bahan kimia yang terdapat pada popok, deterjen atau sabun juga dapat menjadi pemicu bayi mengalami alergi. Untuk itu pastikan untuk mengecek kandungan yang terdapat pada produk yang akan digunakan, apakah ada diantara bahan-bahan kimia tersebut yang memicu alergi kulit pada bayi. 

Jika bayi memang memiliki alergi pada bahan kimia tertentu pada sabun yang digunakan, baiknya orang tua memilih sabun bayi anti alergi yang cocok di kulit bayi.

Bagaimana Memilih Sabun Bayi Alergi?

Sabun bayi anti alergi tidak sulit ditemukan di pasaran, kok, Bu. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah kandungan bahan kimia di dalamnya. Jika sabun bayi anti alergi mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), lebih baik hindari untuk menggunakannya. Ini karena kulit bayi yang alergi lebih sensitif dibandingkan kulit normal.

SLS merupakan salah satu zat yang berperan sebagai pencipta busa yang fungsinya mengangkat kotoran dan minyak secara langsung. Pada beberapa orang, SLS bisa menyebabkan alergi, iritasi, dan kemerahan di kulit tubuh. 

Sementara pada kulit kepala, sisa SLS yang masih menempel bisa masuk dan merusak folikel atau tempat tumbuhnya rambut, akibatnya rambut akan mengalami kerusakan. Jadi, busa yang berlebihan pada produk sabun dan shampoo sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk bayi.

Sebelum membeli produk, ada baiknya Ibu membaca ulasan tentang produk yang akan dibeli. Cermat sebelum membeli akan menyelamatkan bayi kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Rekomendasi Sabun Bayi Anti Alergi

Nah, supaya Ibu memiliki referensi produk sabun bayi anti alergi, berikut adalah rekomendasi sabun bayi anti alergi yang aman. Kita simak, yuk!

1. Mama’s Choice Baby Hair & Body Wash

Photo source: @mamaschoieid

Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash berfungsi untuk membersihkan kulit dan rambut bayi tanpa menyebabkan iritasi serta tidak membuat kulit kering. 

Sabun bayi anti alergi ini terbuat dari kombinasi bahan alami seperti lavender dan chamomile yang bebas sulfat, paraben, dan alkohol, sehingga membuat kulit kepala si kecil yang masih tipis dan kulit tubuh yang masih sensitif bersih terlindungi sepanjang hari.

Cara memakai Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash hampir sama seperti menggunakan body wash pada umumnya, yakni, kocok botol sebelum digunakan, tuangkan isi produk secukupnya di telapak tangan lalu usapkan merata pada rambut dan tubuh si kecil yang sudah dibasahi. 

Usap lembut tubuh si kecil sampai berbusa, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Pigeon Baby Liquid Soap Chamomile

Photo source: pigeon.co.id

Sabun bayi anti alergi selanjutnya adalah Pigeon Baby Liquid Soap Chamomile. Sabun  ini bersifat hypoallergenic sehingga aman digunakan sehari-hari untuk kulit sensitif bayi dan tidak menimbulkan alergi. Aromanya yang menenangkan dan tahan lama membuat bayi tetap merasa nyaman. 

Produk ini terbuat dari material bebas BPA untuk kebutuhan kulit bayi agar senantiasa sehat dan terawat. Harganya juga cukup terjangkau, lho Bu.

3. Pure Baby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin


Photo Source: @purebbindonesia


Sabun bayi anti alergi selanjutnya yang dapat menjadi pilihan Ibu adalah Pure Baby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin yang memang diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Teksturnya cair sehingga lebih praktis untuk digunakan.

Sabun ini mengandung ekstrak oat kernel dan chamomile yang membantu membersihkan dan merawat kulit dari iritasi ringan. Sabun bayi anti alergi satu ini juga mampu mencegah berbagai gangguan kulit yang rentan terjadi pada bayi, seperti ruam, alergi, dermatitis, dan biang keringat.

Sabun ini tidak mengandung SLS dan memiliki pH yang seimbang sehingga aman digunakan bayi. Selain itu, sabun bayi anti alergi ini di produksi di perusahaan farmasi standar GMP (Good Manufacturing Practice), sehingga lebih aman dan terjamin mutunya.

4. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo


Photo source: @cetaphil_id


Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo with Organic Calendula membersihkan sekaligus membantu menjaga kulit dan rambut bayi. Sabun anti alergi ini memiliki formula lembut yang teruji secara klinis dan cocok untuk kulit bayi yang sensitif sejak baru lahir.

Organic calendula-nya membantu menenangkan kulit bayi yang kering. Biasanya kulit yang kering terasa gatal dan mudah terasa perih. Selain itu, minyak sweet almond dan minyak bunga matahari-nya membuat kulit lebih lembut dan memperbaiki tekstur kulit. Sabun ini dapat digunakan setiap hari dari kepala hingga ujung kaki.

5. Buds Super Soothing Hydrating Cleanser


Siapa yang tidak kenal kualitas Buds Organic? Sabun anti alergi yang satu ini mengandung prebiotik untuk membantu meningkatkan daya tahan kulit pada tubuh bayi yang berfungsi melawan kuman atau bakteri penyebab penyakit kulit. Aloe Vera berfungsi melembutkan kulit sehingga kulit bayi tidak kering sehabis mandi.

Sabun bayi anti alergi ini juga mengandung vitamin E  yang memberikan nutrisi pada kulit bayi. Sabun anti alergi yang terbuat dari bahan organik ini juga mengandung hydrating fructan, mild sugar, dan asam amino yang berfungsi mengurangi rasa gatal akibat eksim. 

Buds Super Soothing Hydrating Cleanser tidak mengandung pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, sehingga aman juga digunakan pada bayi yang baru lahir.

Nah, itu dia rekomendasi sabun bayi anti alergi untuk si kecil di rumah. Manakah yang jadi favorit Ibu?

Editor: Dwi Ratih