Keluarga

Ucapan Selamat Hari Perempuan Internasional untuk Perempuan Hebat!

Ucapan Selamat Hari Perempuan Internasional untuk Perempuan Hebat!

Selamat Hari Perempuan Internasional!

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret. Di hari yang istimewa ini kita diajak untuk meningkatkan kesadaran akan kesetaraan gender hingga nanti tercipta masyarakat yang lebih baik tanpa bias gender.

Tiap tahun, ada tema berbeda yang diangkat untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. Tahun 2022 ini bertemakan, “Gender equality today for a sustainable tomorrow” atau “Kesetaraan gender hari ini, untuk masa depan yang berkelanjutan”.

Hari spesial ini juga merupakan momen yang tepat untuk merayakan pencapaian perempuan dan esensi menjadi perempuan itu sendiri. Kamu bisa memulai hari dengan membaca ucapan selamat Hari Perempuan Internasional penuh inspirasi berikut ini.

Sejarah Hari Perempuan Internasional 

Tak lengkap jika membahas ucapan Hari Perempuan Internasional tanpa mengetahui sejarahnya dahulu. Peringatan Hari Perempuan paling awal dalam sejarah adalah perayaan “National Women’s Day” pada tanggal 28 Februari 1909 di New York City, Amerika Serikat. 

Saat itu, perayaan hari perempuan diadakan oleh Partai Sosialis Amerika dengan saran dari seorang aktivis perempuan, Theresa Malkier. 

Hari Perempuan Internasional yang diperingati tiap tanggal 8 Maret sendiri dimulai di Petrograd, Rusia (sekarang Saint Petersburg). Tepat di tanggal 8 Maret 1917, para perempuan pekerja tekstil melakukan aksi demonstrasi dengan tuntutan untuk mengakhiri Perang Dunia I. 

Gerakan tersebut begitu luar biasa hingga menggerakkan seluruh elemen masyarakat, bukan cuma perempuan saja. Ini membuktikan bahwa perempuan pun bisa berkontribusi aktif bagi kesejahteraan masyarakat.

Ucapan Selamat Hari Perempuan Internasional

Untuk merayakan hari yang istimewa ini, kamu bisa mengirimkan ucapan selamat Hari Perempuan Internasional kepada perempuan hebat di sekitarmu. Bisa juga dengan mencatat quotes bijak untuk disimpan dan dijadikan penyemangat. 

Berikut adalah beberapa kalimat ucapan selamat Hari Perempuan Internasional yang bisa kamu kirimkan kepada para perempuan tangguh di sekelilingmu.

  1. Menjadi seorang perempuan jelas bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali peran yang harus dimainkan. Walau begitu, kamu mampu melakukannya dengan begitu luar biasa hingga membuat saya merasa bangga. Salam hangat untukmu di Hari Perempuan ini.
  2. Selamat Hari Perempuan untuk perempuan yang penuh keberanian dan kekuatan. Semoga bisa terus memberikan inspirasi bagi orang lain di sekitar.
  3. Mengenal perempuan sepertimu selalu menyenangkan, karena ada banyak sekali hal yang bisa dipelajari darimu. Selamat Hari Perempuan!
  4. Secara fisik, perempuan mungkin tidak akan pernah sekuat pria. Namun, perempuan mampu memberikan semua kekuatan yang dimiliki pria. Bahagia untukmu di Hari Perempuan ini!
  5. Mengucapkan Selamat Hari Perempuan untuk seluruh perempuan terhebat yang membuat hidup terasa lebih indah dan menyenangkan!

Ucapan Hari Perempuan Internasional dalam Bahasa Inggris


  1. In this world, only women can almost die and give birth at the same time. You’re strong and tough. Happy International Women’s Day!
  2. Your patience, your kind heart, and your unconditional love always inspires me. Wishing a warm Happy Women’s Day to you!
  3. That famous quote says that “behind every successful man is a woman”, but I know it’s never true because she is always with him, not behind him. Wishing a very Happy Women’s Day!
  4. Warm wishes on Women’s Day. Without women, this world is going to be dull as you give colors to it.
  5. On this beautiful day, I extend my warm wishes to you. You are precious and important. Always take care of yourself. Happy Women’s Day!

Kata-kata Bijak untuk Hari Perempuan Internasional dari Para Tokoh Dunia 

Selain kalimat ucapan untuk dibagikan kepada ibu, sahabat atau saudara perempuan, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dari kata-kata bijak para tokoh dunia dalam menyambut Hari Perempuan Internasional. Yuk, simak bersama!

  1. “Do not ever underestimate the importance you can have, because history has shown us that courage can be contagious and hope can take on a life of its own.” –Michelle Obama.
  2. “I raise up my voice, not so that I can shout, but so that those without a voice can be heard. We cannot all succeed when half of us are held back.” –Malala Yousafzai.
  3. “Both men and women should feel free to be sensitive. Both men and women should feel free to be strong.” –Emma Watson.
  4. “Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapatkan pendidikan cukup seperti kaum laki-laki.” –R.A. Kartini.
  5. “Tak akan ada pemberdayaan lebih kekal dan berkelanjutan, tanpa melibatkan perempuan.” –Najwa Shihab.
  6. “Menjadi kuat bukan berarti kamu tahu segalanya. Bukan berarti juga kamu tidak bisa hancur. Kekuatanmu itu ada pada kemampuanmu untuk bangkit kembali setelah berkali-kali jatuh.” –Dewi “Dee” Lestari.

Nah, itulah beberapa ucapan untuk memperingati Hari Perempuan Internasional tahun ini. Semoga dengan kata-kata bijak di atas, kamu bisa lebih termotivasi untuk berkarya dan tetap semangat menjalani keseharian sebagai perempuan. 

Ingat, sebagai perempuan, kamu spesial dan istimewa. Sekali lagi, Selamat Hari Perempuan Internasional!

Editor: Dwi Ratih