Keluarga

Wajib! 7 Jenis Obat Saat Mudik Untuk Pertolongan Pertama

Wajib! 7 Jenis Obat Saat Mudik Untuk Pertolongan Pertama

Waktu mudik sebentar lagi tiba, jangan lupa untuk selalu menyediakan obat saat mudik sebagai pertolongan pertama, bila terjadi sesuatu pada anggota keluarga. Jika Ibu kerap kali melakukan mudik tahunan, maka obat wajib saat mudik tersebut memang tidak boleh ketinggalan demi kenyamanan dan kesehatan keluarga.

Dengan membawa obat saat mudik, juga bikin Ibu jauh lebih tenang, bukan? Beberapa obat saat mudik yang umum di bawa adalah, obat demam, obat diare, obat alergi dan pil antimabuk. Obat-obatan ini mungkin bisa kita beli di kampung halaman, ya.

Namun, dari pada membeli, Ibumin prefer untuk membawa saja dari rumah. Apalagi, belum tentu di daerah yang kita tuju, obat-obatan jenis tertentu bisa ditemukan.

Yuk, kita bahas bersama apa saja sih 7 jenis obat wajib saat mudik yang perlu di bawa sebagai pertolongan pertama nanti!

Mabuk perjalanan yang kerap menghampiri pemudik


Melansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mabuk perjalanan biasanya terjadi saat gerakan yang Ibu lihat berbeda dari apa yang telinga bagian dalam Ibu rasakan. Singkatnya, mabuk perjalanan adalah sebuah kondisi dimana Ibu merasa sakit dan tidak nyaman selama berkendara menggunakan alat transportasi seperti mobil, kapal, pesawat, atau kereta api.

Mabuk perjalanan bisa dicegah dan diatasi tanpa menggunakan obat jika kondisinya masih stabil dan tidak parah. Namun bila ternyata tidak dapat dicegah, maka Ibu harus menyiapkan obat saat mudik yang tepat.

Bagi orang dewasa, obat muntah saat naik mobil bisa menyebabkan kantuk, namun bagi anak-anak mungkin punya efek sebaliknya, seperti lebih aktif dari biasanya. Pemberian obat muntah saat naik mobil untuk anak-anak, harus sesuai dengan anjuran dokter atau saran penyajian obat yang tertera pada kemasan.

Pemberian obat muntah saat naik mobil untuk anak-anak harus sesuai dengan anjuran dokter, atau saran penyajian obat yang tertera pada kemasan. Ada baiknya Ibu konsultasikan dulu sebelum memberi obat muntah untuk anak supaya dosisnya tepat.

Alternatif lain supaya anak tidak mabuk saat diajak mudik adalah, dengan memberinya makanan ringan kesukannya selama diperjalanan. Ibu juga bisa pastikan waktu istirahat si kecil cukup baik untuk menghindari tantrum, atau rasa tidak nyaman selama melakukan perjalanan.

Apalagi, melansir dari laman National Health Service, penyebab utama mabuk perjalanan biasanya dikarenakan adanya gerakan berulang, berkelok, atau gerakan tidak nyaman lainnya. Mengakibatkan, telinga pada bagian dalam akan mengirimkan sinyal berbeda ke otak dibandingkan dengan yang dilihat oleh mata. Sehingga seringkali menyebabkan ketidaknyamanan muncul tiba-tiba.

Rekomendasi obat saat mudik yang wajib dibawa


Obat saat mudik yang wajib dibawa ternyata bukan hanya obat muntah saat naik mobil atau kendaraan lainnya saja, lho! Melansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ternyata obat wajib saat mudik yang perlu di bawa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Obat anti mabuk

Obat anti mabuk biasanya sama seperti obat muntah saat naik mobil atau kendaraan lainnya yang biasa dikonsumsi. Jenis obat yang satu ini memang cukup efektif mencegah gejala mabuk yang cukup parah, apalagi bila melalui perjalanan yang tak nyaman.

Sebelum melakukan perjalanan, disarankan agar perut terisi dengan makanan dan minuman bergizi. Jika perlu minum vitamin supaya tubuh dalam kondisi fit, sehingga tidak memerlukan obat saat mudik berlangsung.

2. Obat untuk pusing atau sakit kepala

Pusing atau sakit kepala bisa menyerang siapa saja terutama di momen mudik yang Ibu jalani. Menyediakan obat saat mudik seperti obat sakit kepala, sama pentingnya saat menyiapkan obat anti mabuk karena kondisi ini bisa terjadi kapan saja.

Obat sakit kepala merupakan salah satu obat wajib saat mudik, yang dapat dengan mudah ditemui di mana saja. Pastikan obat masih dalam kondisi bagus dan jauh dari tanggal kadaluarsa ya.

3. Parasetamol


Menyiapkan obat saat mudik ternyata cukup kompleks ya, Bu? Supaya perjalanan kali ini tetap aman, Ibu sebaiknya menyiapkan parasetamol sebagai salah satu obat saat mudik.

Parasetamol digunakan untuk meredakan nyeri, sakit, hingga demam yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Konsultasikan kembali pada dokter anak, obat penurun panas apa saja yang telah aman digunakan dan boleh dibawa sebagai obat wajib saat mudik.

4. Berbagai macam minyak balur

Minyak balur penting juga di bawa sebagai obat saat mudik untuk pemakaian luar. Beberapa minyak balur yang sangat berguna adalah kayu putih, minyak telon, minyak sereh, atau balsam.

Aroma pada minyak balur biasanya mampu meredakan mabuk yang dirasakan oleh penumpang. Pastikan juga sirkulasi udara pada ruangan kendaraan juga cukup bagus ya, sehingga aroma minyak balur tidak membuat sakit kepala penumpang lainnya.

5. Sirup herbal

Sirup herbal dapat menjadi salah satu obat saat mudik yang bisa dibawa. Sirup herbal yang dimaksud biasanya berfungsi, untuk meningkatkan stamina pada tubuh dan memulihkan kembali badan yang lelah karena seharian berada di perjalanan.

Jika tidak menyukai sirup herbal, bisa diganti dengan multivitamin atau suplemen makanan untuk meningkatkan stamina tubuh. Sesuaikan dengan kondisi badan kita juga ya.

6. Obat diare

Saat sedang mudik, Ibu bisa mencoba berbagai macam jenis makanan dan minuman di daerah tersebut. Tak heran juga bila diare bisa menyerang kapan saja, karena perut tidak cocok dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Obat saat mudik yang tak kalah penting adalah obat diare, untuk menekan penyakit tersebut saat itu juga. Diare yang terjadi saat mudik tentu akan sangat mengganggu, terutama bila melakukan perjalanan menggunakan mobil yang belum tentu mudah menemukan toilet umum.

7. Obat luka, plester atau kain kasa

Sudahkah Ibu menyiapkan obat luka yang terdiri dari plester atau kain kasa? Jika belum, maka ini merupakan salah satu obat wajib saat mudik untuk mengobat luka pada tubuh.

Menyediakan plester, kain kasa, atau obat tetes luka sangat penting untuk pertolongan pertama bila ada anggota tubuh yang mengalami luka. Simpan semua obat ini dalam wadah atau kotak yang bersih ya.

Editor: Aprilia