Kesehatan Dibaca 129 kali

9 Rekomendasi Merek Obat Demam Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
9 Rekomendasi Merek Obat Demam Anak

Demam bukanlah suatu penyakit, demam adalah tanda bahwa tubuh sedang melawan penyakit. Demam nggak selamanya menandakan bahaya, namun juga bisa menyertai penyakit tertentu. Bagi bayi dan anak-anak, meningkatnya suhu tubuh bisa jadi tanda tubuh anak sedang melawan infeksi. Ketika mengukur suhu tubuh, termometer oral dan rektal adalah yang paling akurat.

Untuk memberikan obat-obatan, terutama pada bayi dan anak-anak, tentu nggak boleh sembarang, ya, Bu. Sebaiknya Ibu dan Ayah berkonsultasi dulu dengan dokter, mengenai kapan sebaiknya anak diberi obat dan berapa dosis yang tepat untuk anak Anda, karena biasanya dosis obat diberikan berdasarkan berat badan.

Kapan seharusnya membawa anak yang demam ke dokter? 

  • Bayi usia di bawah tiga bulan, harus segera dibawa ke dokter jika pengukuran suhu melalui anus mencapai 38 C.

  • Bayi dalam rentang usia tiga hingga enam bulan, harus segera dibawa ke dokter jika pengukuran suhu melalui anus mencapai 38,9 C. Biasanya anak akan menunjukkan gejala lesu dan rewel.

  • Anak usia enam bulan hingga dua tahun, harus segera dibawa ke dokter jika pengukuran suhu melalui anus mencapai 38,9 C dan demam sudah lebih dari satu hari.

  • Segera bawa anak ke dokter jika suhu tubuhnya meningkat dan anak menunjukkan gejala seperti rewel, muntah berulang, mengalami penurunan dalam merespons atau demam sudah berlangsung selama tiga hari.

Berikut adalah referensi obat demam anak:

  1. Farsifen Ibuprofen

    Obat Demam Anak Farsifen Ibuprofen

    Merek obat penurun demam dengan rasa stroberi ini, juga bisa diminum untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Bahkan, untuk orang dewasa, bisa membantu mengurangi kram saat menstruasi, nyeri otot dan arthritis. Jadi, obat ini bisa punya banyak fungsi. Tapi harus diperhatikan bahwa merek obat demam ini nggak dianjurkan untuk anak-anak usia dini, atau diperbolehkan untuk anak-anak sekitar usia tujuh tahun. Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasikan penggunaannya dengan dokter, ya. Farsifen Syrup 60ml harganya terjangkau banget, nih, Bu, cukup dengan Rp9.200 saja. Yuk, klik di sini untuk berbelanja.

  2. Termorex

    Obat Demam Anak Termorex

    Adalah merek obat demam anak yang tanpa menggunakan kandungan alkohol. Merek obat demam anak yang satu ini, juga punya banyak varian. Yaitu Termorex Baby, Termorex Sirup Turun Panas dan Termorex Plus. Termorex Sirup Turun Panas dan Termorex Plus tersedia dalam dua ukuran, yaitu kemasan 30ml dan 60ml. Jika Termorex Sirup Turun Panas hanya untuk meredakan gejala demam dan nyeri, Termorex Plus bisa digunakan untuk membantu mengatasi flu, batuk pada anak, dengan gejala sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

    Untuk mendapatkan produk yang asli, salah satunya, Ibu bisa langsung berbelanja di sini. Termorex Sirup Turun Panas 30ml misalnya, bisa Anda beli dengan harga Rp10.200 per botol. 

  3. Panadol Anak-anak

    Obat Demam Anak Panadol Anak-anak

    Satu lagi, nih, paracetamol adalah merek obat demam non alkohol yang pastinya sudah Ibu ‘kenal’. Panadol Anak-anak Paracetamol tersedia dalam empat jenis produk. Yaitu, Panadol Anak Drops untuk usia baru lahir hingga satu tahun (dengan rasa cherry vanilla), Panadol Anak Syrup untuk anak usia satu sampai enam tahun (dengan rasa raspberry), Panadol Anak Suspension untuk enam tahun ke atas (dalam varian rasa jaruk) dan Panadol Anak tablet untuk usia dua sampai dua belas tahun. Untuk Panadol jenis yang terakhir ini, chewable, ya, Bu, atau berbentuk tablet kunyah dengan rasa cherry. Nah, Panadol tablet ini cocok buat disimpan di tas, terutama jika Ibu dan keluarga hendak berpergian.

    Selain sebagai Pereda demam, Panadol Anak-anak juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi batuk pilek pada anak, sakit kepala, dst. Untuk harga yang lebih terjangkau, Ibu bisa memilih Panadol Anak Tablet. Per satu strip, dijual dengan harga Rp15.000, di marketplace berikut.

  4. Sanmol Paracetamol Syrup

    Obat Demam Anak Sanmol Paracetamol Syrup

    Adalah merek obat demam atau penurun panas yang diproduksi oleh Sanbe dan termasuk golongan obat berlabel hijau, atau obat bebas. Penting, nih, buat Ibu dan Ayah ingat, merek obat demam anak ini, tidak diperuntukkan untuk bayi, ya, tapi untuk anak umur satu hingga dua belas tahun. Selain berfungsi sebagai Pereda demam dan nyeri, Sanmol Paracetamol Syrup juga bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan flu pada anak. Sanmol Paracetamol Syrup isi 60ml, dengan kisaran harga Rp16.500, bisa Ibu pesan di sini

  5. Dumin Paracetamol Syrup

    Obat Demam Anak Dumin Paracetamol Syrup

    Paracetamol merk ini adalah salah satu yang paling mudah didapat, nggak memerlukan resep dari dokter dan harganya pun terjangkau. Paracetamol memang menjadi salah satu obat yang wajib disediakan di rumah. Nah, Dumin pun ternyata ada juga jenis untuk anak-anaknya. Dumin Paracetamol Syrup boleh dikonsumsi untuk bayi hingga anak usia dua belas tahun. Ayo, beli merek obat demam ini untuk persediaan di rumah, klik di sini, ya. Per botol isi 60ml, seharga Rp22.000 saja.

  6. Praxion Paracetamol

    Obat Demam Anak Praxion Paracetamol

    Adalah merek obat demam anak keluaran Pharos dan bisa dibeli tanpa menggunakan obat dokter. Untuk  anak-anak, Praxion Paracetamol terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Praxion Paracetamol Drops, Praxion Paracetamol Syrup dan Praxion Paracetamol Forte. Praxion Syrup dan Forte ini, dengan rasa jeruk, ya, sehingga anak nggak kesulitan untuk meminumnya. Pastikan Ibu membeli berbagai merek obat demam di tempat yang terjamin kualitasnya, misalnya di sini. Praxion Paracetamol Syrup isi 60ml, bisa Anda beli mulai dari harga Rp26.400.

  7. Proris Ibuprofen

    Obat Demam Anak Proris Ibuprofen

    Selain sebagai pereda demam dan nyeri, merek obat demam anak Proris Ibuprofen ini juga biasa digunakan untuk mengatasi gejala peradangan ringan. Proris obat demam anak, punya beberapa varian. Yaitu Proris Flavoritz, untuk anak usia satu hingga duabelas tahun, tersedia dengan tiga rasa, seperti anggur, pisang dan bubble gum. Selanjutnya, ada Proris Ibuprofen dan Proris Ibuprofen Forte. Klik di sini untuk belanja aman dan nyaman. Proris Ibuprofen 60ml, bisa Ibu beli seharga Rp26.500.

  8. Tempra Paracetamol

    Obat Demam Anak Tempra Paracetamol

    Adalah merek obat demam yang sudah lama digunakan. Tempra Syrup diperuntukkan bagi anak usia satu hingga enam tahun, dengan catatan, untuk anak di bawah usia dua tahun ke bawah, obat ini hanya boleh diberikan hanya jika dianjurkan oleh dokter. Tempra Syrup mengandung 160mg paracetamol, yang bekerja sebagai antipiretika, yaitu pereda demam dan pereda nyeri, misalnya setelah anak imunisasi atau sedang sakit gigi.

    Selain Tempra Syrup, juga tersedia Tempra Drop untuk bayi baru lahir hingga usia satu tahun dan Tempra Forte dengan rasa jeruk untuk anak usia enam hingga duabelas tahun. Untuk usia di atasnya, bisa mengonsumsi obat ini sebanyak dua kali lipat, atau baca petunjuknya pada kemasan. Tempra Paracetamol kemasan kecil, atau 60ml, dengan harga Rp46.000, bisa dibeli di sini.

  9. Pamol Paracetamol Drop

    Obat Demam Anak Paracetamol Drop

    Cari merek obat demam untuk anak-anak dibawah usia dua tahun? Nah, Ibu bisa menggunakan obat ini, nih, Pamol Paracetamol Drop, diperuntukkan untuk usia bayi hingga dua tahun. Untuk dosisnya, silakan mengikuti anjuran pada kemasannya. Pamol Paracetamol Drop ukuran 15ml, dijual dengan harga sekitar Rp51.000. klik di sini untuk memesan secara online.

Cara Mengatasi Anak Demam di Rumah

Nah, karena ketika anak demam, nggak melulu harus segera diatasi dengan obat-obatan, Ibu bisa menerapkan home remedy berikut ini untuk mengatasi demam anak yang kami kutip dari webmd

  • Usahakan anak untuk tidur. Jika anak nggak merasa mengantuk, setidaknya ajak untuk beristirahat, misalnya sambil membaca buku. Intinya adalah anak disarankan untuk membatasi kegiatan.

  • Memperbanyak minum agar tubuh tetap terhidrasi. Selain air putih, bisa juga dengan susu, jus atau sup.

  • Pakaikan anak pakaian yang ‘ringan’ dan biarkan anak beristirahat di ruangan yang cukup sejuk.

  • Jangan memberikan obat demam anak berupa kandungan ibuprofen untuk anak di bawah usia enam bulan.

  • Mandikan anak dengan air hangat atau kompres dengan air hangat. Ingat, nih, bukan dengan air dingin, ya.

Itulah beberapa referensi obat demam anak dan tips bagaimana mengatasi demam anak di rumah.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih