Keluarga

Yuk Ajari Si Kecil Baca Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur

Yuk Ajari Si Kecil Baca Doa Bangun Tidur dan Sebelum Tidur

Menurut ajaran Islam, di manapun kita berada harus selalu diawali dan diakhiri dengan berdoa. Doa dapat diartikan sebagai permohonan dan permintaan dari seorang hamba kepada Allah SWT dengan menggunakan lafaz yang dikehendaki dan dengan memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Hal ini perlu ditanamkan sejak masih kecil agar tercipta kebiasaan yang baik sebagai hamba Allah SWT. Nah, berdoa sendiri nggak hanya dilakukan saat kita menginginkan sesuatu ya Bu.

Doa sebaiknya dipanjatkan juga ketika sedang melakukan hal sekecil apapun. Salah satunya adalah membaca doa sebelum dan doa bangun tidur. Tujuannya tak lain adalah untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar diberikan tidur yang nyenyak, sekaligus mensyukuri nikmat tidur yang sudah diberikan Allah kepada hambanya.

Adab-adab sebelum dan bangun tidur


Mengutip Radio Rodja menurut Hadist Riwayat Bukhari, dijelaskan bahwa tiap kali kita tidur dan bangun tidur ada adab-adab yang sudah ditetapkan. Salah satunya adalah dengan membaca doa sebelum dan doa bangun tidur.

Adapun membaca doa sebelum dan sesudah tidur adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Untuk itu sebagai umatnya sudah seharusnya bagi kita untuk membiasakan diri membaca doa sebelum dan bangun tidur.

Namun sebelum membahas mengenai doa bangun tidur dan sebelum tidur, ada baiknya kita bahas mengenai adab-adabnya dulu untuk pelan-pelan diajarkan kepada si kecil ya Bu. Melansir Almanhaj berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari ada beberapa adab tidur sebagai berikut:

  1. Tidak mengakhirkan tidur malam selepas shalat Isya’ kecuali dalam keadaan darurat seperti untuk mengulang (muraja’ah) ilmu atau adanya tamu atau menemani keluarga. Usahakan untuk tidur setelah menunaikan salat Isya untuk menyempurnakan adab tidur.
  2. Hendaknya tidur dalam keadaan sudah berwudhu’ terlebih dahulu. Tujuannya untuk melindungi diri dari godaan syetan yang terkutuk.
  3. Hendaknya mengibaskan tempat tidur (membersihkan tempat tidur dari kotoran) ketika hendak tidur. Tujuannya adalah agar kita bisa tidur pulas dan terhindar dari godaan syetan yang gemar meniduri tempat tidur kita.
  4. Nabi Muhammad SWT, biasa menindihkan posisi kanan atau menjadikan posisi kanan berada di bawah kemudian meletakkan telapak tangan kanannya di pipinya. Dengan kata lain, ketika hendak tidur sebaiknya mendahulukan posisi tidur di sebelah kanan. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ. “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” [HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710].
  5. Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam ataupun tidur siang. Apalagi jika tidur telungkup dalam keadaan lelap.
  6. Membaca ayat-ayat Al-Quran; ayat Kursi, dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, membaca Qul Huwallaahu Ahad, Qul a’uudzu bi Rabbil falaq dan Qul a’uudzu bi Rabbin naas.

Bacaan doa sebelum tidur


Setelah menyelesaikan adab-adab sebelum tidur tersebut, baru sebaiknya mengakhiri berbagai do’a tidur dengan do’a berikut:

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuut

Artinya:

“Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati”.

Tak hanya itu, ada satu lagi bacaan doa sebelum tidur yang bisa dibaca dalam Bahasa Arab, latin, serta artinya berikut ini.

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Bismikallohumma ahya wa amuut

Artinya:

“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

Bacaan doa bangun tidur


Setelah bangun dari tidur, alangkah baiknya memanjatkan doa bangun tidur berikut ini:

‎اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba'da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuur.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”.

Manfaat doa sebelum tidur

Ketika tidur, manusia membutuhkan pertolongan dan pengamanan dari Allah SWT agar terhindar dari mimpi buruk dan tetap bisa bangun keesokan harinya. Selain itu, membaca doa sebelum tidur dapat membuat manusia terhindar dari perbuatan buruk sebelum tidur.

Sejak sedini mungkin hal ini penting untuk ditanamkan ya Bu. Supaya si kecil makin paham tentang nilai agama sebagai tiang kehidupan.

Manfaat doa bangun tidur

Doa bangun tidur merupakan wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk membuka mata dan menjalankan aktivitas harian dengan baik. Berdoa sesudah bangun tidur juga melatih diri untuk selalu mengingat Allah SWT. Sebab kita sebagai manusia bisa saja tidak dibangunkan kembali dari tidur.

Tidak seperti doa hendak tidur, beberapa orang biasanya seringkali melewatkan doa bangun tidur. Padahal doa bangun tidur memiliki manfaat yang sama seperti halnya doa hendak tidur. Sebaiknya kedua doa ini harus diajarkan bersamaan ya Bu.

Berdoa merupakan cara umat manusia untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta sebagai bentuk permohonan perlindungan bagi manusia yang masih hidup di dunia ini. Untuk itu yuk, ajarkan si kecil untuk selalu berdoa ketika hendak tidur dan setelah bangun tidur. Agar tercipta kebiasaan yang baik dalam mengingat kehadiran Allah SWT dimanapun dan kapanpun kita berada.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih