Kesehatan

10 Makanan Sehat untuk Rambut! Bikin Makin Indah

10 Makanan Sehat untuk Rambut! Bikin Makin Indah

Makanan sehat untuk rambut dapat membantu rambut Ibu tumbuh lebih kuat, bersinar, dan tak mudah rontok di sepanjang usia. Melansir dari laman Healthline, rambut akan tumbuh 1,25 cm setiap bulannya dan 15 cm per tahun. Seberapa cepat rambut akan tumbuh bergantung dari banyak hal seperti faktor usia, kesehatan, genetik atau keturunan, dan diet atau nutrisi apa saja yang kita konsumsi. 

Beberapa hal tak bisa kita cegah atau ubah, misalnya faktor usia dan keturunan, namun dengan diet atau melakukan gaya hidup sehat dapat membantu rambut Ibu tumbuh lebih sehat. Masalah rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang paling sering dikeluhkan oleh setiap orang terutama wanita. Kerontokan rambut ini ada kaitannya dengan banyak hal seperti asupan apa saja yang kita konsumsi, atau perawatan rambut apa yang Ibu gunakan. 

Nutrisi yang masuk pada tubuh turut menyumbang kondisi kesehatan rambut Ibu, oleh karenanya memilih makanan sehat sangatlah penting. Sementara itu, rambut rontok juga dapat diakibatkan karena perawatan rambut yang kurang cocok, misalnya pemilihan bahan sampo yang terlalu keras untuk kondisi rambut Ibu, atau perawatan rambut yang melibatkan pemakaian alat-alat panas seperti hairdryer dan semacamnya.

Ciri-Ciri Rambut yang Sehat


Mengutip dari laman Insider, tanda Ibu memiliki rambut sehat cukup banyak dan bervariasi, bahkan beberapa dari kita justru tidak menyadari bahwa rambut kita sebenarnya sudah sehat dan tidak memerlukan perawatan rambut lebih lanjut. Berikut ini beberapa ciri-ciri rambut yang sehat:

1. Rambut Tampak Sehat dan Indah Setelah Potong Rambut

Bila Ibu termasuk salah satu yang tidak terlalu suka memiliki rambut panjang, maka memotongnya menjadi lebih pendek justru akan membuat rambut Ibu terlihat rapi dan sehat. Perawatan rambut sederhana seperti potong rambut ini juga dapat menunjukkan kesehatan rambut yang Ibu miliki. Seorang penata rambut profesional pernah mengungkapkan bahwa bisa jadi salah satu hal yang dapat menyelamatkan rambut kita adalah dengan potong rambut. Rambut yang rusak belum tentu dari akar hingga pangkal rambut, dan memotong rambut dapat menjadi jalan keluar yang tepat.

2. Rambut Terlihat Berkilau


Pernahkan Ibu melihat rambut yang begitu berkilau di iklan-iklan sampo? Faktanya, rambut yang sehat adalah rambut yang berkilau meskipun tidak sesilau iklan komersil di televisi atau media manapun. Matthew Guilin, seorang ahli penataan rambut menjelaskan bahwa rambut yang berkilau berasal dari minyak alami yang ada pada kulit kepala menyebar sempurna ke seluruh bagian rambut dari akar hingga bagian bawah, inilah mengapa rambut seseorang tampak berkilau indah. 

3. Rambut Rontok Saat Keramas atau Menyisirnya

Matthew Gullin juga mengungkapkan bahwa saat Ibu mencuci rambut atau menyisirnya dan ternyata ada rambut yang rontok, maka itu pertanda rambut Ibu masih sehat. Saat itu rambut sedang mengalami sebuah siklus dimana rambut yang rontok akan segera digantikan dengan rambut yang tumbuh. Namun bila kerontokan rambut sangat parah saat keramas atau disisir, Ibu bisa berkonsultasi pada ahlinya untuk solusi tepat masalah ini. Pemilihan makanan sehat untuk rambut rontok juga dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut Ibu.

4. Rambut Tidak Mudah Kusut

Rambut yang sering kali kusut dapat disebabkan karena ada banyak rambut bercabang yang dibiarkan tumbuh begitu saja. Rambut yang sering kusut tentu saja bukanlah hal yang baik karena selain tidak sehat, tampilan rambut menjadi mudah berantakan dalam segala situasi. Memangkas rambut secara rutin merupakan perawatan rambut yang dapat membantu mencegah rambut bercabang.

5. Rambut Terasa Lembut dan Halus Saat Disentuh 


Perawatan rambut yang benar dan tepat akan membuat rambut terasa lembut dan halus saat disentuh, ini adalah tanda bahwa rambut Ibu sehat. Mengkonsumsi makanan sehat untuk rambut juga dapat membantu rambut tumbuh dengan lembut dan halus. Cobalah lakukan percobaan pada rambut Ibu dengan menyisirnya dengan jari, bila terasa lembut dan halus maka rambut masih sehat dan indah.

6. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Apapun hasilnya, bila Ibu menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi maka sudah pasti kesehatan rambut akan tetap terjaga dengan baik. Tak hanya perawatan rambut saja yang dibutuhkan karena mengkonsumsi makanan untuk rambut sehat dan lebat juga sangat penting. Saat ini juga sudah banyak bahan makanan yang menjadi makanan sehat untuk pertumbuhan rambut. Jangan lupa juga untuk mengetahui sejumlah tips rambut sehat untuk diterapkan setiap saat ya.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Rambut

Mengkonsumsi makanan sehat untuk rambut tak hanya akan membuat rambut tampak indah saja, namun Ibu bisa mengurangi kekhawatiran terhadap rambut rontok. Melansir dari laman Radiance by WebMD, inilah beberapa makanan sehat untuk rambut yang sangat mudah didapat di sekeliling kita:

1. Konsumsi Bayam untuk Rambut Rapuh


Rambut Ibu terasa sangat rapuh? Saatnya bernafas lega karena bayam bisa mengatasi rambut rapuh yang menjadi sumber masalah ini. Bayam atau sayuran dengan warna hijau sejenisnya ini punya kandungan vitamin A, zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C yang cukup banyak. Kandungan nutrisi ini merupakan makanan sehat untuk rambut rontok dan akan menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, kelembapan pada rambut akan terjaga dengan baik sehingga tidak mudah rusak.

2. Ikan Salmon untuk Rambut Berkilau


Makanan sehat untuk rambut berkilau dapat ditemui pada ikan salmon, sarden, makarel dan semacamnya karena kandungan asam lemak omega 3 yang sehat. Lemak sehat ini tidak dapat dihasilkan begitu saja oleh tubuh kita, oleh karenanya mengkonsumsi bahan makanan atau suplemen yang kaya akan lemak sehat sangat diperlukan. Selain dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, kandungan omega 3 ini dibutuhkan juga untuk membuat rambut berkilau dan terlihat penuh serta sehat.

3. Jambu Biji Mencegah Kerusakan


Sama halnya dengan berbagai macam sayuran hijau, jambu biji adalah makanan sehat untuk rambut karena dapat mencegah kerusakan. Kandungan vitamin C pada jambu dapat membantu rambut tumbuh lebih baik dan lebih sehat. Jambu biji juga enak dikonsumsi dengan cara apa saja karena rasanya yang manis.

4. Greek Yoghurt untuk Pertumbuhan Rambut

Asam pantotenat atau vitamin B5 yang menjadi kandungan Greek Yoghurt sangat bermanfaat melawan penipisan dan kerontokan rambut. Vitamin yang ada pada Greek Yoghurt adalah salah satu bahan baku yang dapat membuat aliran darah ke kulit kepala menjadi lancar dan merupakan makanan sehat untuk rambut. Makanan untuk rambut sehat lebat ini dapat dengan mudah dicari diberbagai supermarket di mana saja.

5. Sereal yang Kaya Zat Besi


Suka mengkonsumsi sereal kaya zat besi untuk sarapan? Bila iya, maka Ibu sedang menyelamatkan rambut Ibu dari kerontokan. Makanan sehat untuk rambut yang kaya akan zat besi juga dapat ditemukan diberbagai biji-bijian, aneka pasta, daging sapi, jeroan hati, kerang, dan aneka sayuran berdaun hijau gelap.

6. Kayu Manis untuk Sirkulasi pada Kulit Kepala


Ingin rambut tampak sehat dan penuh? Kayu manis bisa membantu aliran dan sirkulasi pada kulit kepala kita menjadi lebih baik sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat. Taburkan kayu manis secukupnya pada oatmeal, roti panggang, atau minuman Ibu untuk mengkonsumsinya. Kayu manis dapat membawa oksigen dan nutrisi lainnya ke folikel pada rambut Ibu. Pastikan memilih kayu manis bubuk yang lebih mudah dikonsumsi ya. Tak hanya akan membuat kulit kepala sehat saja, namun kayu manis merupakan makanan sehat untuk rambut tumbuh lebih lebat.

7. Kerang untuk Rambut yang Bervolume Indah


Sering merasa rambut lepek atau tidak bervolume? Solusinya adalah konsumsi makanan sehat untuk rambut supaya lebih berisi sehingga dapat tampil lebih indah. Makanan sehat untuk pertumbuhan rambut ini bisa didapatkan dari Kerang jenis Tiram karena kandungan seng yang tinggi. Asupan mineral yang cukup pada tubuh dapat mencegah kerontokan rambut atau kerusakan rambut lainnya. Selain kerang, seng yang tinggi juga ada pada daging sapi, kepiting, lobster, atau sereal.

8. Konsumsi Unggas untuk Rambut Tebal


Protein yang cukup ternyata dapat membantu rambut kita tumbuh lebih tebal. Bila protein yang Ibu konsumsi tidak cukup, maka proses pertumbuhan rambut akan mengalami waktu istirahat namun kerontokan pada rambut yang sudah tua tetap terjadi. Kalau dibiarkan, kerontokan tak dapat dihindari dan rambut menjadi lebih tipis karena pertumbuhan yang terhenti. Solusinya, konsumsi makanan sehat untuk rambut yang kaya akan protein sangatlah penting. Ibu bisa memilih ayam atau kalkun dengan daging tanpa lemak untuk memenuhi asupan protein ini. 

9. Telur Baik untuk Pertumbuhan Rambut


Makanan sehat untuk rambut supaya tumbuh dengan lebat dan indah juga terdapat pada telur. Telur memiliki kandungan protein, zat besi, vitamin B atau biotin yang sangat membantu dalam proses pertumbuhan rambut. Biotin juga dapat membuat kualitas kuku menjadi lebih kuat dan tidak rapuh.

10. Ubi Jalar Mencegah Rambut Kusam


Rambut terasa kering, kusam, dan tidak berkilau? Bisa jadi rambut Ibu kekurangan antioksidan nih! Makanan sehat untuk rambut anti kusam dan kering ada pada ubi jalar juga. Beta karoten yang ada pada ubi jalar sangat membantu rambut Ibu terbebas dari kusam dan kering. Beta karoten juga ada pada segala macam sayuran berwarna oranye.

Tips Rambut Sehat

Selain mengkonsumi berbagai macam makanan sehat untuk rambut, ada berbagai macam tips rambut sehat lainnya yang bisa Ibu terapkan di mana saja seperti berikut ini:

1. Kurangi Penggunaan Alat Panas untuk Rambut

Perawatan rambut di salon mahal sekalipun belum tentu mampu membuat rambut Ibu tumbuh lebih sehat sepanjang masa bila dilakukan terlalu sering, terutama penggunaan alat panas. Hairdryer atau alat uap yang biasa digunakan saat creambath yang terlalu sering justru rawan membuat rambut cepat rontok. Mintalah penata rambut Ibu untuk mengganti alat uap tersebut dengan handuk hangat atau gunakan angin yang tidak panas pada hairdryer bila kondisi rambut Ibu tidak terlalu sehat atau mengalami kerontokan yang parah saat sedang melakukan perawatan. 

2. Hindari Proses Bleaching saat Mengecat Rambut

Suka mengganti warna rambut dengan menggunakan cat rambut? Hindari terlalu banyak melakukan bleaching atau penggunaan bahan kimia yang sifatnya panas dan keras untuk kulit kepala supaya terhindar dari kerusakan rambut. Ibu juga bisa memilih cat rambut dengan kandungan yang lebih aman untuk menyelamatkan kesehatan rambut kali ini.

3. Hindari Sering Mengganti Merk Sampo

Pastikan Ibu tidak terlalu sering mencba berbagai macam merk sampo karena bisa jadi membuat rambut menjadi lebih rapuh karena kandungan sampo yang tidak cocok. Bila sudah cocok, sebaiknya tetap menggunakan merk tersebut untuk menghindari kerusakan pada rambut terutama rambut rontok atau makin berketombe.

4. Rutin Menjaga Kebersihan Rambut

Mencuci rambut rutin dapat membantu menjaga kebersihan pada rambut sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat atau semakin kuat serta berkilau. Rambut yang selalu terjaga kebersihannya juga akan membuat siapa saja yang memiliki rambut tersebut merasa nyaman saat beraktivitas.

Editor: Dwi Ratih