Kesehatan Dibaca 433 kali

15 Makanan Penambah Stamina Pria

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie

Terakhir diperbaharui 03 September, 2019 04:09

15 Makanan Penambah Stamina Pria

Melakukan hubungan badan, bukan semata-mata karena kebutuhan seseorang atau merupakan nafkah batin, namun kenyataannya, hbungan intim juga memiliki manfaat. Hubungan intim bisa membuat orang merasa bahagia dan mempererat hubungan Anda dengan pasangan.  Selain itu, hubungan intim juga bermanfaat bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat dari aktivitas berhubungan intim:

    

  • Menyehatkan jantung

Sama seperti ketika Anda berolahraga, kegiatan hubungan intim juga meningkatkan detak jantung. Bahkan, jika Anda mengalami gangguan kesehatan jantung, Anda masih bisa melakukan hubungan intim seperti biasa, dengan catatan, selagi Anda masih mampu melakukan aktivitas sehari-hari seperti naik turun tangga.

  • Meredakan stress

Tidak harus melakukan penetrasi atau mencapai orgasme, kegiatan intim sederhana seperti berpelukan, menggandeng tangan pun bisa membantu menghilangkan stress.  

  • Mencegah kanker prostat 

Ejakulasi membantu mengeluarkan zat-zat yang bisa memicu timbulnya kanker prostat.

    

Sayangnya, ada beberapa hal yang bisa menurunkan gairah pria di ranjang yang menjadikan kegiatan hubungan intim menjadi tidak nyaman, seperti terlalu capek, stres, depresi, mengonsumsi obat-obatan tertentu, kurangnya kadar hormon testosteron, merokok dan konsumsi minuman alkohol secara berlebih. 

Nah, supaya bisa melakukan hubungan intim dengan baik, pastinya Anda mesti meminimalisir hal-hal di atas dan memperbaiki kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan libido.

Apa saja, sih, makanan dan minuman yang bisa menjadi penambah stamina pria?

  

1. Biji-bijian

Misalnya, biji labu (pumpkin seeds) atau biji bunga matahari, ke dua jenis biji-bijian ini kaya akan Zinc, yaitu mineral yang amat penting untuk kesehatan sperma dan meningkatkan libido. Biji-bijian bisa dijadikan camilan, atau sebagai campuran oat dan susu. Pastinya, konsumsilah biji-bijian yang tanpa menggunakan tambahan gula atau garam, dan agar rasanya lebih enak, bisa dipanggang terlebih dahulu. Rutin mengonsumsi Zinc juga biasa disarankan bagi pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan.

  

2. Daging merah

Daging sapi (atau pork untuk pilihan non halal), mengandung suatu asam amino yang disebut dengan L-Carnitine. L-Carnitine mampu meningkatkan gairah hubungan intim, memperbaiki kadar hormon testosteron dan meningkatkan libido, terutama untuk pria yang mulai berumur. Red meat juga banyak mengandung zat penting lainnya seperti Zinc. Pilihlah daging yang rendah lemak dan juga olah dengan cara yang sehat, misalnya dipanggang dengan olive oil atau dibuat sup.

  

3. Pisang

Untuk mendapatkan sex experience yang memuaskan, tubuh kita membutuhkan vitamin B yang memadai. Pisang merupakan salah satu sumber vitamin B terbaik, yang baik untuk penambah stamina pria dan membantu meredakan stres. Pisang juga merupakan sumber triptofan dan potassium, yang berfungsi untuk memperbaiki kadar hormon, birahi dan kesehatan jantung, serta mengandung banyak enzim bromelain yang membantu memperlancar peredaran darah. Sumber vitamin B lezat dan sehat lainnya adalah buah alpukat.

Untuk nutrisi yang lebih maksimal, Anda bisa membuat smoothie dari pisang, misalnya dengan tambahan mix berries. Pisang juga nikmat dijadikan homemade ice cream, dan hias dengan cokelat pekat leleh.

  

4. Kakao

Atau yang lebih akrab dengan nama cokelat. Siapa, sih, yang tidak suka makan cokelat? Cokelat yang terkenal akan manfaatnya sebagai makanan afrodisiak ini, kaya akan antioksidan fenol yang baik untuk kesehatan jantung, karena jantung yang sehat, artinya kegiatan hubungan badan juga akan berjalan lancar. Di dalam makanan super lezat ini juga mengandung zat-zat lain yang bisa meningkatkan libido. Pilih cokelat yang lebih sehat, seperti dark chocolate (cokelat pekat) 70% yang tidak banyak tambahan gula.

Makanan afrodisiak

Apa, sih, makanan afrodisiak ini? Adalah makanan yang manfaatnya dipercaya bisa meningkatkan gairah atau performa hubungan badan seseorang. 

    

5. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan merupakan sumber asam amino tertentu yang berkaitan dengan peningkatan gairah hubungan badan dan ereksi pada pria. Di antaranya adalah kacang almond, kacang mete, kacang Brazil dan hazelnut. Selain asam amino, kacang-kacangan tersebut juga kaya akan lemak sehat yang amat penting bagi kegiatan hubungan badan. Selain bisa dikonsumsi sebagai campuran oat dan biji-bijian untuk sarapan, enak juga, nih, disantap sebagai camilan atau dijadikan susu. 

Tips mengonsumsi kacang-kacangan

Perlu Anda ketahui, sebelum mengonsumsi biji-bijian, sebaiknya direndam lebih dulu dengan air garam (proses ini disebut dengan activated), kemudian dikeringkan kembali dengan dehidrator. Kacang yang tidak direndam, bisa membuat sakit perut bagi sebagian orang. Namun, nggak semua orang memiliki dehidrator karena harganya mahal, pun proses perendamannya bisa merepotkan. Nggak usah khawatir, sekarang ini sudah banyak dijual di toko bahan makanan organik. Meskipun tidak dipanggang, tapi rasa activated nuts ini tetap enak dan bikin nagih, kok.

Penasaran ingin coba bikin susu almond sendiri? Tidak terlalu susah, kok. Ambil kira-kira sepertiga botol kacang almond mentah yang berkualitas, atau sesuai selera, kemudian rendam dengan garam dan air matang semalaman. Esok paginya, cuci bersih kacang dengan air matang, kemudian blender juga dengan air matang hingga halus. Saring dan susu almond homemade siap diminum. Susu almond ini juga sedang menjadi tren kesehatan bagi ibu hamil.

    

6. Seledri

Di masyarakat kita, seledri lebih umum sebagai tambahan pada masakan. Jika Anda suka, Anda bisa mencoba green juice yang sekarang ini sedang menjadi tren. Green juice yang baik untuk mendetox racun dalam tubuh ini, berisi campuran sayuran hijau termasuk seledri. Daun yang aromanya menyengat ini, juga merupakan makanan afrodisiak bagi laki-laki yang, nggak hanya baik untuk peredaran darah tapi juga untuk gairah hubungan intim dan klimaks yang maksimal. 

Yuk, coba membuat sendiri green juice Anda di rumah. Pertama, pilih apel manis (misalnya apel fuji) atau nanas matang sebagai base-nya, keduanya membantu mengurangi rasa langu. Kemudian, pilih beberapa sayuran hijau, misalnya kale, mentimun dan seledri. Jika Anda tidak suka dengan aromanya, sebaiknya menggunakan batang seledri impor, karena tidak terlalu menyengat seperti seledri lokal, tapi pastinya harganya jauh lebih mahal. Bisa juga ditambahkan jahe, atau kacang almond sebagai variasi.

    

7. Sayuran hijau

Green leaf, terutama bayam, amat kaya akan magnesium. Magnesium sangat baik untuk peredaran darah yang lancar, termasuk pada organ intim seseorang. Sayuran hijau juga banyak mengandung folat. Selain bayam, sayur hijau lainnya adalah brokoli atau kale, untuk pilihan yang lebih terjangkau misalnya kubis atau bok choy.

Sayuran hijau ini adalah makanan penambah stamina pria dan peningkat libido yang harganya terjangkau, dibandingkan dengan ikan salmon atau kacang-kacangan. Cara mengolahnya juga sangat mudah, bisa ditumis, atau bahkan hanya direbus saja. Sayuran hijau juga bisa membantu Anda mengatasi anemia.

    

8. Citrus

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch, pria yang mengonsumsi setidaknya 200mg vitamin C setiap hari, mengalami peningkatan jumlah sperma yang berarti. Nah, seperti yang sudah kita ketahui, vitamin C ini banyak terkandung pada beberapa jenis jeruk, anggur, stroberi dan buah peach. Ketika Anda mengonsumsi buah-buahan tersebut, disarankan juga untuk mengonsumsi semangka. Karena ketika digabung, buah-buahan ini dikatakan bisa membuat pembuluh darah menjadi rileks dan mengurangi risiko disfungsi ereksi. 

Viagra versi alami ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat, makanan penutup atau dibuat jus. 

    

9. Telur

Adalah salah satu sumber vitamin B lainnya, atau lebih tepatnya vitamin B5 dan B6. Keduanya bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon, meningkatkan libido dan mengurangi stres. Telur juga bisa dijadikan makanan pengganti untuk membantu menurunkan berat badan. Ketika mengolah telur, hindari memakai minyak goreng biasa, mentega atau butter, tapi pakailah minyak zaitun. Telur dan roti gandum untuk sarapan besok?

    

10. Ikan berlemak

DHA dan EPA yang ditemukan pada jenis ikan berlemak ini berperan dalam meningkatkan dopamin di otak yang disebut-sebut juga memicu naiknya libido. Ikan juga mengandung asam amino L-arginine yang menstimulasi hormon dan mengubahnya menjadi nitrik oksit dalam tubuh. Nitrik oksit ini dibutuhkan untuk ereksi. Tepatnya, L-arginine membuat otot di sekitar pembuluh darah pada penis menjadi rileks, sehingga aliran darah menjadi lancar dan membuat ereksi semakin maksimal. Untuk mendapatkan nutrisi penting ini, perbanyak konsumsi ikan salmon, tuna, makarel atau sarden segar.

Untuk menghilangkan bau amis, lumuri ikan dengan perasan jeruk lemon sebelum diolah. Selain dibakar, Anda bisa mengolahnya menjadi sushi atau sup.

    

11. Oat

Untuk meningkatkan hormon testosteron, jadikan oat salah satu kebiasaan sarapan yang baik. Hormon laki-laki ini, berperan penting dalam libido dan orgasme. Selain oat, Anda juga bisa menambahkan makanan bergizi lainnya seperti biji-bijan dan susu. Oat, whole grains, beras merah dan barley (biji jali) juga merupakan sumber energi yang sehat, yang pastinya baik untuk penambah stamina pria.

Oat instan lebih mudah diolah, cukup diseduh dengan air hangat. Tapi jika Anda tidak suka tekstur oat instan yang lembek, Anda bisa mencoba rolled oat, yang walaupun sudah direndam susu semalaman, teksturnya tidak akan terlalu benyek.

    

12. Oyster 

Si hidangan afrodisiak nan mewah ini juga merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan Zinc, bahkan katanya, termasuk yang paling tinggi. Selain oyster, udang, kepiting, dan lobster juga menjadi pilihan yang baik. Oyster biasanya disantap mentah, makanya, selalu pilih yang bersih dan berkualitas, ya.

    

13. Ginkgo biloba

Tahu, kan, tumbuhan yang disebut-sebut sebagai ramuan pencegah pikun ini? Ternyata, ginkgo biloba juga bermanfaat untuk meningkatkan birahi karena berfungsi melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Selain dalam bentuk suplemen, ginkgo biloba juga banyak dijual dalam bentuk jamu godok.

    

14. Okra 

Tidak banyak orang yang suka makan sayur yang satu ini, karena teksturnya yang berlendir. Padahal, okra adalah sayuran dengan magnesium yang melimpah dan dikatakan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Magnesium pada okra, bekerja sebagai relaxant alami. Okra juga banyak mengandung nutrisi lainnya, yang bisa membuat organ genital menjadi sehat.

    

15. Semangka

Ketika makan buah semangka, biasanya kita hanya akan makan bagian merah atau kuningnya saja. Nah, padahal, bagian putih yang sering kita buang itu, bermanfaat bagi kebutuhan hubungan intim. Bagian putih pada semangka ini mengandung acid citrulline yang bisa membantu meningkatkan libido dan bisa membantu mencegah terjadinya disfungsi ereksi.

    

Selain makanan, ada juga minuman untuk penambah stamina pria dan meningkatkan libido.

    

1. Teh 

Selain bisa membantu mengurangi lemak dalam tubuh, teh juga memiliki antioksidan yang bisa meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak dan organ genital. Tentunya, konsumsi hanya teh hijau atau hitam yang baru diseduh, bukan yang dalam kemasan dan hindari pemakaian gula, karena terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan turunnya produksi endorfin dan turunnya endorfin akan meningkatkan risiko depresi, yang berujung kehilangan gairah untuk hubungan intim.

    

2. Ginseng merah

Minuman ginseng merah ini biasanya dibawa sebagai buah tangan ketika seseorang pulang dari Korea, atau bisa didapat di toko pengobatan ala Tiongkok. Selain sebagai penambah stamina pria, ginseng merah juga bisa memperbaiki gejala disfungsi ereksi.

    

Nah, itulah beberapa contoh makanan dan minuman yang menyehatkan dan bisa memberi efek positif bagi stamina dan kualitas hubungan intim Anda.

    

(Stephanie / Dok. Freepik)